Royas Amri Bestian, Pencipta Logo SandiUno


Pasti pada kepo dengan penampilan Bang Sandiaga Uno sekarang ini, terutama buat para emak yang suka stalking Instagram calon RI 2 itu. Nyaris di semua postingan fotonya, Bang Sandi mengenakan kaos berkerah berwarna biru dengan logo miliknya di sebelah kanan. Logo itu terlihat unik, huruf U yang berjumlah dua, lalu digabung dari atas dan dari bawah sehingga jika dilihat sekilas terlihat seperti huruf S. Dan di sebelah logo ada nama SandiUno.

Adakah yang penasaran, siapa sih pencipta logo tersebut. Tenang, saya punya infonya A 1.  Nih dibaca ya..



Royas Amri Bestian, Pencipta Logo SandiUno

Foto: Pribadi

Adalah Royas Amri Bestian, pemilik perusahaan kreatif Sign Design. Yup! Pria kelahiran 1982 itu bercerita bagaimana dia mencari ide yang tak biasa untuk seorang Sandiaga Uno. Royas mengatakan dia ingin logo tersebut bersifat global sebagai brand dari Bang Sandi.

Royas berpatokan dari para brand besar yang mendunia sekarang ini seperti Adidas, Disney, Mercedes dan Honda, lantaran semua brand tersebut berawal dari nama seseorang, tapi kini dikenal sebagai sebuah brand ekslusif dari berbagai produk.

"Saya mencoba memikirkan sebuah konsep dengan bentuk yang unik. Saya cuma kepikiran nama Sandiuno," kata Royas ketika berbincang kepada saya belum lama ini.

Menurutnya, jika hanya inisial S saja itu sudah biasa, sudah banyak yang menggunakannya, dan Royas sangat menghindari hal yang berbau mainstream. Ayah dari dua anak ini ingin memberikan logo yang khas, sehingga jika orang yang melihat sudah langsung ngeh kalau itu ciri khas  Bang Sandi.

Desain brand SandiUno ini, kata Royas, membawa filosofi keseimbangan. Konsep "Ultimate U" adalah dasar pemikiran untuk menciptakan bentuk logogram yang unik membentuk visualisasi huruf "S".

Selain itu, pertimbangan Royas memakai dua huruf U sehingga terlihat seperti S itu, kelak nantinya bisa dipakai sebagai sebuan brand fashion, sehingga ada nilai estetikanya. Bentuk logogram yang unik akan memberikan keuntungan dalam pembangunan brand di masa depan. Terbukti, Bang Sandi telah meluncurkan sebuah sepatu yang memakai logo buatan Royas, yakni SandiUno Running Shoes. Ke depannya, Royas berharap, logo tersebut bisa dipakai Sandiaga untuk produk lainnya.

Foto: Instagram Bang Sandi
Sebelum mengajukan logo yang sekarang dipakai Bang Sandi,  Royas membuat beberapa alternatif. Royas membuat tiga logo pendamping, jejaga jika Pak Sandiaga tidak tertarik dengan logo jagoannya. Meski logo hanya pendamping, Royas mengaku mengerjakan 3 logo tersebut dengan serius. Tapi idenya ternyata dierima oleh Bang Sandi yang memilih logo jagoan ciptaan Royas.

"Saya mencoba melihat dari karakter Pak Sandi, saya melihat dan membaca dari media seperti apa Pak Sandi itu. Jadilah logo yang sekarang dia gunakan," katanya.

Pria lulusan Institute Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya itu makin bangga ketika bertemu Bang Sandi yang memuji hasil karyanya. "Kata dia keren dan bagus," ucap Royas tertawa.

Baca Juga:
Ada yang PHP, Ada yang Bikin Ngakak, Ini Serba Serbi Meeting
Mau bisnis tapi nggak ada modal? Gampang ikuti Tips dari Futri Zulya Ini
Wahana Jejak Nutris, Ajak Anak Berimajinasi Sekaligus Bermain

Lalu siapa si Royas itu? Wait..

