Cara ke Singapura Lewat Batam, Cuma Rp 275 Ribu PP


Ke Singapura lewat Batam sudah sering didengar sejak zaman saya masih kuliah dulu. Banyak yang bilang murah, cuma modal paspor kita bisa keliling Singapura. Tapi sejak banyak maskapai penerbangan yang suka menyediakan tawaran tiket murah ke Singapura, perjalanan lewat Batam jadi sudah tidak favorit lagi.

Baca juga:
1. Naik Jetstar, Pengalaman Ketinggalan Tas di Bandara Changi
2.  Ada yang PHP, Ada yang Bikin Ngakak, Ini Serba Serbi Meeting
3. 5 Makanan Seru ala Italia di Iceberg Pizza and Gelato Cikini
4. Jalan-jalan ke Pasar Tegal Gubuk Cirebon, Pasar Tekstil Terbesar Se Asia Tenggara

Apalagi tiket ke Batam terbilang nggak murah. Rata-rata harga di atas Rp 1 juta. Sedangkan ke Singapura, kalau hoki ada yang Rp 300 ribu atau 500 ribu dari Jakarta. Itu juga harus nunggu promo sih, tapi menurut saya tetap aja lebih murah dan cepat dari Jakarta langsung ke Singapura.

Nah, tulisan ini bisa digunakan untuk mentemen yang secara nggak sengaja ke Batam dan banyak waktu luang sehingga bisa sempat nyebrang ke Singapura.

Di dalam ferry
Belum lama ini saya diajak teman untuk ke Singapura tapi menginap semalam dulu di Hotel Batam Centre (Insya Allah mau review juga nanti hotelnya). Ke Batam ini ketiga kalinya saya berkunjung. Dua perjalanan sebelumnya ketika menjadi wartawan untuk liputan dari Kementerian Pariwisata sekaligus ke pulau Penyengat yang ada mesjid kuning yang konon dibangun memakai putih telur itu lhooo.

Mendarat di Bandara International Hang Nadim siang hari. Ternyata di Bandara banyak penawaran tiket Ferry ke Singapura dengan harga promo yaitu Rp 275 ribu untuk pulang pergi. Normalnya, harga sekitar Rp 400 ribu untuk PP. Nanti mentemen bisa pilih aja mana yang cocok, ada Ferry Horizon, Batam Fast dan lainnya.


Kalau mau murah lebih baik beli di bandara, tapi harus yakin dulu pergi tanggal berapa. Saya sempat mengobrol sama seorang petugas, kalau tiket pulang dipakai keesokan harinya, lebih baik ngomong ke petugasnya, karena akan diberikan keterangan. Tapi biasanya kebanyakan orang beli untuk pulang hari itu juga. Karena lamanya perjalanan hanya 45 menit. Bisalah keliling Singapura dari pagi sampai malam. Ingat, di Batam itu terakhir jam 21.00 ya, jadi jangan sampai lewat.

Saya menggunakan pelabuhan Batam City, tempatnya di dalam mall. Jangan bayangkan pelabuhan yang biasa kita lihat di TV ya. Ini sebuah mal, banyak toko layaknya mal. Lantaran waktu itu saya pergi di peak season (bulan Desember), apalagi saat itu ada perusahaan MLM berbasis di Singapura akan menggelar acara dan anggotanya yang berjumlah puluhan ribu, bayangkan bagaimana itu pelabuhan sangat ramai dan antri.

Tiket dan imigrasi letter
Sediakan KTP, paspor, tiket ferry, kertas imigrasi. Itu jangan sampai lupa, penting banget.
Kapal ferry-nya pun juga bagus, bersih nyaman dan adem. Di tiap kursi di bawahnya sudah tersedia pelampung (bandingkan jika menyebrang ke salah satu di pulau seribu, pelampung cuma 5 penumpangnya puluhan, LOls). Setelah selama 45 menit, ferry berlabuh di Harbourfront.

Keluar antrian kita disambut dengan ruangan mall lagi, ini terminal Ferry sekaligus mall. Menariknya terhubung langsung dengan Vivo City. Jadi kalau mentemen mau ke Pulau Santosa, Universal Studios, atau ke beberapa pantai di Singapura, bisa langsung menggunakan MRT.


So yang pingin coba ke Singapura via Batam, cuzz kuy!

Ini Vlog nya cara ke singapura lewat Batam. Like en subscribe ye genksss



AAL


47 comments

  1. Seru juga ya lewat Batam ke SG. Tapi kapok kalo antri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaa kemarin gak nahan mak neng, antri ampe 3 jam..lumutan deh wkwkwkwk

      Delete
  2. Proses migrasinya ndak dipersulit kan ya mba? Yang penting semua data kita lengkap.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak sik Alhamdulillah...asal lengkap aja datanya

      Delete
  3. saya pernah naik vfery dari singapore ke batam cuma lupa harganya berapa mbak, soalnya yang belikan abanag saya... lumayan menghemat sih, karena murah kan

    ReplyDelete
  4. terimakasih share nya. siapa tahu kelak saya berkesempatan menjajal ke singapore via batam

