Ngapain Aja sih Saat Jadi Finalis Bank Indonesia Netizen Festival 2020


bank - indonesia- netizen- festival
Finalis Blog #BInetifest2020


Ngapain Aja sih Saat Jadi Finalis Bank Indonesia Netizen Festival 2020, Aliaef.com

Banyak yang kepo ketika mengetahui para finalis Bank Indonesia Netizen Festival 2020 (Bi Netifest 2020) 'dikarantina' selama 4 hari 3 malam di hotel bintang 5. Ngapain aja selama 4 hari itu? Kok lama banget 4 hari? Kenapa harus menginap di hotel segala? Nih ya saya jembrengin serunya jadi finalis #BiNetifest2020 yang tahun ini telah digelar ke empat kalinya.


Baca:
- Bright Gas, Membuat Ibu Indonesia Jadi Mandiri dan Hemat
- Itinerary 4D3N Murah Meriah ke Kuala Lumpur dengan Anak


Sebelumnya saya mau cerita sedikit kenapa bisa menjadi salah satu finalis bersama  dengan para content creator  keren dari seluruh Indonesia yang berjumlah 175 orang itu.

Sekitar Oktober 2019 lalu saya 'menemukan form' pendaftaran untuk mengikuti blog competition mengenai QR Code. Apa sih QR Code itu? Yaitu Quick Response, yang biasanya dipakai melalui scan dengan media handphone. Saat ini transaksi tersebut banyak dikenal masyarakat dengan Gopay, OVO, atau Link Aja dan Dana.

Nah, Bank Indonesia sendiri memiliki QRIS (Qucik Response Indonesia Standard) yang mengusung tagline UNGGUL; Universal, Gampang, Untung, dan Langsung. Lalu saya menulis sesuai pengalaman dan pengamatan mengenai QR Code ini, lalu awal Desember kemarin saya mendapatkan email ucapan selamat lantaran terpilih menjadi salah satu finalis. Waktu itu saya abaikan, toh masih jadi finalis, pasti gitu-gitu aja, standar, gitu yang ada di dalam pikiran saya.

Bersama 175 finalis dari semua kategori

Mulai ngeh ketika banyak teman yang posting di FB soal acara ini dan juga menjadi finalis. Ternyata, email yang dikirim itu ada lanjutan 'klik di sini' lalu keluarlah informasi undangan langsung dari Bank Indonesia beserta rundown acara. Lols, saking saya nggak percaya bisa jadi finalis. FYi gaess, saya ini sangat-sangat jarang ikut lomba blog, jujur nih udah minder duluan sama blogger lain yang tulisannya kece-kece bingit. Apalagi sama blogger selalu menang di setiap lomba.

Waktu menulis soal QR Code ini saya justru mendapatkan ilmu baru lantaran harus brosing untuk menambah bahan tulisan. Setelah dikirimi email, tak lama bergabung dengan WAG yang isinya 35 finalis blog yang kece en keren.

Alhamdulillah yah bisa jadi finalis

Now...the journey has begun gaess


1. Check in hotel bintang 5
Rabu malam saya mulai check in hotel Aryaduta berbarengan dengan finalis lain dari seluruh Indonesia. Ada yang dari Ambon, Surabaya, Yogyakarta, Sulawesi dan daerah lainnya. Dan mereka semua dibiayai lho transportasi dan akomodasinya. Tanpa repot keluar duit, mereka tinggal nenteng koper lalu masuk hotel.

2. Menambah Ilmu
Hari pertama kita semua dikumpulkan dalam satu ballroom hotel. Semua finalis dari lima kategori ngumpul, selain blog ada dari vlog, video 1 menit, short movie dan animasi. Mereka semua masih muda gaess, dan saya yang terbilang juga 'muda' (halah) berasa ketemu teman seumuran. Seru-seru, sok ikrib, banyak ngobrol dan berbagi cerita.

Hari pertama kita dikenalkan oleh para petinggi dari Bank Indonesia, salah satunya yaitu dari Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Pak Muhammad Nur. Pak Muhammad Nur menjelaskan singkat pentingnya bank Indonesia bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia serta mengatur inflasi rupiah.

Setelah itu, dari Medcom.id (Metro TV) yaitu Ibu Jati Savitri memberikan ilmu mengenai creative content dan sosial media. Ibu Jati menjelaskan detil arah media sosial di Indonesia, serta data yang kompeten mengenai alur medsos.