Profil Royas Amri Bestian


Sejak kecil Royas Amri Bestian hobi menggambar dan bermain video game, itu menjadi bekal kemampuannya menciptakan komik sejak masih duduk di bangku SMP. Bersama keluarganya, bungsu dari empat bersaudara ini juga merintis usaha pembuatan kaos dengan desain unik yang mengangkat ciri khan daerah asalnya, Madura.

Tamat dari Jurusan Desain Grafis Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya, pria yang lulus dengan predikat terbaik di kelasnya ini pun bergabung dengan kedua kakaknya mendirikan SignDesign Communications (SDC), sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jasa desain dan komunikasi visual di Jakarta. Bersama anggota tim—yang dijulukinya “Pekerja Otak Kanan”, Royas telah menggarap puluhan proyek desain prestisius dari dalam dan luar negeri.

Berkat dedikasi dan inovasinya di dunia desain dan jasa komunikasi visual, mereka sukses meraih berbagai klien kakap, bahkan dari luar negeri. Salah satu karya komik mereka bahkan sukses merebut penghargaan internasional.

Ketika SMU, Royas membuat komik “underground” bersama kedua kakaknya yang sudah berstatus mahasiswa, Riga Azhar Firdauzi dan Ogie Urvil R.A. Salah satu komik yang mereka ciptakan berjudul Miskun Gankster Panutant. Ketiganya kemudian membentuk RIROGI Comic, singkatan dari Riga-Royas-Ogle, dan bergabung ke dalam komunitas komik “Karpet Biru”. “Bergaul dengan sesama komikus membuat saya kian tertantang meningkatkan keahlian menggambar,” kata Royas.

Selanjutnya, RIROGI Comic banyak memproduksi komik menjadi Jutawan dengan Otak Kanan untuk sebuah majalah game yang terbit dua minggu sekali. Komik yang dibuat adalah komik “plesetan” video game populer, seperti Mortal Combat, yang dipelesetkan menjadi Mortal Kontet karena karakternya bertubuh pendek dan cerita yang lucu. Ada juga Virtua Fighter yang dipelesetkan menjadi Virtua Keder. Mereka juga membuat komik panjang bersambung dan mengirimkannya ke sebuah tabloid anak-anak.


Pada 2014  karya Royas yang karakter lokal Indonesia  "Salim & Silmy" memenangkan ajang ASEAN Character Design Award, yang acara pemberian hadiahnya dilakukan bersamaan dengan event Tokyo Game Show 2014 di Jepang.

Royas juga mendalami desain dan menyelesaikan studi S2 desain, bergelar M.Sn dari IDS - Institut kesenian Jakarta. Royas juga beberapa kali menjadi mentor dan pengajar di beberapa seminar.

Kini karya Royas yang paling prestisius adalah membuat logo SandiUno yang bakal menjadi RI2 tahun depan itu.

Baca:
 5 Makanan Seru ala Italia di Iceberg Pizza and Gelato Cikini
Resik V Manjakani, Cara Cepat Memutihkan Daerah Kewanitaan
- Pengalaman Berobat Tumor di Dr Paulus W Halim BSD City

Instagram : @royasamri
Note: Foto-foto milik Royas

Alia Fathiyah


7 comments

  1. Bakal menjadi RI2 tahun depan, optimis wkwkwk. Keren banget kalo jago desain yaa dibayar mahal pasti itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahha kan bakal mi, keputusannya tahun depan 😁😀

      Delete
  2. Wow keren... semoga ketika pak Sandi jadi wapres, beliau tidak melupakan jasa pembuat logonya.

    ReplyDelete
  3. Ya ampun, sederhana tapi simple dan keren itu, pantaslah dipilih bang sandi.. keren deh selalu ingin memajukan dan bangga pada produk dalam negeri.. good luck fo everyone

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaya simple tapi ngena, gak kalah keren sama logo brand internasional

      Delete
  4. Logonya sederhana keren. Kalau sekilas tidak akan ngeh SU itu sebuah logo

    ReplyDelete