Tuesday, September 20, 2016

Rahasia Youtuber Lifia Niala Bisa Hasilkan Puluhan Ribu Dolar



Beberapa pekan lalu saya diminta kantor untuk meliput pembukaan Youtube Space di Jakarta, tepatnya di My Studio, Bintaro. Saya yang memang sedang belajar menjadi vlogger, tentu semangat untuk datang.

Apalagi katanya, ada seorang Youtuber asal Pekan Baru yang memiliki penonton di akun Youtubenya hingga ratusan juta. What??

Dan benar saja. Ketika petinggi Youtube yang bule itu mengenalkan beberapa creator untuk mengisi studio di Youtube Space, mereka muncul yang terdiri dari satu keluarga. Pak Ady Kuswara yang berperan sebagai sutradara, kameramen, dan editor. Lalu kedua anak perempuannnya yang menjadi pelakon, Lianindya Alifia, 7 tahun, dan Anindita Niala, 5 tahun, serta istrinya  Syahliany.

Di antara creator atau Youtuber yang hadir di acara itu, hanya mereka yang tampil sederhana dan apa adanya. Kalau boleh jujur, Youtuber lain yang masih muda-muda itu tampil seperti selebritis. Emang sih udah jadi selebritis Youtube.. Mungkin berasa udah banyak fans seperti artis beneran. Entahlah.

Lalu saya ngobrol dengan Pak Ady ini, yang sebelumnya juga seorang blogger. Jujur nih, sebelum ketemu pak Ady saya nggak tahu model video akun Lifia Niala itu seperti apa. Pas pulang baru saya nonton ternyata memang menarik untu anak-anak. Baby F yang umurnya masih 20 bulan juga "anteng" menonton ketika kakak beradik itu asik berenang dan main air.

Pak Ady mengakui jika kekuatan videonya adalah gambar yang menarik, warna-warna cerah khas anak-anak, dan tentu suara atau musik yang mudah dinikmati anak-anak.

Pak Ady menceritakan, jika video yang mampu meraup penonton sebanyak 214 juta itu adalah video pertama yang diunggahnya.  "Awalnya saya hanya ingin mendokumentasikan mereka saja ketika bermain. Juga  dokumentasi untuk mereka nanti jika sudah besar," kata Pak Ady.

Selain itu, Pak Ady memiliki rencana yang idealis, yakni ingin memberikan tontonan menghibur untuk anak-anak yang sudah terkontaminasi oleh sinetron. Dalam video yang diunggahnya, memang kebanyakan aktivitas Alifia dan Niala bermain sambil belajar. Mulai dari berhitung, abjad, huruf, pengenalan warna dengan cara yang gembira. Dan ternyata banyak anak-anak kecil jadi bisa berhitung karena menonton video mereka.


Hingga saat ini, Pak Ady telah mengunggah 200 video dengan jumlah penonton jutaan ckckck. Dan gue baru tahu, kalau penonton dari negara bule itu menghasilkan dolar yang lebih besar daripada penonton Indonesia. Maklum, Indonesia dikenal sebagai negara berkembang sehingga hitungan dolarnya sangat kecil. Misal untuk seribu penonton dari Amerika, Inggris atau Swedia bisa menghasilan  5 US dolar. Sedangkan seribu penonton dari Indonesia tidak sampai 1 dolar. Miris ya Indonesia, Lolss.

Selama 2 tahun jadi Youtuber, Pak Ady bisa membeli mobil, merenovasi rumah dan menabung untuk sekolah ketiga anaknya. Mau tahu berapa yang didapat Pak Ady sebagai Youtuber? Puluhan ribu dolar booooo...OemJiii..


Bahkan, mereka mendapatkan undangan dari brand produk anak-anak lebih sering dari luar negri dibanding negara sendiri. Dan gue sebagai seorang ibu yang seminim mungkin mengunggah foto dan video kiddos ke media sosial, penasaran juga dan bertanya ke Pak Ady. Apa nggak takut jika kedua anaknya dijadikan target oleh para "penjahat2" media sosial?


Ini Jawabannya: "Seminim mungkin saya memberikan info soal identitas anak terutama lokasi rumah," katanya.

Nah, Pak Ady juga memberikan tips cara buat vlog yang menarik.

1. Ide harus menarik dan berbeda dari video di Youtube lainnya. Ady menampilkann aktivitas kedua anaknya Alifia dan Niala ketika sedang bermain sambil belajar dengan cara yang menyenangkan.

2. Tampilan gambar, warna dan musik enak dinikmati oleh pengunjung Youtube. Ady selalu memberikan warna-warna cerah khas anak-anak, biasanya dari mainan dan barang khas anak-anak.

