6 Hal yang Perlu Diwaspadai jika Pergi Keluar Negeri

turkey-alia fathiyah

Assalamualaikum gaess, 

Ini 6 Hal yang perlu diwaspadai jika pergi keluar negeri- Aliaef.com

Bepergian ke luar negeri tentu berbeda dengan bepergian domestik. Ini terkait dengan peraturan di negara yang dituju,  so jangan anggap sepele segala aturan yang ditetapkan di sebuah negara.

Kadang kita bepergian sering ada yang kelupaan, hilang atau tertinggal. Nah saya mau berbagi tips yang didapat dari tour leader, Pak Taufik Djong ketika bepergian ke Turki. Jangan sampai kita ceroboh yang berujung pada penyesalan. Liburan maunya happy jadi disaster.

Baca:
Ke Turki Lebih Baik Membawa Dolar US, Lira atau Rupiah?

Penerbangan Panjang ke Turki 

Ini 6 Tipsnya

1. Biasakan pisahkan uang dengan paspor. Kalau saya paspor saya satukan dengan KTP dan uang rupiah atau dolar di dompet yang berbeda. Dompet satunya saya isi dengan ATM/Kartu Kredit dengan sejumlah uang untuk berbelanja dengan jumlah tidak banyak.

2. Terkait dengan nomor 1, jika ingin pergi berbelanja pisahkan sejumlah uang di dompet satunya. Jadi jika kita berbelanja dan mengambil dompet, khawatirnya akan terlihat seseorang yang niat berbuat jahat. Dia akan melihat jumlah uang kita, dan posisi dompet di tas.

3. Jangan terlalu percaya dengan orang asing ketika berada di suatu tempat, misal minta di foto. Alhasil kamera atau HP kita bisa dibawa kabur. Memang susah kalau yang solo traveler gak bisa pepotoan narsis. Sewaktu di Turki, kebetulan saya sering sendirian untuk urusan stok video dan foto. Tapi pingin juga dong narsis. Lalu saya memilih beberapa anak remaja yang juga sedang pepotoan. Mereka malah senang banget, eh, mereka malah atur pose saya dengan bahasa Turki. Mana mudeng? Lols

6-hal-yang-diwaspadai-ke- luar-negeri

Tapi ketika saya berada di suatu tempat, ketika sedang asik mengagumi tembok peninggalan bangsa Romawi di Turki, ada sepasang bule yang menawari saya untuk difotokan. Saya emoh, langsung inget omongan si TL. Untung sepasang bule itu nggak maksa. (suuzon amat sih gue)

4. Jangan pernah tinggalkan koper dalam keadaan terbuka meski ada di dalam kamar hotel. Ketika tidur atau sedang keluar kamar, usahakan koper dikunci. Kenapa? Bukan takut ada yang hilang, tapi takut ada yang menyelipkan 'barang' ke dalam tas, misal narkoba. Nanti bisa bermasalah besar ketika berada di bandara.

5. Biasanya ibu-ibu lupa dengan paspornya ketika sedang asik belanja lalu diminta tax refund. Tax refund biasanya belanja dengan jumlah tertentu dan menggunakan kartu kredit. Setelah kasir melihat paspor, si ibu-ibu menaruh paspor di sembarang tempat lalu kembali asik dengan barang belanjaan. Kalau sampai kehilangan paspor, akan ribet, harus mengurusnya ke kedubes Indonesia. Nah, itu nanti bisa saja harus kembali ke Indonesia hari yang sama. Gak jadi jalan-jalankan.

Lebih baik, paspor di foto lalu diserahkan ke bagian kasir untuk keperluan isi formulir. Nanti akan diurus ke bagian tax refund di bandara, jadi datang ke bandara minimal 3 jam sebelum terbang ya

6. Jangan keganjenan ketika ada bule atau masyarakat lokal yang ajak ngobrol seru. Mereka biasanya mengalihkan konsentrasi lalu dompet atau HP bisa pindah tangan.

Baca:
Kejeblos Jadi Solo Traveler
Traveling Anti Mainstream ke Lombok (1)
Traveling Anti Mainstream ke Lombok (2)
Jadi Travelmate yang Menyenangkan itu Gampang Kok

Intinya jadi tamu di negri orang itu harus suuzon gaes, demi keamanan bersama.


Happy Traveling Gaesss.

Semoga Bermanfaat

Alia Fathiyah

2 comments

  1. Makasih mbak tipsnya. Semoga ada kesempatan jalan-jalan ke luar negeri tahun depan. Hehe ��

    ReplyDelete

Alsya Communications

Alsya Communications
Media Consultant untuk press conference, media gathering dan press release. Tim kami terdiri dari para mantan wartawan sehingga memudahkan untuk interaksi dengan media di Indonesia, baik media cetak, media online, atau blogger.