Tempat Favorit untuk Berbuka Puasa



Assalamualaikum,

Tempat buka puasa favorit? Kalau ditanya itu saya bingung. Apa ya, buat saya sama semua nggak ada yang spesial. Hanyaaaaa tiap Ramadan saya ada ritual bersama keluarga nih, apakah itu? Buka puasa di masjid!

Baca:
- Makanan Berbuka Puasa yang harus ada tiap Tahun
- Pengalaman Beribadah Umrah Kedua Kalinya
- Pengalaman Belanja Murah di Madinah dan Mekkah, di Sela-sela Umrah
Jadi ritual ini sudah berjalan sekitar 3-4 tahun. Dan biasanya dimulai pas pertengahan Ramadan, itu juga pas weekend ketika si paksu nggak kerja. Awalnya, iseng saya menawarkan ke paksu dan anak-anak untuk mencoba buka puasa di masjid. Sekaligus, ingin memberikan gambaran langsung si ke anak-anak, begini lho buka puasa ramai-ramai, makanan seadanya, bisa barengan dengan orang lain yang nggak kita kenal tapi saudara dalam seiman.

Taukan kalau buka puasa di masjid itu makanan rebutan dan apa adanya, tapi justru itu yang bikin kangen.

Jadi saya dan keluarga memilih masjid yang agak besar karena memang masjid besar itu yang menyediakan takjil dan buka puasa. Lantara rumah di kawasan Gading Serpong, masjid inceran kita tiap tahun adalah Masjid Asy Syaarif BSD, yang masuk kawasan sekolah Al Azhar. Lalu Masjid Asmaul Husna di Gading Serpong, pernah mau coba ke Islamic Karawaci tapi ternyata kosong, lalu kita mencoba ke masjid Raya Sektor 9 Bintaro.

Paling seputar itu aja sih.

Masjid Asy Syaarif BSD
Menjelang berbuka, biasanya tajil sudah disediakan di tengah jalan memanjang, di atas karpet. Ada kolak, teh manis, kurma, kadang kue dan gorengan. Jadi jamaah yang ingin berbuka tinggal duduk aja di depan makanan itu.

Selesai makan takjil, sholat maghrib berjamaah lalu makan berat di bagian bawah masjid. Dibedakan untuk laki dan perempuan, jadi mengantri. Makanannya enak dan lengkap, nasi, ayam, sayur, sambel, kerupuk.

Masjid Asmaul Husna, Gading Serpong

Nah, kalau di sini kita ambil sendiri ke meja yang telah disediakan. Ada teh, es buah, gorengan, kurma dan kue. Di masjid ini tanpa makanan berat. Itu juga udah happy banget, Alhamdulillah

Masjid Raya Bintaro Sektor 9
Ini masjidnya besar dan luas. Saya ke sana pas di akhir Ramadan jadi banyak jamaah yang menginap untuk itikaf. Tempatnya enak untuk itikaf, ber AC, ada tempat menaruh tas koper segala, untuk tidur dan beribadah.

Jadi kita datang untuk berbuka, sudah diarahkan untuk mengambil satu plastik isinya air mineral, gorengan, dan kurma. Kalau mau makan berat adalagi tempat yang berbeda. Lantaran ramai, saya pernah tuh keabisan makanan.

Nggak hilang akal, di bagian belakang masjid dekat parkiran motor banyak yang berjualan. Makanannya enak, murah dan porsinya banyak juga banyak pilihan.

Insya Allah tahun ini, akan dilakukan lagi. Tapi sepertinya menunggu anak si tengah pulang dari pondok. Kayaknya ada yang berbeda kalau nggak semuanya ikut.

So.. dimana tempat favorit kamu berbuka?