3. Durasi yang ideal adalah 5-7 menit. Jika durasi lebih dari 7 menit, penonton akan bosan dan tidak akan berkunjung lagi. Ady pernah mengambil video selama 30 menit dan dipangkas hingga 7 menit.

4. Video kualitas HD yang digunakan Ady sehingga memberikan gambar dan warna yang cerah. Ciri khas video Alifia Niala adalah dengan title Lifia Tube HD, cara tersebut menurut Ady telah diikuti nyaris oleh semua Youtuber. Memakai kualitas HD memang menjadi ciri khasnya.

5. Gunakan peralatan yang ada secara maksimal. Ady biasa menggunakan Canon Powershoot dalam mengambil gambar kegiatan kedua anaknya. Tapi terkadang dia juga menggunakan handphone.

6. Untuk menggaet penonton dari luar Indonesia yang mempengaruhi penghasilannya, Ady memberikan subtitel menggunakan bahasa Inggris dalam videonya. Menurutnya, anak-anak di seluruh dunia memiliki tipikal yang sama, yakni senang dengan keceriaan, warna, air dan balon.

7. Ady antimainstream, dia tidak mengikuti tren. Hanya menampilkan hal yang unik dan berbeda.

AAL


69 comments:

  1. Ternyata penghasilan youtuber cukup fantastik ya mba....dari dulu pengen bisa bikin vlog tapi kok gak bisa-bisa......

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bangeettt, aku bikin vlog ora ngerti ngeditnya hihihihi

      Delete
  2. Iyaaaa video lifia lucu dan menarik. Zara juga suka banget nontonnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe aku baru tau mereka sekarang, keren ya

      Delete
  3. Saya musti banyak belajar bikin vlog nih :)
    Youtube Space di Bintaro, wah deket rumah nih hehee

    ReplyDelete
  4. Wahh gila bangett dati Youtubee bisa membeli rumah and mobil :))

    ReplyDelete
  5. wiihh keren, orangnya sederhana banget ya, idenya pun sederhana aja. Dari yang sederhana itu bisa menghasilkan rumah dan mobil, keren

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Maya bener banget, bikin ngilerrr

      Delete
  6. Wow,keren. Makasih tipsnya.
    Secara saya masih awam, punya akun youtube sih tapi jarang ngisi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Macamaaaaa, ayo kita cari duit dari youtube hihihihi

      Delete
  7. Anakku juga sering nonton youtubenya, ternyata anaknya sudah segede ini ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oya? Jadi udah tahu dari 2 tahun lalu mbak? Aku aja baru tau sekarang heheheh

      Delete
  8. Bagus sekali.Memberikan keceriaan kepada anak-anak dan juga menghasilkan dolar.
    Bagusnya memang begitu ya. Subtitle bahasa Inggris bisa mendongkrak pengunjung.
    Terima kasih infonya
    Salam hangat dari Jombang

    ReplyDelete
  9. Waduh ngiler tenan penghasilannya, lah aku ngunggah video ke yutub 100 orangbajanudh Alhamdulillah wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha susah yaaaa tarik pengunjung di youtube

      Delete
  10. Lifia ini adalah tontonan anakku mba tiap kali dpt jadwal giliran buka Youtube di weekend. So far lebih baik daripada dia nonton saluran TV nasional sih ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener, tampilan videonya udah kayak acara2 di tv ya

      Delete
  11. sesuatu kalau dilakoni dengan serius pasti berbuah manis ya Mbak. :). Saya juga baru belajar serius jadi blogger. Terus ada yang ngasih info kalau ada yang bisa dapat ratusan juta selama sembilan bulan hanya dari adsense. Makasih Mbak, postingan Mbak selalu aja menarik minat saya untuk singgah. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha makasih banyak sudah setia dengan blog saiah, jangan bosan berkunjung yaa

      Delete
  12. Wah perbandingan pendapatannya jauh banget ya😭😭 sedih.
    Nah iya keselamatan anak. Ngerinya gitu juga aku sih kalau upload foto adek, di culik atau diperas lainnya. Dan ternyata tips nya cuma memberikan info privacy seminim mungkin. Wokehlah. Lebih berhati-hati menjaga info pribadi hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, katanya kalau di bagian komentar tanya alamat atau mau anter hadiah, lebih baik ketemu di tengah2 atau disamperin mbak

      Delete
  13. Jadi inget. Anakku kalo liat video youtube gak pernah masalah sama bahasanya. Segala bahasa pernah ditonton kayaknya. Haha

    ReplyDelete
  14. Semakin menbuktikan banyak yg bisa sukses dari media sosial.

