Pengalaman Pakai JavaMifi Ketika Umrah


Assalamualaikum,

Selain persiapan mental, cek barang yang perlu dibawa serta tata cara beribadah umrah, tentu hal lain yang nggak kalah penting adalah koneksi internet. Ini yang menjadi salah satu pikiran saya, bagaimana bisa berhubungan dengan anak-anak di rumah selama 9 hari umroh.



Baca:
- Pasutri Zaman Now, Suami Perhatian ke HP, Istri Curhat di Medsos
 -Barang yang Perlu dibawa untuk Umrah
Tempat favorit untuk berbuka puasa
Makanan Berbuka Puasa yang harus ada tiap Tahun
Pengalaman Beribadah Umrah Kedua Kalinya
- Pengalaman Belanja Murah di Madinah dan Mekkah, di Sela-sela Umrah

Ketika umroh 8 tahun lalu saya membeli kartu lokal. Tapi untuk tahun ini (2019), saya mendapat kabar kalau harganya jadi lebih mahal, tadinya niat mau daftar pake roaming. Tapi pikiran berubah ketika paksu menyarankan untuk menyewa JavaMifi. Ternyata lebih murah daripada daftar roaming khusus umrah.

JavaMifi apa sih? Yaitu, penyedia jasa layanan sewa pocket wifi untuk orang yang akan berpergian ke luar negeri. JavaMifi merupakan brand lokal, berupa portable wifi atau dikenal dengan sebutan mobile wifi.

Pada akhir tahun lalu ketika ngebolang ke Singapura, saya juga menyewa JavaMifi. Harganya lebih murah, apalagi bisa dipakai bareng teman, belum lagi koneksinya yang bagus tanpa perlu susah kehilangan sinyal.

Ini portable wifi
Jika ke Singapura saya membawa portable wifi yang bentuknya mungil, untuk umrah ini saya memakai kartu sim JavaMifi khusus untuk umroh 9 hari. Lantaran saya dan paksu tidak satu kamar saat umroh, jadi beliauu menggunakan portable dan saya kartu simnya. Taukan, ketika beribadah di masjid Nawabi dan Masjidil Haram, untuk laki dan perempuan jaraknya jauh.

Bagaimana Pesan Java Mifi?

Gampil.

Kalau paksu itu akan telpon dulu dan memesan paket yang akan digunakan, lalu akan diambil di bandara. Selain itu, bisa juga diantar oleh petugas langsung ke rumah. Kita tinggal memesan ingin paket seperti apa.

Oiya kini, JavaMifi bisa juga pesan di Indomart. Jadi bisa dikembalikan ke sana juga jika telah selesai digunakan. Sayangnya, Indomart dekat rumah saya ternyata belum kerjasama. So, kalean bertanya dulu yaa apakah bisa menyewa Java Mifi dari Indomart di sekitar rumah atau nggak.

 Apalagi saat ini siap-siap menyambut Idul Adha, which is umat muslin tentunya akan melakukan ibadah haji selama 30 hari dan membutuhkan komunikasi dengan keluarga. Menurut saya, menggunakan JavaMifi ini adalah pilihan tepat. Ada yang bilang kenapa nggak pakai wifi hotel saja? Nggak segampang itu Ferguso. Ketika di Mekkah, wifi hotel saya hanya bisa digunakan di lobbi saja.

Di tengah keramaian orang beribadah, dan kita sebagai perempuan di negara Arab, koneksi internet itu penting banget. Bagaimana kalau nyasar? Bagaimana kalau sendiri, tetiba teman seperjalanan menghilang entah kemana. Mau nangis kejer? Maluuu Esmeralda.

So.sebelum beribadah umrah, sebaiknya disiapkan semua peralatan komunikasi. Jika menyewa portable JavaMifi itu akan diberikan berbarengan dengan charger, kabel serta tas keci dan buku petunjuk. Sedangkan kartu sim tinggai dipakai ke dalam HP dan diaktifkan saja.

Nah, untuk portable Wifi ini bisa tuh patungan sama teman seperjalanan. Karena satu portable bisa menampung 5 nomor telpon. Jadi jika traveling bertiga, bisakan patungan dan harganya lebih murah. Ini yang saya lakukan ketika ke Singapuran, koneksi internetnnya selalu kencang dan nyala.

Soal harga?
Ini untuk harga. yang update better buka website, lagi banyak diskon
Ini penampakan untuk simcard

Well, sebenarnya udah ada sih di websitenya (sori, paksu nggak ngebocorin harganya jadi saya kurang paham geys). Saya lihat di websitenya itu mulai Rp 50 ribu unlimited, sedangkan untuk umrah Rp 300 ribu selama 9 hari Ada beberapa paket untuk ibadah haji dengan 4G Up to 100 Mbps data speed, dan 15 jam baterai bertahan setelah di charge penuh.

