Wahana Jejak Nutrisi, Ajak Anak Berimajinasi Sekaligus Bermain


Si Kecil bisa bertumbuh kembang dengan lebih optimal dengan aktif bergerak sehingga anak bukan hanya akan tumbuh sehat, tetapi juga memiliki kehidupan sosial yang lebih baik. Mirisnya, banyak orang tua yang memberikan anak gadget sebagai sebuah perangkat wajib daripada menemani anak melakukan aktivitas di luar ruangan.

Baca:
Papsmear di YKI Lebak Bulus Bisa Pakai BPJS
Sempat Menolak Anak Nyantri, Akhirnya Anak Masuk Pesantren
Ke Semarang, Pengalaman Pertama Kali Naik Kereta Api dengan Anak Balita


Dari sebuah survei mengungkapkan bahwa anak berusia 8 tahun ke bawah rata-rata menggunakan perangkat dengan layar selama 2 jam 19 menit per hari. Fakta ini cukup mengejutkan sebenarnya, jika di lihat dari efek samping yang bisa diterima sang anak.

Sebenarnya banyak kegiatan yang bisa dilakukan orang tua dan anak secara bersamaan. Selain bisa mmeberikan keterikatan emosional, kegiatan bersama kedua orang tua bisa memberikan rasa aman ke anak sehingga bisa terhindar dari pengaruh negatif dari luar.

Taman Pintar Yogyakarta
Pada 14 September 2018, saya diundang oleh Sarihusada untuk menghadiri Media Visit Wahana Jejak Nutrisi yang dipersembahkanSarihusada melalui salah satu produknya SGM Eksplor.
Wahana tersebut ada di Taman Pintar (Tampin) di Yogyakarta, dan jujur ini pertama kalinya saya mengunjungi Tampin. Wisata  edukasi yang banyak memberikan informasi dan pencerahan belajar ilmu dan teknologi.


Pintu Masuk Taman Pintar

Pertama masuk saya sudah disambut dengan bentuk nuansa modern dan tradisional yang mempunyai keindahan tersendiri. Air mancur yang dibuat seperti lorong yang diujungnya ada tugu tertulis Taman Pintar. Tempat ini bagian yang paling banyak dijadikan ajang foto.

Konon tempat ini terinspirasi dari berdirinya pusat peragaan iptek yang sudah ada sebelumnya yang berlokasi di Taman Mini Indonesia Indah Jakarta. Masuknya murah, hanya membeli tiket Rp 35 ribu kita bisa mencoba semua wahana serta menyerap ilmu.


Wahana Jejak Nutrisi
Nah, ini wahana baru yang dipersembahkan Sarihusada untuk anak Indonesia yang ingin mengasah 5 potensi prestasi anak, yaitu

1. Tumbuh tinggi dan kuat.
2. Percaya diri.
3. Cerdas Kreatif.
4. Mandiri.
5. Supel.

Berada di lantai 2, Wahana Jejak Nutrisi ini menyerupai pabrik susu Sarihusada dibuat untuk memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk mendapat gambaran mengenai proses pembuatan susu SGM Eksplor yang didasari dengan riset ilmiah panjang dan teknologi kekinian.

Selain melihat cara membuat susu, anak akan diajak untuk melakukan permainan interaktif. Saya yang udah dewasa saja ketika melewati serangkaian permainan itu merasa senang dan terhibur, apalagi anak-anak. Ketika masuk sudah ada layar lebar , yaitu anak 'pura-pura' nya memakai baju lab. Lalu lorong untuk menandakan sudah steril dan barulah bertemu dengan beberapa mesin proses pembuatan susu.

Proses ini seperti simulasi sterilisasi susu sapi, pengecekan standar higienitas saat masuk pabrik, meramu bahan baku produk hingga proses packing. Selain permainan, tentunya ini bia mengasah imajinasi anak sehingga bisa mengembangkan 5 potentsi prestasi anak generasi maju.
Yuk kita lihat secara rinci wahana apa aja:


1. Miking Cow Simulation
Wahana ini menstimulasi kecerdasan lewat memperluas wawasan tentang proses memerah susu sapi. Anak juga jadi mengenal warna berbagai bentuk benda, jenis sayur, jenis buah dan berbagai jenis protein.


2. Sterillization Simulation:
Saat menggerakkan tuas tangan, aspek tumbuh tinggi dan kuat jadi terasah. Si anak juga belajar kemandirian lantaran harus melakukannya tanpa bantuan. kecerdasanya juga terstimulasi, lewat peningkatan wawasan tentang pentingnya proses stimulasi.

3. Pop Suit Mania
Nah di sini imajinasi si anak diasah untuk mengajaknya menggunakan jas lab. Dia jadi lebih supel saat antri dan mengajak teman-temanya bermain wahana bersama


4. Mix City Game
Si anak diajak memperluas wawasan tentang elemen nutrisi dan kandungan gula. Kreativitasnya juga terasah karena perlu memikirkan beberapa alternatif untuk dapat menjalankan. Kalau berhasil dia tentu menjadi semakin percaya diri.


5.Countries Collaboration Video
Di sini si anak akan belajar bahasa yang bisa meningkatkan kecerdasan. Di sini anak akan memilih apakah memakai bahasa Indonesa, Bahasa Inggris atau Belanda. Dari sini menunjukkan jika proses pembuatan susu Sarihusada ini dibuat melalui penelitin yang detil serta melibatkan tiga negara.

6. Pack Hero
Di sini si anak bersama teman-temannya melakukan bersama menginjakkan kakinya untuk proses packing. Kegiatan ini mengasah aspek tumbuh tinggi dan kuat.


7. Milk Production Process Steps:
Memutar tuas tangan akan meningkatkan aspek tumbuh tinggi dan kuat. wawasan tentang proses produksi susu dari awal sampai akhir akan meningkatkan kecerdasan. Rasa percaya diri dan kemandiriannya juga meningkat saat dia melakukannya sendiri.

"Wahana Jejak Nutrisi merupakan dukungan terbaru oleh SGM Eksplor kepada pengunjung Taman Pintar, setelah sejak lama kami turut serta memberikan dukungan melalui pembuaan dan pengelolaan PAUD serta wahana lain," kata Talitha Andini Prameswari, Digital Community &Social Project Manager Danone ELN Indonesia.


Sooo..kalau ke Yogyakarta jangan lupa mampir ke Taman Pintar dan berkunjung ke Wahana Jejak Nutrisi. Dijamin menyenangkan.

Alia Fathiyah

3 comments

  1. Waah, ini wahana permanen di taman pintar atau untuk event aja kak?

    ReplyDelete
  2. Waah cuma di jogja aja ya bun?

    ReplyDelete