Tuesday, September 27, 2016

Bisnis Kosmetik, Cara Ussy Sulistiawaty dan Andhika Pratama Atasi Kritikan Blogger


Foto: Ruhul Gobel
Akhirnya yang ditunggu datang juga, event "Gathering Beauty Blogger with Dissy".  Pasangan selebritas Ussy Sulistiawaty dan Andhika Pratama mengundang beauty blogger untuk memperkenalkan produk kosmetiknya, Dissy yang dirintis sejak 2014.

Jujur nih, menunggu event ini ada deg-degan juga. Deg-degan jika tiba-tiba yang datang tidak sesuai undangan, lantaran waktunya mundur seminggu. Deg-degan karena saya yang koordinir blogger untuk hadir, hihihihi.

Nah untuk tulisan kali ini saya coba mengulik sedikit soal event dan produknya ya. Taarrraaaa....

Event Dissy

Pada Sabtu, 10 September 2016 di Restoran Lowville, Lippo Mall Kemang Village, Jakarta Selatan, acaranya digelar. Dalam undangan, tertulis acara dimulai jam 11, dan saya yang saat itu menjadi "pelayannya blogger",( Lol), udah sampe di lokasi jam 9.30 pagi.

Restoran masih sepi, tampilan masih seadanya, meja dan kursi menyatu untuk pengunjung. Tidak lama, Mbak Hesti, yang bertanggung jawab di Lowville menghampiri saya untuk menanyakan layout venue mau dibuat seperti apa.

Saya yang diuntungkan sering membantu acara seperti ini, hanya meminta kursi yang dijejerkan seperti acara-acara dalam press conference. Sedangkan untuk narasumber yakni Ussy dan Andhika disediakan sofa merah dan standing banner Dissy ada di samping kanan dan kiri.

Meja registrasi diletakkan di pintu masuk, dan meja khusus untuk semua display produk Dissy ada di samping kursi. Interior restauran yang dibuat dengan nuansa kayu dan western, acara tersebut jadi terlihat kece ketika produk Dissy bertebaran di tempat tersebut.

Foto: Ruhul
Tak lama satu persatu blogger datang. Namanya juga beauty blogger, mereka muncul full make up, dandanan yang ca'em dan tren, juga terlihat percaya diri. Mereka seperti menguasai hal-hal yang berbau produk kecantikan. Display produk yang ada, mereka jadikan objek foto dengan berbagai pose, tentunya untuk keperluan penulisan. Keren.

Nah, blogger tentu sangat berbeda dengan wartawan.

Jika saya menggelar acara serupa untuk wartawan, deg-degan saya menumpuk, handphone tak lepas dari tangan menelpon teman-teman wartawan untuk menanyakan keberadaan mereka. Seringnya sih, pada last minute, mereka mengabari tidak bisa hadir dengan alasan macet, sedang deadline atau diminta kantornya untuk meliput tempat lain. Alhasil, jumlah wartawan yang diundang gak pernah full.
Foto by me
Tapi untuk blogger? Alhamdulillah mereka datang tepat waktu dan full 30 beauty blogger,  seneng banget. Makasih yaaaaa (pokpokpok..tepung tangan untuk blogger).

Foto: Ruhul
Sebelum acara dimulai, para blogger makan siang dulu, karena jika di tengah-tengah acara mereka kelaperan, bisa-bisa nggak fokus. Tak lama, Andhika yang muncul belakangan karena habis syuting di Bandung nongol. Yang bikin saya tersenyum geli, para beauty blogger itu kasak kusuk sambil bisik-bisik melihat Andhika, hahaha. Ganteng ya..

Pasangan yang nyenengin itu membawa anak terkecil mereka, Elea atau disapa Cibul (Cina Bule qiqiqiq, dia dipanggil nengok lho). Sedangkan dua anak mereka yang lain, kata Ussy sudah ada acara lain.

Alhamdulillah banget, acaranya berjalan sukses dan komunikatif. Ussy dan Andhika dengan detil menjelaskan soal perjuangan mereka untuk membesarkan Dissy seperti sekarang. Yang saya kagum itu, ternyata blogger-blogger kece itu kritis lho. Mereka tak sungkan-sungkan memberikan kritiknya soal produk Dissy. (Gue pikir, secara mereka baru ketemu artis kayak Ussy dan Andhika pastinya bakal nggak enak kalau kasih kritik, tapi ternyata tidak. Keren!).

Dan hebatnya lagi, Ussy dan Andhika justru menerima semua kritikan dengan besar hati dan menjawabnya dengan santai. Wajah mereka justru senang mendapatkan masukan dan saran untuk Dissy.

Biasanyakan nara sumber memberikan jawaban asal saja jika dikritik, yang penting enak didengar dan ditulis, nggak tahu kebenarannya. Tapi Ussy dan Andhika menjawab beberapa hal dengan jujur. Soal kemasan produk, soal wangi buah dari luluran yang kurang "nendang" atau bahkan kata Andhika, kemasan produk yang kece itu harus dibuat di Cina yang harganya muahalll..

Di sela-sela acara juga dibuatkan lomba live tweet, sehingga hastag Dissy (#Dissy) langsung trending topic dalam beberapa jam! Waaaa...cooll.

Foto by me
Selain lomba live tweet juga ada lomba Instagram. Jadi 30 beauty blogger ini sudah mendapatkan produk Dissy sebelum acara dan diminta dengan sukarela untuk memposting ke IG masing-masing dengan Hastag Dissy. Pada akhir acara ditemukan lima pemenang untuk kedua lomba. Masing-masing pemenang mendapatkan produk Dissy yang buanyak, juga ada uang tunai.

Lalu di akhir acara seperti biasa, diadakan foto bersama. Cheers!

Nah sekarang cerita sedikit soal Lipstik Matte 

Hmmm..jujur nih saya bukan tipe perempuan yang suka dandan. Dari kecil udah sering dibilang kayak laki, jadi agak alergi sama make up. Tapi itu dulu, dulluuu lhooo.

Jadi mengenal produk kecantikan semenjak kerja saja, itupun cuma memakai lipstik, bedak dan body lotion doang. Jadi saya me-review ini sebagai orang awam aja ya. Bukan seperti beauty blogger lain yang kelihatan sudah expert banget dan jago memoles wajahnya sehingga berubah drastis.

Saya kebetulan mendapatkan bedak two way cake dan bedak tabur, juga ada lipstik matte dan yang natural. Selain itu juga ada sabun pembersih wajah dan maskara (ini dipake kayaknya pas kondangan deh, Lol).
Ini Lipmatte yang kece itu
Pertama pake two way cake Dissy langsung nempel dan bikin wajah saya jadi cerah cemerlang, sedangkan lipstik matte-nya bikin saya jatuh cintrong. Nih, lipmattenya beda sama matte dari brand lain. Bentuknya panjang dan memakai kuas, berbentuk cairan karena menggunakan moisturizer. Jadi ketika kuas lipstik disapukan ke bibir, langsung lancar dan mengikuti bentuk bibir. Awalnya memang basah, tapi dalam hitungan detik langsung mengering! Kecekan.

Ajaibnya, biarpun sudah makan apapun, yang basah atau berminyak, itu lipstik masih saja nongkrong manis di bibir, tidak bergeser sedikitpun. Konon, lipmatte ini bisa bertahan selama 6 jam. Saya mendapatkan yang tipe sherly, jadi ketika sudah banyak makan dan menjelang 6 jam, lipstik saya berubah warna menjadi coklat dengan warna yang merata di seluruh bibir. Secara bibir saya tergolong gelap, memakai lipmatte Dissy ini tertolong banget sehingga wajah saya tetap terlihat cerah, wuiihhh.


Saya kenal Ussy sudah lama, dia memang salah satu selebritas yang jago soal bisnis. Sebelum membuat produk kosmetik, Ussy sudah pernah berbisnis sepatu dan baju muslim. Semua bisnisnya itu memiliki kualitas bagus. Pastilah, saya tahu bagaimana Ussy memandang sebuah bisnis pasti serius. Melihat gaulnya ke kalangan atas, which is ke artis dan sosialita, nggak mungkin kalau Ussy membuat produknya asal-asalan. Dengan harga yang tergolong murah, Dissy ini terobosan baru untuk produk kosmetik buatan Indonesia. Saya tahu, siapa saja artis dan sosialita yang menggunakan Dissy. Hebat dong, kalau produk kosmetik kita sama dengan artis dan sosialita. Eaaaa..

Jika ingin menjadi reseller, silahkan hubungi Instagram Ussy, di sana ada informasinya. Oiya, Dissy sudah ada di Taiwan, Singapura, Hongkong dan Brunei. Sedangkan di Indonesia sudah menyebar nyaris ke seluruh propinsi yang ada di Indonesia. Dalam waktu dekat, Dissy akan mengeluarkan produk BB Cream dan kutek halal, yaitu yang bisa digunakan muslimah karena bisa tembus air. Semoga, Dissy bisa bertemu blogger lagi di event lain.  Gudlak Dissy!

AAL

16 comments:

  1. saya baru tau kalo pasangan selebritis ini mengeluarkan produk kosmetik :)

    ReplyDelete
  2. Bang Dika memang pinter banget ngegaet peluang usaha bareng istri. Apalagi ngegandeng blogger sebagai media partner promoinnya. Blogger emang joss.. Salam dari bukan beauty blogger :-D

    ReplyDelete
  3. Weh, makin banyak artis yang punya brand kosmetik ya.
    sukses buat Ussy dan Andika. Kalian kompak banget.
    Sukaaa

    ReplyDelete
  4. Mba Alia & dissy cosmetics . Makasi banyak ya ..
    Waktu itu acaranya keren banget..

    Semoga dissy semakin maju maju majuuu..
    Xoxo

    www.hai-ariani.com

    ReplyDelete
  5. Kompak ya mereka salut. Sayang aku waktu itu ga bisa ikutan kayanya seru ya! Nive post mam..
    Kindly mampir di postingan terbaru aku ya mam... Thank you http://www.beautydiarykania.com/2016/09/rambut-sehat-indah-dan-bersinar-ala.html

    ReplyDelete
  6. Sekarang lagi tren ya, artis2 pada ngeluarin produk-produk gitu. Ada makanan, pakaian sampai kosmetik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, jejaga kali yaaa kalau udah gak laku jadi artis. Regenerasi di artis kenceng banget

      Delete
  7. Penasaran saya sama produk Dissy ini Mbak, pengen baca review-reviewnya 30 beauty blogger itu Mbak. Bagus kalau di jadikan satu postingan terus dikasih link-linknya tulisan mereka.

    ReplyDelete
  8. Hehehe gampang kok, di google buka aja "Ussy Dissy blog" dan banyak reveiw blogger di situ, happy hunting! hihihih

    ReplyDelete
  9. wahhhh enak banget di undang ketemu artis lagi. mau dong jadi beauty blogger juga , ahahhahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha kalau bisa make up -an boleh pak

      Delete