Penting Dibaca:
Jadi travelmate yang menyenangkan itu gampang
Beli Cokelat Murah di Singapura bukan di Muastafa center
- Cari Tas Murah di Batam, ada yang Rp 100 ribu
Cara ke Singapura Lewat Batam, Hanya Rp 275 Ribu PP

So.. Selamat beribadah umrah dan haji yaaa, semoga umrah dan hajinya mabrur dan mabruroh, Aamiin.

Semoga Bermanfaat

AAL

25 comments

  1. lumayan terjangkau ya. boleh nih jadi rujukan kalau mau traveling ke luar negeri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bangeettt.. Murah, bisa patungan, sinyal bagus

      Delete
  2. Aku kemarin cuma beli paket roaming aja sih.. Baru tahu tentang Java Mifi. Boleh deh ntr nyoba cari tahu tentang Java Mifi pas keluar negeri lagi. Makasih sharingnya, Mbak.

    ReplyDelete
  3. Baru tahu ada penyewaan WiFi untuk dibawa ke luar negeri, pasti lebih memudahkan terutama untuk komunikasi di luar negeri nantinya. Apalagi untuk segi harga juga lebih murah

    ReplyDelete
  4. Wah mbak terhitung murah tuh. Aku dulu umroh ambil paket yg 400-an ribu. Ntar deh ta cari info si Javamifi ini di indomaret dekat rumah

    ReplyDelete
  5. Aku juga pakai ini waktu kemarin ke KL dan SG, enak banget lebih praktis ya mbak Al.

    ReplyDelete
  6. Wah, praktis ya pake Javamifi ini. Terusnya terjangkau lagi. Dulu kan kalo ke luar negeri, selain kudu ganti SIM card negara setempat, untuk bisa internetan pake sim card sendiri tapi tarifnya roaming internasional. Ampun-ampunan deh harganya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh jgn pake roaming deh mahal banget. Ini bs patungan sama teman lho

      Delete
  7. Walaupun aku gak lagi umroh atau Haji tahun ini, tapi tetap diAminkan siapa tahu rezekinya segera dipanggil untuk bertamu ke Baitullah. Amiiin Ya Rabb. Btw jadi terbuka juga wawasan soal akses komunikasi di Luar Negeri, JavaMifi ini jadi alternatif terbaik ya, gak ribet dan lebih bersahabat juga tarifnya. Noted Mbaa infonya, makasih yaaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin semoga doa diijabah, komunikasi penting banget ketika jauh dari rumah

      Delete
  8. Asik ke luar negeri nggak perlu roaming lagi, udah bisa pakai javamifi yang memudahkan

    ReplyDelete
  9. Kalau ke luar negeri memang enaknya pakai mifi begini. Biayanya lebih murah. Apalagi kalau perginya berhari-hari

    ReplyDelete
  10. Wah asik banget ini
    Bepergian keluar negeri jadi aman dan nyaman dengan koneksi yang kece punya
    Btw, jadi ini sistemnya sewa ya mbak. Trus harga sewanya berapa, bisa dipakai maksimal berapa lama? Jumlah kuotanya kita yang tentukan sendiri atau gimana?
    Maaf banyak nanya. Sungguh aku kepo berat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sistem sewa, nanti mbk putu tinggal pilih mau kuota dan harga berapa. Soal lama waktu juga kesepakatan, kalau ke singapura, wifi akan hidup pas di sana tinggal masukkan username dan pasword, ada di tas kecil itu

      Delete
  11. Waaah makasih infonya mbak, kali ada rezeki umroh bisa nih pakai java mifi. Jadi kalau ke luar negeri lain misal tetangga sebelah aja, bisa pakai ini aja yaaaa :D TFS

    ReplyDelete
  12. Bisa ngirit banget kalau pakek mifi ya. Aku dl ke Singapura 2 minggu habisnya lumayan juga buat beli kartunya. Tapi memang dl belum jamannya mifi gini sih. Kalau sekarang mah, wajib banget nih. Apalagi buat yang kerjanya remote, kayaknya koneksi inet udah jadi keb.primer.

    ReplyDelete
  13. Wah bisa jadi referensi nih mbaa karena kalo pake kartu2 gitu kan malah katanya suka habis banyak. Akhir tahun rencana mau k luar sih hehe

    ReplyDelete
  14. Waktu Aku ke LN taun 2014 belum tau soal Javamifi,jadi ngandelin banget WiFi di penginapan hehe. Memudahkan banget sih ini. Harganya juga kompetitif

    ReplyDelete
  15. Jadi bisa dibawa kemana-mana ya mba. Pengen coba deh nanti ke Jepang, hahah ngayal dulu.

    ReplyDelete