Tingkatkan Imunitas di Masa Pandemi, Terbantukan dengan Ruangbelajar by Ruangguru

 


Tingkatkan Imunitas di Masa Pandemi, Terbantukan dengan Ruangbelajar  by Ruangguru- aliaef.com


Tahun ajaran baru ini pas banget dua anak saya masuk sekolah baru. Yang tengah masuk ke SMA dan yang bontot masuk SD. Kebayang rempongnya mendampingi mereka berdua masuk ke sekolah dengan suasana yang baru, pelajaran yang baru dan tentunya awal gerbang menuju kehidupan lebih besar atau naik tingkat.

Baca:
- Bimbel Online di Brain Academy by Ruangguru Solusi Belajar di Masa Pandemi
 Alasan Dua Pria Ini Mengambil Kelas Online Bersertifikat di Skill Academy By Ruang Guru

Kembangkan Potensi Diri di Masa Pandemi di Skill Academy by Ruang Guru

Si tengah tentunya butuh penyesuaian karena dia memilih SMA umum bukan lagi meneruskan ke pesantren. Jadi dia masih lumayan gagap untuk belajar via daring atau zoom. Pasalnya selama pandemi selama setahun kemarin dia tetap belajar offline, berada di pondok tanpa pulang ke rumah. Jadi dia belum terbiasa untuk sekolah daring, masih bingung dengan fitur serta bagaimana interaksi dengan guru dan teman sekolahnya di online. 


Tak jauh berbeda dengan bontot. Setelah 'lulus TK', dia menuju gerbang pertumbuhan remaja, yakni SD. Tentu saya sebagai seorang ibu harus telaten mengajarkan dia belajar yang masih terbilang sederhana, misal membaca, menulis atau berhitung.


Nah, dengan dua anak yang kebutuhannya berbeda itu tentu bisa dibayangkan dibutuhkan kesabaran serta ketenangan dan ketelatenan dari seorang ibu. Siapa yang akan membantu saya mengatasi ini? Apalagi saya terbilang 'nggak sabaran' dalam mengajarkan anak belajar. Dan tentu kita butuh imun maksimal di tengah pandemi gini, harus tetap waras dan sehat jangan stres gegara dua anak membutuhkan saya untuk belajar daring.




 Ruang Belajar by RuangGuru 


Ketika saya mengetahui ada fitur baru di Ruang guru yakni Ruangbelajar, seakan itu sebagai angin segar buat saya. Ini pas banget yang saya butuhkan saat ini. Sepertinya saya akan menawarkan program ke si tengah, karena pastinya banyak pelajaran SMA zaman sekarang dan zaman saya sudah sangat berbeda terutama matematika. Selain itu meski PJJ anak saya bisa mendapat pengetahuan yang lebih dalam memahami beragam mata pelajaran. Tentunya saya mencari aplikasi belajar online yang terbaik untuk anak, bukan kaleng-kaleng. 


Nah bulan Juli ini ada fitur baru dari Ruangbelajar: 


Adapto
Mengambil manfaat dari hasil nilai kuis dalam video membuat pembelajaran jauh lebih interaktif dengan jawaban yang mengarahkan siswa sesuai dengan kemampuan belajarnya. Dengan demikian, siswa benar-benar dapat memilih materi belajar sendiri.

Tujuan fitur ini: Hasil belajar siswa dapat ditingkatkan dengan belajar dengan kecepatan mereka sendiri, memastikan mereka memahami materi sebelum melanjutkan ke bagian berikutnya. Siswa dapat didorong untuk belajar lebih banyak dalam satu sesi dengan membuat pengalaman belajar lebih lancar, berkelanjutan & imersif


Rencana Belajar (Playlist Belajar)
Fitur ini memudahkan user ketika menonton video pembelajaran (atau melakukan materi pembelajaran lainnya), mereka sering terganggu dan harus berhenti belajar di Aplikasi Ruangguru, dan ingin melanjutkan materi tidak dari awal.

Tujuan fitur: Menciptakan kebiasaan yang lebih disiplin bagi pengguna terkait konten apa yang harus mereka pelajari setiap minggu. Memberikan rencana pembelajaran (rekomendasi playlist) kepada pengguna sesuai dengan kebutuhannya dan sesuai dengan timeline atau agenda di sekolah serta untuk memberikan cara yang lebih mudah bagi pengguna untuk melanjutkan dan menyimpan misi untuk belajar nanti 


Subtitle Video
Berdasarkan tolok ukur untuk aplikasi pembelajaran global (khususnya pada konten yang telah direkam sebelumnya), transkrip adalah salah satu fitur yang berharga untuk membantu pembelajaran.