    ReplyDelete
  15. Haduuhhh... itu penghasilannyaaa... bikin saya mulezz😂 jd penasaran seperti apa sih videonya

    ReplyDelete
  16. Wah ... fantastis ya ternyata jadi youtuber itu.


    anggiputri.com

    ReplyDelete
  17. Wah..konsisten ya, fantastik anak anaknya sama ortunya kreatif banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, saya juga takjub anak-anaknya pada manut aja ya, so sweet

      Delete
  18. Sudah lama tertarik sama pemilik channel tersebut, rupanya orang Pekanbaru dan tidak terlalu menonjolkan diri. Yang bikin saya penasaran, video-videonya sederhana, natural apa adanya saja, hanya merekam anak-anaknya sedang bermain, tapi viewers-nya bisa sampai ratusan ribu. Sebagai orang yang paham bagaimana duit berputar di YouTube, saya jadi WOW! lihat jumlah penonton video-videonya.

    Makasih udah mengulas tentang keluarga Bapak Ady ini. Inspirasi saya, sebab lagi merintis channel anak-anak juga. Wish me luck :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaaa gudlak mas, kata pak ady yang penting permainan warna dan kegembiraan anak-anak, juga pake subtitel inggris mas untuk penonton bule

      Delete
  19. Wah keren yah... memang sekarang Vlog lagi banyak diminati...

    ReplyDelete
  20. astaga..mana internet kencang..mana... :(

    mbak, kasih link atau videonya disini donk

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, di youtube udah banyak shay, kalau aku taro dimari ntar buka blog jd lemot

      Delete
  21. Replies
    1. Kalau liat itu kayaknya gampang ya cari duit, lol

      Delete
  22. ini jadi trending topic di grup ibu - ibu, terus pada tanya ke aku caranya Vlog. sebelum aku jawab, aku kasih "arahan" kalau melakukan sesuatu sesuai dengan passionnya, jangan asal ikut - ikutan karena tergiur dollar. Takutnya, sudah ikut vlog tapi kenyataannya pada malas update atau pada kecewa hasilnya nggak berdolar - dolar :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kereennn, trus ibu-ibunya jadi bikin vlog soal anak2 mereka? hahaha tapi hati2 ya identitasnya jgn show off

      Delete
  23. Keren yaaa, karena sekarang memang udah era-nya video sih, meskipun konten teks juga masih diminati :) Jadi pengen bikin video-videoan hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayooo bikin video sederhana tapi hasilnya ketjee

      Delete
  24. mantabs, selama ini saya upload vidoe di youtube sekedar hasil rekaman asal-asalan, belum ada permaknya sama sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga gitu awalnya, pantes gk ada yang nonton ya hahahah

      Delete
  25. Bisa mengolah youtube menjadi lahan penghasil dollar itu keren banget.
    TFS, mbak!
    Salam kenal ^^

    ReplyDelete
  26. Aku tetap nggak ngerti gimana caranya menghasilkan uang lewat youtube itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, kalau udah dikerjakan nanti akan ngerti sendiri mbak. Tinggal daftar adsen ke google nanti kalau di approve, tiap bulan akan dikirim dlm bentuk dolar, jika iklan kita di klik. Pendapatan itu dari pengunjung mbak, bukan subcribe (follower), semoga membantu mbak, saya juga masih lieur euy

      Delete
  27. Ngiler juga lihat penghasilan ribuan dollar dari YouTube. Uda skitar semingguan lebih ini belajar tentang tekniknya nih mbak. Harapannya sih gak muluk2, cukup hasilkan $100.000/years aja.. Hehe
    Makasi banyak uda berbagi cerita tentang judul diatas tersebut. :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaaa hahahha saya doain deh tercapaii, makasih udh mampir

      Delete
  28. Keren bisa berpenghasilan dari youtube, pasti enteng editing videonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru respon, iya editingnya jago banget si bapak

      Delete
  29. Saya pernah dulu nulis di blog tentang LifiaNiala ini :) Anak saya suka banget nonton channel mereka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe iya, gambarnya berwarna khas anak2

      Delete
  30. Bermanfaat dan jg menghasilkan materi jg ya... Senengggggg bacanyaaa...

    ReplyDelete
  31. waaah asal Pekanbaru, samaan dengan aku asal Pekanbaru juga mbak. Keren! Bangga jadinya (y) Makasih udah nulisin tips membuat vlog yang menarik dari pak Edy ya mbak ;)

    ReplyDelete
  32. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete