Jalan-jalan ke Pasar Cipadu, Pusatnya Kain Tekstil



Sudah lama saya mendengar soal Pasar Cipadu yang lokasinya di Kreo Cileduk. Nah kebetulan, akhir pekan kemarin saya ada kesempatan datang ditemani suami dan anak-anak (ini kayak mau kondangan semua diajak, hihihhi). Selain penasaran banget, saya ingin tahu seperti apa pasarnya.

Setelah melakukan browsing, artikel soal Pasar Cipadu sudah banyak yang kadaluarsa.  Kebanyakan mereka meresensi pasar itu tahun 2009, atau 2012 , nggak ada yang terbaru. Nah, untuk pembaca setia blog saya, ini saya tulis kembali soal Pasar Cipadu, jika kurang puas silahkan puaskan sendiri alias langsung datang saja yahhhh.



Selain penasaran, saya juga ada misi mencari seprai untuk di rumah. Katanya bahan seprai di Pasar Cipadu murah dan banyak pilihan. Dibantu dengan GPS, akhirnya sampai juga di Pasar Cipadu. Oiya, lokasi rumah saya di Serpong. Jadi saya melewati tol BSD dan keluar di pintu tol Bintaro (Pondok Aren). Dari sana saya menuju ke arah Jurang Mangu dan sisanya silahkan mengikuti petunjuk.

Masuk ke lokasi Pasar Cipadu mengingatkan saya dengan lokasi Batik Trusmi, di Cirebon. Di sepanjang Jalan Trusmi di setiap rumah sudah banyak toko batik yang dijual. Tak jauh berbeda dengan Pasar Cipadu, meski di sini kebanyakan toko dan ruko. Juga ada lahan yang dibuat toko-toko untuk berjualan berbagai jenis bahan. Jadi jangan bayangkan seperti Tanah Abang.

Kanan-kiri toko di tengahnya jalan raya lumayan ramai. Saya memilih untuk memarkirkan mobil dekat masjid, dan mulai berjalan ke beberapa toko. Jika ingin dibandingkan dengan Tanah Abang, tentu sangat berbeda. Tanah Abang sudah disiapkan gedung-gedung besar yang di dalamnya banyak toko, dengan banyak pilihan barang. Kalau di Pasar Cipadu terbilang sepi dan toko-tokonya juga kecil.



Belanja di sini lebih lengang, tidak sepadat di Tanah Abang. Tapi memang saya akui, meski Tanah Abang selalu ramai dan padat, memang lebih menyenangkan belanja di sana karena banyaknya pilihan dengan harga murah.

Lalu bagaimana soal harga? Untuk bahan kiloan, semua toko memberikan harga sama, yakni Rp 65 ribu/kilonya. Jika pintar menawar, silahkan dicoba. Biasanya mereka tanya, "mau ambil berapa kilo?" Nah, kalau sudah begitu, tandanya pedagang memberikan kode bisa ditawar.

Sedangkan bahan meteran harganya beragam, tergantung bahan yang diinginkan. Saya membeli bahan kaos 2 kilo dengan warna berbeda. Saya udah ukur, bahan 1 kilo itu saya dapet sekitar 4 meter. Murce bangetkannn. Lalu bahan kemeja yang harga per meternya Rp 29 ribu dan Rp 35 ribu. Membeli seprai berukuran 200 cm x180 cm. Untuk bahan katun jepang Rp 285 ribu sedangkan katun lokal Rp 125 ribu.
Ini hasil belanjaan saiiaahhh
Ada seorang ibu yang menyapa melihat belanjaan saya. "Punya butik ya mbak?" Saya nyengir. Pingin sih punya butik tapi sepertinya susah karena nggak bisa jahit, tapi pertanyaan ibu itu jadi bikin saya nyadar, untuk apa saya belanja bahan segitu banyak? hahaha, emak-emakkkk nggak bisa lihat bahan kece.