Tujuan fitur: Transkrip dapat membantu siswa untuk merekam video pembelajaran mereka lebih banyak kata demi kata. Mereka kemudian dapat melihat konten secara mendetail selama menonton video, memastikan mereka memahaminya dan tidak melewatkan poin penting.


Lagi ada diskon gede-gedean


Fitur Pencarian
Fungsi pencarian sebagai fitur untuk pengguna yang sudah tahu apa yang harus dipelajari di aplikasi, tetapi membutuhkan cara tercepat untuk menemukan materi pembelajaran.

Tujuan fitur: Menemukan materi belajar secara lebih cepat


Pet Mission
Misi hewan peliharaan adalah daftar misi harian yang disediakan di halaman evolusi hewan peliharaan. Jika pengguna menyelesaikan 4 misi dalam seminggu, mereka akan diberikan 1 batu evolusi hewan peliharaan.

Tujuan fitur: Fitur Ruangguru Pet telah terbukti sebagai salah satu fitur yang dapat mendorong pengguna yang suka bermain game online menjadi lebih semangat belajar


Tes Minat Bakat
Tes minat merupakan tes psikologi dalam bentuk tes RIASEC. 

Tujuan fitur: Tes ini yang bertujuan untuk membantu memperkirakan karier yang sesuai dengan diri.
Tes bakat mengukur kemampuan deduktif, aritmatika, spasial, induktif. Dan reasoning. Hasil dari tes minat bakat adalah jurusan-jurusan sesuai minat kamu yang ditunjang oleh bakat yang kamu miliki.


Yang bikin saya juga tertarik adalah tes minat bakat. Biasanya anak SMA masih galau dan bingung untuk melanjutkan kuliah ke jurusan apa. Dengan Tes Minat Bakat ini jadi bisa lebih jelas ke mana arah tujuan hidupnya untuk masa depan.


Semoga Bermanfaat


Alia Fathiyah

24 comments

  1. Benar-benar bisa meringankan dan membantu orang tua masa kini, ya.

    Karena ruangbelajar, dan aneka produk Ruangguru mengembangkan berbagai layanan belajar berbasis teknologi, termasuk layanan kelas virtual, platform ujian online, video belajar berlangganan, marketplace les privat, serta konten-konten pendidikan lainnya yang bisa diakses melalui web dan aplikasi.

    ReplyDelete
  2. Nah iya, banyak juga yang sudah SMA kelas 12, masih bingung mau kuliah jurusan apa, sangat membantu nih tes minat bakat di Ruang Guru ini. Belajar online di Ruangbelajar by Ruangguru selama PJJ ini pastinya juga akan membantu anak memahami materi pelajaran sekolah yang diberikan.

    ReplyDelete
  3. PJJ ni emang bikin emak mumet ya mbak. Menurutku ga efek banget. Untunglah ada aplikasi ruangguru yg sangat membantu ya. Kayanya cocok banget buat anakku yg cara belajarnya visual banget. Kalo liat video2 gini pasti membantu pemahamannya. Thanks infonya mbak

    ReplyDelete
  4. Dua anak rentangnya jauh banget ya Mbak. Alhamdulillah dengan Ruangguru, kita terbantu ya, Mbak. Saya barusan beli paket setahun, alhamdulillah ada diskon Ruangbelajar buat si tengah yang tahun depan in syaa Allah masuk SMA, semoga bisa masuk SMA incaran kami.

    ReplyDelete
  5. banyak memang ya mba yang sudah menggunakan fasilitas belajar ini dan sangat terbantu ya mba. Ada kelas yang berbahasa Inggris ngga ya?

    ReplyDelete
  6. Aplikasi belajar online seperti ini jelas sangat membantu para orangtua yang tugasnya dobel ya. Saya pun jadi sadar ternyata menjadi guru itu tidak mudah

    ReplyDelete
  7. Ruang Belajar pasti membantu banget nih buat tambahan belajar anak selama PJJ. Dengan segala keunggulannya anak-anak jadi betah belajar dan tentu saja hasilnya ntar jadi bagus ya akademisnya.

