(Review) Film Suicide Squad, Si Gila Harley Quinn Sang Penyelamat



Meskipun banyak kritikan untuk film Suicide Squad, tapi gue nggak perduli, gue suka film ini! Worst heroes ever!!

Film keluaran DC Comics ini 'dipercantik' dengan tembang-tembang hits lawas yang bikin adrenalin ikutan naik, terlebih ketika klimaks. Sebut saja lagu Bohemian Rhapsody milik Queen, Sucker for Pan, Purple Lamborghini dan masih banyak lagi lagu anyar lainnya.

Jika ingin membandingkan film Batman V Superman belum lama ini, tentu Suicide Squade sangat lebih baik. Sang sutradara, David Ayer meskipun dihujani kritik, menurut saya berhasil membawa film ini dari komik  ke layar lebar sebagai tontonan menghibur. Tidak seserius dan 'sejaim' BvS lalu.
Dan jangan tanya saya untuk membandingkan film ini dengan komiknya. Sorry to say, saya kurang suka baca komik. Untuk sebuah tontonan film Suicide Squad pantans menjadi box office dengan jajaran pemain bintang atas yang aktingnya sudah teruji.

Di antara semua karakter, akting Margot Robbie (Harley Quinn) patut diancungi jempol. Margot selama ini selalu diidentikkan dengan karakter wanita cantik yang seksi dan hanya menjadi penggoda. Tapi menjadi Harley, dia ternyata mampu bertarung, tampil jadi wanita gila dan sekaligus menggemaskan karena 'kegilaannya; itu.

Sedangkan Will Smith yang menjadi Deadshot, menurut saya kurang mengena. Smith masih dengan gaya khasnya, celetukan lucu, dengan tatapannya yang jauh dari sangar.


Film ini bercerita dari resahnya pemerintah karena hilangnya Superman dan makin banyaknya kejahatan yang merajalela. seorang perwira intelijen AS, Amanda Waller (Viola Davis) memutuskan untuk merakit sebuah tim yang berbahaya, penjahat super yang berada dipenjara mematikan untuk sebuah misi rahasia. Deadshot, Harley quinn, Captain Boomerang, El Diablo dan Killer Croc.

Sang sutradara, David Arey harus menceritakan satu persatu latar belakang penjahat itu, memang terlihat kebanyakan cast, tapi menurut saya sepadan dengan masing-masing karater yang masuk. Penonton perlu tahu, siapa jagoan mereka yang ada di film.

Amanda yang sadis, memanfaatkan June (Cara Delevigne) seorang arkeolog muda yang tubuhnya telah dikuasai oleh penyihir kuno sebagai Echantress. Lalu, apa peran Joker di film ini? Sayangnya, Joker tidak terlibat misi tersebut. Dia berbuat kejahatan lain yang tidak kalah kejamnya, demi ingin membebaskan kekasih tercintanya, Harley Quinn.

Dari semua penjahat di film tersebut, ternyata sosok Harley yang digambarkan gila dan 'kayak nggak punya otak, karena selalu tertawa lebar, justru menjadi penyelamat di film ini. Bagi saya, di antara semua film keluaran DC yang seringnya digambarkan kelam, serius dan sedikit membosankan, Suicide Squad tampil sebagai tontonan lucu, ceria dan tidak sekejam yang dibayangkan (katanya tidak sekejam di komik).

Yang mengecewakan sedikit adalah, karakter Joker muncul sangat sedikit. Jared Leto (Joker) meski muncul tak banyak, tapi sukses sebagai penjahat yang 'gerecokin' misi pemerintah itu. Dia digambarkan sebagai sosok penjahat yang sedang kasmaran sehingga rela melakukan apapun untuk membekaskan kekasihnya itu. Bahkan, Batman juga dimunculkan ketika harus menangkap Deadhsot dan Harley Quinn.

Intinya, dari semua kisah para penjahat itu, mereka ternyata masih memiliki cinta. Deadshot yang rela dipenjara karena cinta pada anaknya. Harley Quinn yang patah hati begitu melihat pacarnya mati dalam ledakan. El Diablo yang menyesal dan insap karena telah membakar keluarganya lantaran kekuatan api yang dimilikinya. Penjahat sesadis apapun, mereka masih punya cinta dan hati nurani.


AAL

5 comments

  1. Aku bener-bener pengen banget nonton film ini begitu liat trailernya, tapi kayaknya jauh dari kata menegangkan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Filmnya keren banget, gak tegang kok, malah seruu, ada lucunyajugak

      Delete
  2. SQ tanpa harley quin ini bakalan garing ya mak.... apalagi kalo will smith nyukur jenggotnya di tengah film :D :D

    ReplyDelete
  3. Through this post, I know that your good knowledge in playing with all the pieces was very helpful. I notify that this is the first place where I find issues I've been searching for. You have a clever yet attractive way of writing. suicide squad

    ReplyDelete