Cari Jaket Winter Murah di Pasar Senen, Cuma Rp 85 Ribu




Cari Jaket Winter Murah di Pasar Senen, Cuma  Rp 85  Ribu, aliaef.com


Pada akhir tahun 2019 lalu, saya mau pergi ke Turki. Ketika miting dengan pihak tour and travel disebutkan akan muncul salju di Gunung Uludag, Bursa Turki. Jadi disarankan untuk menyiapkan baju winter. Alhamdulillah long john udah ada, sarung tangan, kupluk, sepatu bergerigi (emoh beli boot) juga udah ada, jadi tinggal jaket winter yang nggak ada.



Lalu brosing di internet untuk melihat harga jaket winter, wuih harganya lumayan juga. Jaket yang baru harganya sampai jutaan, yang seken paling murah Rp 500 ribu. Harga segitu mihil buat saya mah, apalagi cuma dipake sekali. Nggak tau lagi kapan bisa ke negara bersalju setelah Turki ini.

Baca:
- Berkunjung ke Anitkabir, Makam Mustafa Kemal Ataturk di Ankara Turki
- Hidden Gems, Beli Souvenir Malaysia yang Murah
- Itinerary 4D3N Murah Meriah ke Kuala Lumpur
- Pengalaman Belanja di Outlet Munira Turki, Ini Tips nya Agar Gak Kemahalan



Pilihannya yang merah dan hitam. Kalau merah lebih pendek dan nggak bisa dilepas bagian dalam.


Setelah cari info saya memutuskan untuk hunting jaket winter ke Pasar Senen yang terkenal dengan baju-baju bekas layak pakai. Ada yang bilang di sana jaket winter cuma Rp 150 ribu. Jadi saya ke lokasi baju bekas yang ada di sebrang stasiun Pasar Senen. Posisinya naik tangga ke atas. Lalu lurus aja, gak jauh ada di sebelah kanan penjual jaket yang isinya kebanyakan jaket, sweater dan jaket winter. Ada Instagramnya gaess, @JapanKisongket. Penjualnya berambut plontos cenderung botak dan berkacamata.

Baca:

- Cari Tas Murah di Pasar Senen Jakarta
- Ke Gunung Uludag Turki, Indahnya Kota Bursa

Lalu minta si mas ini dicariin jaket untuk ke salju, akhirnya pilihan saya jatuh ke warna hitam. Kenapa? Bisa dilepas bagian dalamnya, lebih tebal dan lebih panjang. Yang paling kaget ketika dia sebut harga Rp 95 ribu. Dan mentok-mentok dapat menawar itu jadi Rp 85 ribu. Murah bangeettttt, padahal budget itu Rp 150 ribu.

"Di sini paling murah Rp 35 ribu untuk sweater. Sedangkan jaket standarnya Rp 95 ribu, ada juga yang jutaan kalau mau," kata si mas berbadan kurus itu.

Menurut dia harga di Instagram dan di Pasar Senen nggak jauh beda. Menurut saya sih lebih enak datang aja langsung ke sana. Bisa melihat langsung dan dicoba juga bisa memegang bahannya.  Lantaran saya emoh masuk pasar ke dalam lagi, saya memutuskan beli di sana saja. Kalau di sini tempatnya remang-remang, lampunya nggak banyak dan agak pengap karena di dalam. Di sini pasar seken yang udah lama banget, ada juga di gedung baru dan ber AC (nanti saya tulis). K

Di Pasar Ssenen itu banyak juga celana, baju yang harganya rata-rata Rp 35 ribu dan kondisinya masih bagus banget. Sebelum dipakai jaketnya saya masukkin laundry dulu dan siap dipakai ke Turki.

baju-seken-pasar-senen

Salah satu alasan gue membeli baju bekas layak pakai adalah sekaligus membantu mengurangi dampak lingkungan lantaran banyaknya baju yang terus dibuat. 


Industri pakaian dan mode, terutama fast fashion, menghasilkan banyak dampak negatif terhadap lingkungan. Dampak tersebut di antaranya pencemaran air, penggunaan bahan-bahan kimia yang berbahaya, serta banyaknya sampah pakaian yang menumpuk. Selain itu, sampah tekstil sendiri merupakan salah satu jenis sampah yang sulit didaur ulang.

Baca:
- 6 Hal yang Perlu Diwaspadai Jika Pergi ke Luar Negeri
- Ke Turki Lebih Baik Membawa Dolar US, Lira atau Rupiah?
- Penerbangan Panjang ke Turki 

Jangan takut kena penyakit kulit atau sejenisnya. Alhamdulillah sampai saat ini udah belasan tahun (kalau pas ke pasar senen) gue beli baju seken di pasar senen, baik-baik aja. Asal dicuci aja yang bener. Jangan telalu parno sama beginian gaess, apalagi kita punya niat baik.

Semoga Bermanfaat.

Alia Fathiyah

6 comments

  1. Saya juga sering beli baju seken, kalau di Makassar disebutnya "baju cakar", kalau di Malaysia namanya "bundle". Alasannya, kurang lebih sama yakni utk mengurangi limbah tekstil. Meski utk itu tak jarang ada yg bilang, "kayak orang kere aja, beli baju bekas." EGP aja, saya mah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah banyak sebutan di daerah lain. Sy juga cuek dengan ledekan orang, yg penting nyaman, masih bagus dan mengurangi limbah yang susah banget larut

      Delete
  2. wah boleh nih jadi rekomen, btw beli long jhon bagusnya dmn ya mbak? selain uniqlo hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku beli di online yg khusus baju winter, murah juga. Unilo mihilll krn bakal jarang dipake 😆

      Delete
  3. wah murah banget ya baju seken winter ini, kalau di medan disebut sebagai baju loak atau monza mbak

    ReplyDelete

Alsya Communications

Alsya Communications
Media Consultant untuk press conference, media gathering dan press release. Tim kami terdiri dari para mantan wartawan sehingga memudahkan untuk interaksi dengan media di Indonesia, baik media cetak, media online, atau blogger.