    ReplyDelete
  8. Fitur-fitur di Ruangbelajar by Ruangguru keren-keren, deh. Tersedia subtitle untuk video, cocok buat penyandang disabilitas. Ada tes minat bakat juga, jadi anak dan orang tua bisa tahu kemampuan seperti apa yang dimiliki anak.

    ReplyDelete
  9. Wah semangat mba kedua anaknya sama2 daring ya belajarnya semoga lancar terus dan baru tahu kalau di pesantren masih oofline yah jadi pasti ada adaptasi ya mba anaknya ke SMA umum

    ReplyDelete
  10. wow keren nih fitur-fiturnya ruangguru benar-benar inovatif dan pastinya membuat anak semangat belajar

    ReplyDelete
  11. waaah semakin semangat belajar dirumah nih :D

    ReplyDelete
  12. aku sangat excited dengan fitur fitur baru dari Ruangbelajar by Ruangguru ini ya mbak
    semakin membantu belajar di rumah
    anakku paling suka fitur pet mission

    ReplyDelete
  13. Wah mantap yaa ruangguru. Semakin mempermudah anak-anak belajar di masa pandemi ini. Fitur dan programnya juga selalu update yaa.. mantul

    ReplyDelete
  14. Anakku yang SD kelas 5 udah daftar Ruangguru nih, mudah-mudahan belajarnya makin maksimal apalagi saya mengalami kesulitan ngajarin Aisha yang kurikulumnya Tematik

    ReplyDelete
  15. Adanya Tes Minat Bakat ini mengingatkanku pada di sekolah beneran yaa..
    Ini akan sangat membantu sekali, terutama bagi anak-anak yang masih bingung ingin ke penjurusan apa seetlah lulus nanti. Kalau bakat dan minatnya banyak, bisa dibantu psikolog untuk merumuskannya.

    ReplyDelete
  16. Waduh mbak, kebayang pusingnya, ada dua orang anak yang harus ditemani belajar daring... Saya aja baru satu, tapi suka bertanduk, hehehe...
    Untung ada ruangbelajar ya...

    ReplyDelete
  17. Wah, sepertinya ruang guru ini makin banyak peminatnya deh. Ini sudah beberapa kali baca blog yang ngereview ruang guru dan pada umumnya puas dengan aplikasi belajar ini. Alhamdulillah ya ada karya anak bangsa yang disukai oleh anak Indonesia.

    ReplyDelete
  18. fitur adapto ini bagus ya di ruangguru. jadi tambah menguatkan bahwa pilihan belajar di sini tuh beneran gak salah pilih gitu. makin bagus saja pelayanan ruang guru setelah hadirnya adapto ini yaa

    ReplyDelete
  19. nah ini aku tadi sempet ambil langganan buat 2 anakku. lumayan banget dapet harga dibawah yg ditampilkan ini mbak. jd emang diinfo by wa gitu. mayan

    ReplyDelete
  20. Setujuuu emang penting banget ya mak, meningkatkan imunitas di saay oandemi giniii. Aku pernah cobain ruang guru juga nih mak, fiturnya oke yaaa

    ReplyDelete
  21. Alhamdulillah fitur Ruang belajar makin keren dan berubah jadi lebih baik. Contoh-contoh video juga menyenangkan dan mudah dipahami.

    ReplyDelete
  22. Makin banyak fitur menarik yang bakalan bantu anak-anak untuk mengembangkan pengetahuan. Memang sih, kalau mengandalkan penyampaian dari sekolah yang hanya sebentar aja dan tidak bertatap muka dengan guru, kayaknya kurang deh. Pas banget kalau ada ruangguru untuk mendampingi saat-saat belajar anak kita.

    ReplyDelete
  23. Sama kayak saya mbak... kurang sabaran hahaha... luar bisa 2 anak langsung masuk step baru, semoga stok sabar nggak cepet abis ya mbak. Keren sekali program RG ini fitur-fiturnya lengkap.

    ReplyDelete
  24. menarik nih, di ruangbelajar ada fitur tes minat bakat juga. Tentunya sangat membantu untuk mengidentifikasi minat dan bakat anak sehingga orang tua bisa mengarahkan anak sesuai minatnya

    ReplyDelete

Alsya Communications

Alsya Communications
Media Consultant untuk press conference, media gathering dan press release. Tim kami terdiri dari para mantan wartawan sehingga memudahkan untuk interaksi dengan media di Indonesia, baik media cetak, media online, atau blogger.