Pengalaman Belanja di Outlet Munira, Turki, Ini Tipsnya Agar Tidak Kemahalan


outlet - munira- turki


Pengalaman Belanja di Outlet Munira, Turki, dan Ini Tipsnya, Aliaef.com

Assalamualaikum gaess,


Bagi yang pergi liburan ke Turki dalam jumlah besar dan memakai jasa tours and travel, biasanya akan dibawa ke Outlet Munira di Osmangasi Turki. Ini kita mampir ketika dari Bursa menuju Istanbul.

Outlet ini berisi berbagai macam barang khas Turkish yang biasa dijadikan oleh-oleh. Ada parfum, sabun, safron, cokelat, turkish delight, apple tea, kacang-kacangan, dan masih banyak lagi. Tapi hati-hati ya belanja di sini. Saya pergi bersama rombongan sekitar 35 orang dan nyaris semuanya menyesal belanja di sana lantaran harganya sangat mahal. Ini kita sadari ketika sudah di bus dan mulai berhitung kurs dari Lira dan Rupiah. Silahkan buka bagian review di TripAdvisor agar lebih yakin.


So, ini tipsnya :




Outlet Munira



1. Ketika rombongan masuk ke outlet Munira, store managernya menjelaskan segala barang di Munira. Terutama saffron yang asli, air warnanya akan berubah jadi kuning ketika dicelupkan beberapa tangkai saja ke dalam gelas. Dia juga menjelaskan soal olive oil yang asli, apple tea khas Turki dan lainnya. Store Managernya pinter banaget ketika menjelaskan, orang yang mendengar serius menyimak hingga akhirnya berbelanja, Lols.

munira-turki
Store Manager lagi presentasi. Jago Bahasa Indonesia lagi

Baca:
- 6 Hal yang Perlu Diwaspadai Jika Pergi ke Luar Negeri
- Ke Turki Lebih Baik Membawa Dolar US, Lira atau Rupiah?
- Penerbangan Panjang ke Turki 
2. Fokus kepada barang yang akan dibeli, jangan kalap. Karena di Munira nyaris semuanya mahal, barang serupa lebih murah banget yang nilainya jauh ketika belanja di Grand Bazzar atau mau yang asli beneran gak khawatir salah di Taksim Square.

3. jangan kepo lalu bertanya kepada yang menjaga. Kalau udah tanya sekali aja terus disuruh nyobain, dia bakal merongrong kita suruh beli dengan berbagai cara, bahkan sampai ngintilin. Bayangin, safron itu 90 Lira, Olive Oil 110 Lira, cokelat 1 kg itu 220 Lira, Turkis Delight 100 LR, coba hitung ke kurs rupiah 2500/ lira. Mahal bangetkan.

Sabun mandi batangan


4. Jangan tergoda rayuan yang menjaga, rata-rata yang menjaga pria dan mereka nyolot banget buat nawarin, kalau kita udah kebeli meski belum bayar nggak boleh dibatalin. Jadi konsumen harus lebih tegas dan saklek. Mereka rata-rata bisa bahasa inggris dan ada yang bisa berbahasa Indonesia.

Baca:
- Berkunjung ke Anitkabir, Makam Mustafa Kemal Ataturk di Ankara Turki
- Hidden Gems, Beli Souvenir Malaysia yang Murah
- Itinerary 4D3N Murah Meriah ke Kuala Lumpur


5. Kalaupun mau beli, dalam jumlah kecil aja, mereka biasanya akan tarok di timbangan langsung ukuran 1 kilo kalau kita nggak sadar, tau-tau suruh bayar. Jadi waspada, liatin timbangan dan saklek minta jangan dilebihkan.

6. Di Munira juga bisa menawar, coba tawar setengahnya. Kalau dia nggak mau, kita tinggalkan, beres.
turkish -ndelight
Turkish Dekight di Munira. Rasanya kayak mochi, tapi manis banget

Apple Tea

Selamat Berbelanja. Recomend saya belanja aja di Taksim Square, lebih murah dan juga asli.
Semoga Bermanfaat

AAL


11 comments

  1. Untungnya gua ngak di bawa ke sini heheheh. Kebetulan juga ngak belanja macem2 cuma mau beli minyak zaitun. kalau kopi atau teh mah mending di carefour aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lo pake tour and travel juga mut? Kayaknya ada kerjasama TG lokal sama munira

      Delete
  2. astagaaaaa ngiler banget sama cokelatnyaaa, semoga suatu hari nanti bisa kesana ya :D

    ReplyDelete
  3. Maksa bgt kayak calo diterminal... beli turkis delight aja yg 1 gratis 1 drpd dikintilin trs 😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener diintilin, kalau udah dibungkus gak boleh batal

      Delete
  4. Baru plng dri turki tgl 28maret..dan beneran kami d ajak ke munira soalnya kata travel dsnini baramg nya bagus2 dan murah..akhirnya kita pun beli bbra barang separti sapron turkis deligt dll...habislah hampir 3000lira...dan setelah mampir ke tempat lain baru nyadar kl di munira harga nya lebih mahal contohnya teh aja d munira 50lira tmpt lain bisa 20 lira...menangis lah aku😢😢😢seolah olah kena tipu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar kak, saya juga merasa kena tipu waktu beli turkis delight dan cokelat mahal banget. kalau ke sana beli safron dan minya olive aja, karena dipercaya asli

      Delete
    2. Benar Kak, saya juga baru pulang dari Turkiye tgl. 25 Sep 2022, merasa mahal juga, beli 4 Item : 500gram Acik Turk KAHFESI 325 TL, Olive Oil Hand body Lotion buy 5 get 1 free 300 TL, 1kt Nar Cayi 300 gram 130 TL, Turkish Delight 1kg 350TL, ikut tips ini, kami tawar harga tapi ternyata TG Lokal samperin bilang tidak bisa minta diskon kyk nga senang dan marah² tidak boleh minta diskon, yg anehnya setelah itu TG Local minta semua peserta yg belanja catat ulang semua apa yg dibeli setelah kami di Hotel, dan katanya semua group yg kesana juga diminta catat lagi, katanya ada yg mis komunikasi, dengar² toko bilang ada yg hilang, aneh juga kan, jadi kami bilang ke TG kenapa nga cek cctv, cek cctv aja kalau ada yg curi, jadi sebenarnya ada yg hilang atau bagi komisinya ke TG Lokal tdk sesuai ya ? hehehehe

      Delete
  5. iya benar kk, contoh nya olive oil hand, face & body lotion ( OLIVE EL YUZ ) 75ml ternyata ditempat lain harga @20TL tapi saya beli 5 free 1 = 6 harga 300TL jadi @50TL

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang mahal banget di Munira, komisi utk TL lokal yang bawa itu. Lebih baik liat2 aja keliling gak usah beli, di luar lebih murah

      Delete
  6. Sy juga belanja habis 10jt an padahal barang yg dibeli ga banyak..berasa ditipu..

    ReplyDelete