Rahasia Youtuber Lifia Niala Bisa Hasilkan Puluhan Ribu Dolar



Beberapa pekan lalu saya diminta kantor untuk meliput pembukaan Youtube Space di Jakarta, tepatnya di My Studio, Bintaro. Saya yang memang sedang belajar menjadi vlogger, tentu semangat untuk datang.

Apalagi katanya, ada seorang Youtuber asal Pekan Baru yang memiliki penonton di akun Youtubenya hingga ratusan juta. What??

Dan benar saja. Ketika petinggi Youtube yang bule itu mengenalkan beberapa creator untuk mengisi studio di Youtube Space, mereka muncul yang terdiri dari satu keluarga. Pak Ady Kuswara yang berperan sebagai sutradara, kameramen, dan editor. Lalu kedua anak perempuannnya yang menjadi pelakon, Lianindya Alifia, 7 tahun, dan Anindita Niala, 5 tahun, serta istrinya  Syahliany.

Di antara creator atau Youtuber yang hadir di acara itu, hanya mereka yang tampil sederhana dan apa adanya. Kalau boleh jujur, Youtuber lain yang masih muda-muda itu tampil seperti selebritis. Emang sih udah jadi selebritis Youtube.. Mungkin berasa udah banyak fans seperti artis beneran. Entahlah.

Lalu saya ngobrol dengan Pak Ady ini, yang sebelumnya juga seorang blogger. Jujur nih, sebelum ketemu pak Ady saya nggak tahu model video akun Lifia Niala itu seperti apa. Pas pulang baru saya nonton ternyata memang menarik untu anak-anak. Baby F yang umurnya masih 20 bulan juga "anteng" menonton ketika kakak beradik itu asik berenang dan main air.

Pak Ady mengakui jika kekuatan videonya adalah gambar yang menarik, warna-warna cerah khas anak-anak, dan tentu suara atau musik yang mudah dinikmati anak-anak.

Pak Ady menceritakan, jika video yang mampu meraup penonton sebanyak 214 juta itu adalah video pertama yang diunggahnya.  "Awalnya saya hanya ingin mendokumentasikan mereka saja ketika bermain. Juga  dokumentasi untuk mereka nanti jika sudah besar," kata Pak Ady.

Selain itu, Pak Ady memiliki rencana yang idealis, yakni ingin memberikan tontonan menghibur untuk anak-anak yang sudah terkontaminasi oleh sinetron. Dalam video yang diunggahnya, memang kebanyakan aktivitas Alifia dan Niala bermain sambil belajar. Mulai dari berhitung, abjad, huruf, pengenalan warna dengan cara yang gembira. Dan ternyata banyak anak-anak kecil jadi bisa berhitung karena menonton video mereka.


Hingga saat ini, Pak Ady telah mengunggah 200 video dengan jumlah penonton jutaan ckckck. Dan gue baru tahu, kalau penonton dari negara bule itu menghasilkan dolar yang lebih besar daripada penonton Indonesia. Maklum, Indonesia dikenal sebagai negara berkembang sehingga hitungan dolarnya sangat kecil. Misal untuk seribu penonton dari Amerika, Inggris atau Swedia bisa menghasilan  5 US dolar. Sedangkan seribu penonton dari Indonesia tidak sampai 1 dolar. Miris ya Indonesia, Lolss.

Selama 2 tahun jadi Youtuber, Pak Ady bisa membeli mobil, merenovasi rumah dan menabung untuk sekolah ketiga anaknya. Mau tahu berapa yang didapat Pak Ady sebagai Youtuber? Puluhan ribu dolar booooo...OemJiii..


Bahkan, mereka mendapatkan undangan dari brand produk anak-anak lebih sering dari luar negri dibanding negara sendiri. Dan gue sebagai seorang ibu yang seminim mungkin mengunggah foto dan video kiddos ke media sosial, penasaran juga dan bertanya ke Pak Ady. Apa nggak takut jika kedua anaknya dijadikan target oleh para "penjahat2" media sosial?


Ini Jawabannya: "Seminim mungkin saya memberikan info soal identitas anak terutama lokasi rumah," katanya.

Nah, Pak Ady juga memberikan tips cara buat vlog yang menarik.

1. Ide harus menarik dan berbeda dari video di Youtube lainnya. Ady menampilkann aktivitas kedua anaknya Alifia dan Niala ketika sedang bermain sambil belajar dengan cara yang menyenangkan.

2. Tampilan gambar, warna dan musik enak dinikmati oleh pengunjung Youtube. Ady selalu memberikan warna-warna cerah khas anak-anak, biasanya dari mainan dan barang khas anak-anak.

3. Durasi yang ideal adalah 5-7 menit. Jika durasi lebih dari 7 menit, penonton akan bosan dan tidak akan berkunjung lagi. Ady pernah mengambil video selama 30 menit dan dipangkas hingga 7 menit.

4. Video kualitas HD yang digunakan Ady sehingga memberikan gambar dan warna yang cerah. Ciri khas video Alifia Niala adalah dengan title Lifia Tube HD, cara tersebut menurut Ady telah diikuti nyaris oleh semua Youtuber. Memakai kualitas HD memang menjadi ciri khasnya.

5. Gunakan peralatan yang ada secara maksimal. Ady biasa menggunakan Canon Powershoot dalam mengambil gambar kegiatan kedua anaknya. Tapi terkadang dia juga menggunakan handphone.

6. Untuk menggaet penonton dari luar Indonesia yang mempengaruhi penghasilannya, Ady memberikan subtitel menggunakan bahasa Inggris dalam videonya. Menurutnya, anak-anak di seluruh dunia memiliki tipikal yang sama, yakni senang dengan keceriaan, warna, air dan balon.

7. Ady antimainstream, dia tidak mengikuti tren. Hanya menampilkan hal yang unik dan berbeda.

AAL