Pengalaman Nonton Konser Coldplay di Jakarta, Keren Woy

 


Assalamualaikum, helllo geysss

Siapa kemarin yang berhasil nonton konser Coldplay di Jakarta? Yess...tos dulu dong. 

Buat saya pribadi ini lumayan personal juga yaa karena menunggu belasan tahun lamanya. Awal tahun 2000an saat saya masih aktif meliput konser musik, kepengen banget Coldplay datang ke Indonesia. Sampai saya ngomong ke Adrie Subono yang saat itu sedang naik daun menjadi promotor musik (eh sekarang kemana ya mas Adrie, dulu ikutan ngaji di rumahnya seru banget). 

"Susah kalau Coldplay," kata Adrie Subono kala itu.

Yup. Dulu tersebar kabar kalau Coldplay emoh konser di sini lantaran masalah lingkungan yang terjadi di Indonesia. Selain lingkungan juga poilusi udara di Indonesia salah satu yang terburuk di dunia.

Dulu saking hopeless nya sekitar tahun 2010 hampir saja saya sama paksu mau sing along konser Coldplay di Singapura. Jadi kita cuma mau mendengar dari luar gedung konser dan nyanyi-nyanyi aja, hahahha tapi nggak kesampean.

Tapi kenapa sekarang Coldplay  mau ya konser di sini mengingat masalah lingkungan di Indonesia belum bener, apalagi belakangan tambah parah melihat udara buruk di Jakarta. Langit tak lagi terlihat biru semuanya serba putih seperti tertutup asap.

Well..balik lagi ke Coldplay. 



Ketika akhirnya dipastikan Coldplay akan konser di Jakarta, pada Mei kemarin gue, paksu dan anak sulung ikutan war tiket. Tulisannya di sini . Alhamdulillah dapat Cat 4 dengan susah payah.

Baca:
- Ikutan War Tiket Konser Coldplay
- Pengalaman Menginap di EDC UUM (Universiti Utara Malaysia)

Then...time is coming. so excited...

H-2 paksu yang emang ngefans berat sama Coldplay punya ide dengan membuat kaos couple. Jadi kaos di dia tulisannya Cold, dan kaus yang gue pakai Play. kwkwkwkw lucu amayyy...

Konser pun telah tiba.

Lumayan deg-degan bakal batal konser Coldplay apalagi ada berita soal demo. Tapi ketika H-1 terlihat Chris  Martin nyeker di Jalan Sudirman, agak tenang karena konser must go on. Chris Martin mirip sama bule jalan Jaksa yaks, dekil banget, keringetan pula, nyeker, kalau nggak ada yang ngenalin pasti dikira bule bokek, Lols.

Siang hari pas Hari H udah sampai di Senayan. Sengaja kecepetan supaya bisa dapat parkir di kawasan Senayan. Sambil menunggu sore, gue sama paksu nongkrong dulu dong di FX Mall. Itu mall yang biasanya lengang, jadi rame banget. Orang pada pake atribut Coldplay. DI luar mall juga banyak tukang jualan yang menawarkan kaos, kipas, bando gambar Chris Martin, bahkan masih aja ada joki tiket yang keliling.


Baca:
Rasanya Umroh di Bulan September, Suhu 44 Derajat
Pengalaman Memakai Paket Roaming Umroh dari Telkomsel 
- Berkunjung ke Kota Madinah di Masa Pandemi 

Atribut Coldplay yang dijual

Pukul 17.00 kita menyusuri jalan menuju GBK yang saat itu macet banget. Dan saat gerbang dibuka posisi Cat 4B itu di atas, tribun yang posisi kursi nomor 2 dari depan. Yess lumayan deket.  Kita dikasih 2 gelang, satu gelang sebagai tanda masuk dan gelang kedua warna putih itu khas nya Coldplay (xylobands). Gelang itu yang bikin konser jadi makan dramatis dan vibes nya keren banget.

Baca juga:
- Pengalaman Ngopi di Kedai Cafe di Instanbul
Pengalaman Belanja di Outlet Munira Turki, Ini Tips nya Agar Gak Kemahalan

Pukul 21.00 suara gemuruh SUGBK melihat Chris Martin dkk muncul di atas panggung, hentakan teriakan penonton dibarengi dengan lampu yang keluar dari gelang (xyloband), Xyloband adalah gelang yang berisi dioda pemancar cahaya dan penerima frekuensi radio, diluncurkan oleh RB Concepts Ltd, sebuah perusahaan yang didirikan oleh pengusaha Clive Banks dengan penemu Jason Regler (Google).

Xyloband nya bikin ngeriiii, SUGBK yang gelap menjadi cantik karena banyaknya xyloband dari para penonton yang full. Gue yang ada di atas melihat ke arah bawah (festival) itu keren banget dan adrenalin meletup-letup.

