CARI AIR MINUM GRATIS DI SINGAPURA


Baru beberapa hari lalu pulang dari Singapura, berasa banget air minum itu penting di tengah panasnya cuaca di Singapura. Menurut gue, lebih panas Singapura dibanding Jakarta.

Baca: Traveling Anti Mainstream ke Lombok

Kalau di Jakarta beli air mineral gampang banget, bertebaran warung-warung dipinggir jalan. Harganya pun terbilang murah, ada yang 3000, 4000 malah air mineral merk gak beken bisa cuma seribu. Lalu berapa air mineral di Singapura sebotol yang ukuran 600 ml?

Hohohohoho, you know lah, nilai dolar Singapura sekarang terbilang gede. Nyaris menyamai dolar Australia. Kaget juga pas nuker dolar Singapura udah di angka 10500. Pada 2010 gue ke negri Singa itu belum nyampe 7000.

So, lumayan kan irit Rp 10500 kalau bawa botol sendiri, mending uangnya bisa untuk naik MRT atau nambahin jajan bahkan bisa berlebih kalau beli es krim roti di Orchard Road atau juice di Bugis Junction yang cuma 1 SGD.

Jadi kalau lagi hoki bisa tuh dapet 1 SGD sebotol air mineral di Singapura. Tapi kalau tempat lain, kayak Sevel bisa 1,80 SGD.

So, daripada beli dengan harga mahal, gue mengakalinya dengan membawa botol dari rumah dalam keadaan kosong. Atau bekas botol air mineral di hotel gue bawa, pas ketemu tempat air minum, langsung deh diisi.



Tulisan ini untuk orang-orang yang baru pertama kali ke Singapura ya, yang udah bolak balik mah udah khatam kali soal beginian.

Dari pengalaman gue kemarin, tempat di mana aja sih ada pengisian air minum gratis?

1. Bandara ChangiIni mah nggak diragukan lagi. Salah satu bandara terbaik di dunia itu (pas gue landing di Soeta, gue tutup mata deh, ngilu kalau ngebandinginnya, hahahah), ada beberapa titik untuk minum gratis, biasanya dekat toilet.


Kalau pas landing di Changi, jangan keburu terpesona dengan keindahan bandaranya. Kayak gue, landing di Terminal 4 Changi yang baru aja dibuka akhir tahun 2017, gue takjub banget sampai lupa isi air minum. Alhasil, secara pergi bareng anak yang nggak bisa menahan haus. Si bontot malah tereak-tereak di MRT, "mau minum..mau minum!!." untung di MRT kebanyakan orang India sama China, jadi mereka cuek aja anak gue jejeritan haus, nggak ngerti jugakan hahahaha.

Oiya, preparing itu botol taronya di ransel yang dibawa ke kabin, kalau taro di koper bakal ribet karena harus ambil bagasi dulu.

2.  Mal di Orchard Road
Ini juga gue temukan secara nggak sengaja. Tau dong Orchard Road dikelilingi gedung-gedung mal yang isinya barang branded yang mewah. Kalau di Jakarta mal-mal itu mirip Senayan City, Plaza Senayan, Grand Indonesia, Plaza Indonesia, dan Pacific Place.


Jadi waktu itu gue kebelet pipis abis beli es krim roti yang nge-hits itu di Orchard Road. Masuklah gue ke malnya, di samping toilet ada tempat untuk bayi bersih-bersih, nah ada tuh dispenser nangkring di situ. Ssstt...kalau ada petugasnya belagak aja berdiri dekat situ sambil telponan. Kalau petugasnya pergi, baru deh diisi air botolnya.

Masjid Sultan

3. Mesjid Sultan di Arab Street
Ini mesjid kece banget, nanti gue tulis khusus ya, abis gue suka. Nah di pintu masuk dekat tangga ada dispenser yang bisa di minum.

Siloso Beach

4. Siloso Beach, Sentosa Island
Lokasinya dekat toilet. Kalau di bagian perempuan ada di dalam Baby Room, bentuknya dispenser. Kalau di toilet laki bentuknya kayak kran minum yang biasa ditemui.

5. National Library Singapore
Ini gede banget perpustakaanya. Secara gue nginep daerah situ, tempatnya enak, kayak mal. Cari aja dekat toilet.

6. Universal Studio
Dari yang gue brosing, katanya ada di Universal Studio Sentosa Island. Kemarin gue cari dekat toilet nggak ada. Alhasil gue beli di Watson, eh ternyata murah cuma 1 SGD botolnya gede (lupa ukurannya nggak lihat).

7. Coffee Bean atau Starbucks
Ada bule backpacker si yang nekat minta air minum gratis tanpa beli kopi, tapi gue nggak ngikutin. Muka gue belom setebel orang bule, kalau kalian mau ikutin silahkan. Pasang aja muka polos gitu, hahahha.

Baca: Belanja Murah di Kuala Lumpur

8. Mustafa Center, Little India
Ini sebenarnya nggak gratis si, ada air minum ukuran 1,5 liter cuma 0,8 sen.

So..happy holiday in Singapura yaaaa

Semoga Bermanfaat

AAL


3 comments

  1. Favoritr nyari air minum selaim di Changi ya di Masjid Sultan. Tapi gak cuma di masjid sultan aja si, hampir semua masjid gede di sg ada tempat refill air minumnya...

    ReplyDelete
  2. Wastafel toilet juga aman aja kl di SG sih. selain botol minum buat minum gratis, jangan lupa bawa mie instan buat emergency siapa tau duit abis kan bisa modal air doang buat makan hehehehe

    ReplyDelete
  3. Minun itu kebutuhan priner sih ya. Nggak minum, ga bisa happy jalan jalannya.

    ReplyDelete