    ReplyDelete
  5. paket hemat ini mah..pantes aja nih temen yang buka usaha jastip - jasa titip..tiap buka lapak lagi belanja di batam habis itu ke singapore, tinggal nyebrang doang murah katanya

    ReplyDelete
  6. Wah.. Ternyata kl ingin jalan2 hemat harus banyak membaca pengalaman seru dari teman2 seperti ini ya... Tfs mb...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa..bisa buka jastip ke batam dan SG, bisa deh nutup ongkos sama akomodasi hihihi

      Delete
  7. Haha aku malah lewat Johor Bahru dan itupun pake drama wkwkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa bang ribet? atau mahal? Lewat batam alhamdulilah simple, cuma kemarin pas peak season antri

      Delete
  8. Bagi orang yang travelingnya gaya menikmati perjalanan gak cuma suka kalau sampai tujuan doang, pasti sukaaa gaya begini..... aku pernah punya temen yang suka naik kapal meski berjam jam dia suka dari pada pesawat ya karena dia suka menikmati perjalanan hehheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah bener chaaa, aku suka yg backpacker gini, bisa dapat hal baru dan sensasinya ituuu

      Delete
  9. Murah bgt. Dripada buat naik psawat mnding buat bli oleh2. Cocok buat bekpekeran

    ReplyDelete
  10. Kalau pengen ke Singapura kudu baca ini deh. Kalau ada promo bisa hemat lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener, katanya domestik lagi turun harga, nah cuzz ke batam heheheh

      Delete
  11. Jaman sekolah mah pernh dr batam ke singapura. Terakhir dr bintan ke singapura, resortnya pnya kapal khusus ke singapura cuma bayarnye 300rebu

    ReplyDelete
    Replies
    1. wuihhh mantaapp tuh pengalamannya, sekarang mehong kali yaksss

      Delete
  12. Kalo dari Singapura ke Batam sekarang tiketnya berapa ya Mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama, di vlog aku wawancara petugas tiket di singapura ke batam

      Delete
  13. Memang banyak teman-teman yang menulis pengalaman ke Singapura dari Batam. Sepertinya menarik. Nanti kalau berkunjung ke Batam aku juga mau coba nyebrang ah :)

    ReplyDelete
  14. Aku pengen nyobain rute Batam - Singapura naik ferry ini. Tapi tiket ke Batam sekarang mahal bangettt

    ReplyDelete
  15. Next pgn coba ahh walaupun pstinya lebih lama ya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya si, jakarta-batam 2 jam, batam-SG 45 menit. Better bikin jastip ke dua tempat ituu, batam terkenal tas, sepatu, pafum murah, kalo SG coklat. Nanti aku tulis beli coklat murah selain mustafa center yaaa

      Delete
  16. Menarik banget mbak ke SIN lewat Batam. Next kalau ada kesempatan ke Batam mau coba juga ��

    ReplyDelete
  17. Dulu adik ipar juga pernah kerja di Batam. Kalau mau ke Singapura tinggal nyebrang

    ReplyDelete
  18. Pernah beberapa kali ke Singapura via ferry dari Batam, tapi belum pernah beli tiketnya di Bandara, beneran lebih murah kalau itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, supir taksi pada bilang lebih murah beli di bandara

      Delete
  19. Seru banget ini. Main ke negara tetangga murah meriah. Sayangnya emang harus punya kesempatan ke Batan dulu sih ya. Kalau dari Jakarta kan lumayan.

    ReplyDelete
  20. Saya pernah naik Ferry dari Batam ke Singapura dan sebaliknya. Ya, waktu itu memang lagi ada tugas kerja di Batam. Jadi, sekalian aja Singapura. Udah lumayan lama kejadiannya. Saya hanya ingat waktu berangkatnya nyaman, tetapi pulangnya mabuk laut. Kayaknya karena pas pulang kapalnya lebih kecil. Jadi, berasa banget goyangannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin beda-beda ferry nya mak, kalau aku PP pilih Horizon enak, nyaman

      Delete
  21. Mbak Aal kok des kemaren ga ketemu di SG wkwkwkwkwk. Pernah pengen cobain ke SG via batam ternyata lbh mahal, memang klo kebeneran lagi ada acara atau tugas ke Batam aja ya baru deh ngerasain ke SG seharian PP ga sampe 300rebu ^^ TFS ya mbak, lama nggak ketemu di event lho :D

    ReplyDelete
  22. Wah cepet juga ya mbak perjalanannya cuma 45 menit, tapi kalau aku engga deh.. 15 menit naik kapal aja udah pusing pusing 😵

    ReplyDelete
  23. Asyik yah lebih cepat dan pemandangan sepanjang jalan beda. Dulu banget pernah nyobain. Papasan ama kapal tongkang, penambang pasir, dan lain-lain.
    Trims sharingnya...

    ReplyDelete
  24. Duhhh belum kesampaian nih ke Singapura lewat Batam. soalnya memang niat mau eskplore Batam juga sih.

    Mudah-mudahan tahun ini bisa main-main kesana deh. Amin!

    ReplyDelete
  25. Pernah juga ke Singapura via laut ini dari Batam.
    Kalau nggak sala waktu itu lewat pelabuhan yang ada di sebelah hotel Harris :)

    ReplyDelete