Selama ini cuma melihat Chris Martin di internet, apalagi pas pandemi dia konser dari rumahmya. Ternyata beneran humble dan hangat orangnya. Interaksi sama penontonnya diancungi jempol, komunikasinya kece, dan dia rela kasih kita pantun yang dijawab penonton dengan, 'cakeppp...' hahahha. Ujung2nya dia ngomong, "boleh dong pinjam seratus," gimana SUGBK gak berguncang dengan tawa melihat si mantan suami Gwyneth Paltroe itu berpantun dengan bahasa Indonesia terbata-bata.


Baca:
- Liburan 3 Hari, 3 Kota dan 2 Negara, Bisa!
- Ngebolang ke Malaysia, Thrifting Sepatu Onitsuka Tiger cuma Rp 150 Ribu
Berkunjung ke Oman, Negara dengan Kurs Rp 40 Ribu

Yang bagian lucunya adalah ketika lagu A Sky Full of Stars. Penonton Indonesia di SUGBK kena prank. Chris Martin nyanyi, kita pun penonton ikutan nyanyi. Di awal lagu masih aman, karena musiknya masih mendayu irama yang rata. Menuju reff, si Chris Martin pun ngomong:

"Ayooo...kita menggila , siap-siap yaa. satu, dua, tiga....." katanya

Begitu kita siap mau loncat, tiba-tiba musik dan Chris berhenti bernyanyi. Chris malah ketawa melihat penonton tertawa, karena kena dikerjain bule London ini.

"Hahahah..one second.." kata Chris tertawa. "Itu sangat fantastis, wow. That was amazing dan itu kita lakukan hampir setiap minggu," katanya.

"That was wonderful dan ini adalah penonton terbaik yang pernah saya lihat," kata Chris yang disambut tepukan dan sorakan gembira penonton. "Ini adalah best time, here in Indonesia. " katanya.

Lalu Chris pun meminta kita semua untuk menaruh gadget, handphone dan sejenisnya di dalam tas atau kantong. Dia ingin kita semua menikmati konser tanpa ada kamera, bisa bergembira bersama. Sepertinya semua penonton nurut termasuk gue. Lalu Chris pun menyanyi ulang A Sky Full of Stars, bagian tribun pun ikutan berdiri dan loncat-loncat.

Xyloband



serruuuuu bangeeettt..

Gak heran, konser Coldplay selalu penuh dan tiketnya laku karena mereka mengemasnya memang keren banget.

Jujurly, sejak tahun 2000an gue udah nonton puluhan konser dalam dan luar negeri. Mulai dari Scorpion beberapa kali, Air Supply beberapa kali, Bruno Mars, Mariah Carey, Janet Jakcson, The Muse, Guns N Roses, Metallica, Westlife beberapa kali,juga masih banyak lagi dan Coldplay memang paling terbaik. Mereka mengemas konsernya menyatu dan feel nya dapet banget.

Selain Coldplay gue juga udah lama menunggu U2 untuk konser di Indonesia dan sepertinya juga susah karena Bono (vokalis dan front man) ini sangat aware dengan masalah HAM. Indonesia dari dulu soal HAM masih begitu deh. 

Selain kedua bang itu, juga  ngarep Oasis konser di sini meski ini nggak mungkin karena udah bubar, abang adek kerjaanya berantem terus, jadi band sekeren dan sebesar itu terbengkalai karena mereka. hehehe ngomel.

Baca:
9 Hikmah #DirumahAja Karena Wabah Covid-19
- Ke Gunung Uludag Turki, Indahnya Kota Bursa
6 Hal yang Perlu Diwaspadai Jika Pergi ke Luar Negeri
Ke Turki Lebih Baik Membawa Dolar US, Lira atau Rupiah?
Penerbangan Panjang ke Turki 



So...Alhamdulillah kesampen nonton konser Coldplay, jikapun oneday mereka konser lagi gue udah puas,  cukup gak lagi nonton.

Semoga Bermanfaat

Aal


Ini Vlog nya; Subscribe dan Like yo 


2 comments

  1. Kaget pas liat fancamnya.
    Aku yang kenal Coldplay dari turunan masku, berasa pen ceng-cengin "Eciieee, yang idolnya jameett.."

    Kaget banget pas pantun segala jadi lirik, wkwkwk~
    Kata masku, "Yah, gimana.. mang diya bule jamet."

    Seru siih..
    Aku juga beberapa hari jadi gamon ama lagu-lagu Coldplay.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha ledek2an dong. tapi karena penyanyi jadi pantun emang berasi lagu yaksss

      Delete