Semoga Bermanfaat, Wassalam

AAL

37 comments

  1. Wah iya, aku jadi inget pernah mampir ke mesjid Darussalam di Kota Wisata Cibubur utk buka puasa. Rupanya bukan hanya kurma dan air mineral, di lantai juga sudah disediakan es buah atau k
    kolak. Makan berat dibagikan habis sholat maghrib. Wah senang sekali bisa makan bareng saudara seiman ya.

    Baca tulisan ini jadi kangen mau buka puasa di masjid lain lagi deh sama keluarga

    ReplyDelete
  2. Pastinya di bulan ramadan ini di masjid banyak acara yang bermanfaat ya, dari buka puasa bersama, kajian dan sholat terawih bersama. Kalau aku masih di rumah, yang menjadi favorit waktu buka.

    ReplyDelete
  3. aku belum pernah buka puasa di mesjid. paling gantian nyumbang takjil aja bareng ibu2 komplek buat jamaah yg mau bukber di mesjid. abis naro takjil, pulang ke rumah buat buka puasa :)

    ReplyDelete
  4. Saya suka, saya suka buka puasa di masjid, gak repot nyiapin buka puasa di rumah. Tapi, yang pasti ke masjid nih suami. Alhamdulillah indahnya ramadhan

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe iyaa karena perempuan gak wajib ke masjid ya

      Delete
  5. Alhamdulillah pas buka puasa di Mesjid banyak yang berbagi berkah ya. Pahalanya gede sih

    ReplyDelete
  6. di mesjid mesjid sini juga sama mba menyediakan takjil untuk berbuka, jadi gak khawatir kalau kesorean di jalan, indahnya ramadhan

    ReplyDelete
  7. Kak Al ini mesjid Raya bintaro yang deket Maleo itu bukan sih? Sering lewatin banyak pengajian juga disana tapi belum sempet2 masuk hehe.

    ReplyDelete
  8. Wah belum pernah bukber ke Serpong sih, tapi memang disekitaran Masjid selalu ada yang jual makanan

    ReplyDelete
  9. Aku sih di rumah yang jd tempat favorit. Tapi boleh juga neh kapan2 bukber di listing tempat diatas, pasti banyak makanan enak.

    ReplyDelete
  10. Paling suka ifthor di rumah, keceriaan bersama keluarga jadi prioritasku..

    ReplyDelete
  11. Daku sih paling suka berbuka di rumah

    ReplyDelete
  12. Favorit saya berbuka itu di rumah. Kecuali pas di jalan dan waktu buka sudah tiba, saya cari masjid, Mbak.

    Tapi pas masih kecil dan tinggal di Makassar, sering buka di masjid. Soalnya seru bareng teman-teman hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, di masjid memang sengaja disediakan untuk musafir

      Delete
  13. Karena Saya non Muslim ya bukber bersama kawanlah pilihannya. Biasanya potluck

    ReplyDelete
  14. Diantara tiga masjid di atas masjid Raya Bintaro saja saya belum masuk ke dalamnya. Dua mesjid yang disebutkan terdahulu, arsitekturnya kece-kece. Suka motret juga aku di sana 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya malah gak tau mbak masjid di bintaro di mana lagi, kayaknya bagus2 ya

      Delete
  15. Tempat favorit saya masih di rumah, Mbak. Kalau Ramadan biasanya saya suka banyak mager. Malas ke mana-mana :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, di rumah lebih bebas ya, ibadah juga tepat waktu

      Delete
  16. Rata-rata wilayah Tangsel ya Mba.
    Takjil berbuka di masjid2 cukup membantu masyarakat terlebih bagi yg masih terjebak di jalan

    ReplyDelete
  17. Paling suka kalau bukber di mesjid, setelah berbuka langsung bisa shalat dulu biar tenang. Beberapa kali ikut bukber di tempat yang mesjidnya kecil cape di antrian karena ga muat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. masjid besar enak mas, pas solat sekalian jamaah

      Delete
  18. ini daerah tangerang semua ya kak? aku jarang banget buka puasa di masjid gitu hihi

    ReplyDelete