Baca:
- 6 Hal yang Perlu Diwaspadai Jika Pergi ke Luar Negeri
- Ke Turki Lebih Baik Membawa Dolar US, Lira atau Rupiah?
- Penerbangan Panjang ke Turki 

Ibu Jati Savitri
Bpk Muhammad Nur


Di sini saya merasa dapat ilmu banget. Menurut data yang disajikannya ada enam media sosial diurutan teratas yang paling diminati di Indonesia yaitu Youtube, WA, Facebook, Instagram, Line dan Twitter.

Ibu Jati yang dasarnya dari seorang jurnalis juga menjelaskan bagaimana menulis naskah dengan baik serta sesuai aturan jurnalistik, yaitu:

1. 5W1H: Semua blogger pastinya tahu apa itu 5W1H (what, who, where, when, why dan how)
2. KISS : keep it short and simple
3. S.P.O.K : subjek, predikat, objek dan keterangan

Nah di hari ketiganya itu, kita dibagi sesuai kategori untuk diberikan materi yang kompeten. Di sini saya jadi paham kalau menjadi seorang penulis blog itu nggak cuma asal menulis, tapi juga ada beberapa pakem yang perlu diketahui. Kelas blogger mendapatkan pengajar mas Nurullah dari Kompasiana.  Dia mengajakarkana bagaimana content blog sehingga menjadi branding untuk si blogger itu sendiri, misal harus dilihat dari original contentnya, Judulnya yang menggoda sehingga orang tergerak ingin membacanya, lebih baik memaparkan pengalaman sehingga makin mendekatkan dengan si pembaca lalu juga memberikan solusi dari materi yang ditulis.


3. Dapat teman baru
Nah ini yang nggak boleh disepelekan. Kompetisi ini diikuti 1.707 peserta dan menghasilkan karya 586 artikel blog dan 1.121 video yang terdiri dari 5 kategori, yakni blog,vlog, video pendek, short movie, dan video animasi.





Jadi kebayang bagaimana saya bisa bergabung dengan para content creator yang ide-idenya brilian itu. Kece!

4. Keliling Museum Bank Indonesia
Udah puluhan tahun di Jakarta baru kali ini saya masuk ke dalam museum Bank Indonesia. Ternyata museumnya keren, informatif banget dan tempatnya nyaman. Juga instragamable , cocok untuk yang kepikiran isi content IG nya menjadi menarik, Lol.

5. Ketemu Duta Sheila On 7

Pengumuman pemenang BI Netifest 2020, merupakan puncak dari rangkaian acara Festival Edukasi Bank Indonesia (FesKaBI) tahun 2019, kali ini menampilkan band Sheila On 7. Yeay.. Band asal Yogyakarta yang masih berjaya ini memang ngangenin, baik dari lagu dan penampilan. Menariknya dan bikin kepo, SO7 menyajikan lagu-lagu hits mereka yang terkenal dari awal tahun 2000 an hingga lagu baru.

6. Hadiah dan uang saku
Sebelum pulang dan check out hotel, kita diberikan souvenir khas Bank Indonesia serta uang saku, wow emejing. Udah dapat nginep di hotel bintang 5, laundry gratis, makanan terpenuhi, terus pulang dikepelin souvenir dan duit, siapa coba yang nggak mau. Cuzz ah ikutan tahun depan kuy!

Semoga Bermanfaat



Alia Fathiyah

8 comments

  1. BI NETIFEST itu bikin ngiri sekaligus nagih, tahun depan harus bisa ikutan lagi

    ReplyDelete
  2. Hayuk, hayuk, kita rebut posisi kang masroer 🤣🤣🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo Kaka-kaka.. semangat ngedraft mulai sekarang wkwk... Semoga bisa ketemu di Jakarta lagi ya..

      Delete
  3. Tahun depan ikutan kompetisi lagi pokoknya. Terlepas menang atau kalahnya, ya yang penting coba dulu. Mudah2an kita ketemu lagi sebagai finalis ya Mba Aii 🤗🤗

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hhmmmm... Efa tahun depan jd finalis lagi pasti dapet piring, udah tiga kali fa 😆

      Delete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Alsya Communications

Alsya Communications
Media Consultant untuk press conference, media gathering dan press release. Tim kami terdiri dari para mantan wartawan sehingga memudahkan untuk interaksi dengan media di Indonesia, baik media cetak, media online, atau blogger.