11 Tahun Setelah Chrisye Pergi, Adakah yang Menggantikan Posisinya


Foto: Google


Siapa yang tak kenal Chrisye. Penyanyi lawas dan seorang legenda di dunia musik. Mendengar suaranya, orang pasti tahu kalau itu Chrisye sedang bernyanyi. Saya termasuk beruntung, bisa bertemu dan wawancara Chrisye di masa hidupnya. Ketika masih menjadi wartawan di Harian Rakyat Merdeka, saya beberapa kali hadir dan wawancara perihal proses kreatif lagu-lagunya.
Saya juga beruntung bisa menyaksikan beberapa konsel Chrisye di Jakarta dengan panggung dan tata suara yang mewah. Yang menjadi ciri khas Chrisye adalah, mau panggung semegah apapun atau semewah apapun, gesture tubuhnya yang kaku tetap saja dia berdiri di satu titik itu sampai lagu selesai. Jika pun berjalan, hanya seputar di depan panggung saja, dan senyum sekilas. Itulah Chrisye, penyanyi apa adanya, nggak neko-neko, pribadi yang tenang, seperti tanpa emosi dan nggak merasa dia seorang legenda musik di Indonesia.

Lagu-lagunya nggak pernah kehilangan kharismanya meski telah 11 tahun Chrisye ‘pergi’, meninggalkan 'warisan' yang  nilainya tak bisa dinilai dengan uang. Sampai sekarang saya masih mendengarkan lagu-lagu Chrisye, terutama ketika menyetir mobil sendiri. Lagu-lagunya dengan lirik yang memesona dan suaranya yang jernih, lumayan bikin adem ketika menyetir di siang hari yang panas. Tau dong, bagaimana lalu lintas Jakarta dengan segala mental pengemudinya di jalan, suara Chrisye bikin menyegarkan hati dan bikin saya jadi nggak nyolot kalau menyetir, Lolss.

Foto: Google