Yang sudah pernah ke Cipadu silahkan berbagi di bagian komentar yaaa

AAL

20 comments

  1. Bahan itu bisa dibeli kiloan ya :D Saya udah lama nggak jalan2 ke pasar. Palingan mester jatinegara kalau beli bahan kue.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kiloan, eh saya lupa nulis, sekilo itu bisa dapet 3-4 meter, lebih murah ya

      Delete
  2. Aku jarang banget beli kain, mba. Pernah beli kain di PGC karna deket dari rumah. Makasih info soal Cipadunya ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya macama, aku nggak tahu harga kain di tempat lain berapa

      Delete
  3. bisa beli kiloan ya... setauku biasanya kain meteran, btw yang polka.. cakep kainnya.. bisa buat gamis..he2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sekilo aku hitung dapet 4 meter lho, murce kann. Polka emang ngegemesin hehehe

      Delete
  4. wah asyik juga ya kalau bisa kiloan kalau lagi butuh banyak kain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kalo beli banyak bisa dikurangin, cuzzz beliii hehehehe

      Delete
  5. Hi,mbak. Pas banget nemu postingan ini. Betul banget, info ttg Pasar Cipadu yg lain udah pada outdated. Makasih ya sudah di update. Saya mau kesana besok. Hahaha.
    Oiya, saya tuh sama ky mba Alia. Suka beli bahan tapi ga bisa jahit. Sampe akhirnya saya berguru pada Youtube. Hahaha. & ternyata menjahit itu mudah. Ayo dicoba, mbak. Jadi kalau abis borong bahan murah2, ga pake pingsan bayar ongkos jahitnya. Hahaha. For beginner ky saya, saya liat channelnya 'made by aya'. Dijamin langsung bisa jahit deh. Oiya saya pakai mesin jahit brother GS2500. Mudah dipakenya. Semoga bisa menularkan virus menjahit yaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heyy makasih udah mampirr. Pernah kepikiran mau les jahit, tapi udah gak pede duluan. Saya orangnya gak detil dan gak sabaran, sayangkan kalo udah les mahal ilmunya gak kepake. Nanti sy buka youtubenya, gudlak!

      Delete
  6. Mba ada info tukang jahit/konveksi buat jilbab/gamis sekitaran cipadu gak?

    ReplyDelete
  7. halo mbaa.. baru bnget nih tdi siang k pasar cipadu, memang betul jgn bandingkan pasar cipadu dgn pasar mayestik atau tanah abang. karna harga itu ga pernah bohong 😅 pasar cipadu relatif lbh murah cuma memang klo mau mncari jenis bahan yg bgus dan lengkap bukan disana 😅. disarankan bawa kndaraan pribadi motor biar enak cari dri satu toko k toko lain karena ga berkumpul d satu tmpat aja dan klo mau cari bahan sprei murah disana lah tempatnya. tdi skilas masuk dr toko k toko lbh bnyak bahan katun, jersey, shifon, kaos2, dan bahan2 safari.

    kalo saya tetap milih tanah abang dan mayestik 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ini info terbarunya dan hasil pengalamannya ke tiga tempat itu. Betul bangetttt

      Delete
  8. Kebetulan rumah saya dkt Cipadu, dan saya juga sering belanja bahan untuk kerudung, sisanya bahan jauh lebih murah mba di banding Mayestik atau tanah Abang, apalagi klw udh punya langganan, dan enaknya sisanya ada jas buat neci kerudung atau jasa pembuatan sprei dan mukena.

    ReplyDelete
  9. Ya alloh pas banget, aku lagi nyari tempat kain. Dulu kalo di bandung beli kain begini di cigondewah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nahkan..pas...tapikan dari bogor lumayan jauh tet

      Delete

Alsya Communications

Alsya Communications
Media Consultant untuk press conference, media gathering dan press release. Tim kami terdiri dari para mantan wartawan sehingga memudahkan untuk interaksi dengan media di Indonesia, baik media cetak, media online, atau blogger.