Pengalaman Scaling di The Smile Orthodontic & Aesthetic Dental Clinic BSD

 


Assalamualaikum,

Siapa di sini yang nggak pernah membersihkan karang gigi atau scaling? Duh, penting itu untuk menjaga kebersihan gigi. 

Kesehatan gigi dan mulut adalah hal yang sangat penting karena gigi dan gusi yang rusak dan tidak dirawat akan menyebabkan rasa sakit, gangguan pengunyahan dan dapat mengganggu kesehatan tubuh lainnya. Bila tidak dibersihkan dengan baik maka sisa makanan yang tertinggal digigi akan membentuk koloni bersama bakteri yang disebut plak. Nah plak ini lama kelamaan menjadi karang gigi sehingga bisa menyebabkan gigi berlubang dan peradangan gusi.

Waktunya Scaling

Lantaran pandemi, saya sempat off sementara ke dokter gigi untuk scaling. Sampai klinik gigi buka kembali, saya merawat giginya standar aja, yaitu menggosok gigi 2 kali sehari dan sesekali menggunakan obat kumur.  Ketika pandemi sudah mulai turun, saya pun pernah memberanikan diri datang ke klinik dental untuk scaling. Rasanya nggak enak gitu udah lama nggak scaling, pengen banget merasakan gigi dan mulut menjadi bersih. Tapi Itupun pernah kecewa karena dokternya tidak sesuai yang diharapkan, klinik nya pun kurang memadai. Malah menurut saya dokter dan perawatnya melakukan scaling sekedarnya. Entahlah apa karena takut masih pandemi padahal saya direkomendasi seorang teman.

The Smile Orthodontic & Aesthetic Dental Clinic BSD City



Nah belum lama saya direkomendasi lagi sebuah klinik Dental di kawasan BSD namanya, The Smile Orthodontic & Aesthetic Dental Clinic BSD. Lokasinya tidak jauh dari rumah, Ruko Golden Madrid 2, Jl Letnan Sutopo, RW Mekar Jaya, Kec. Serpong, Tangeran Selatan. Jika ingin mudahnya, lokasi di depan Pasmod BSD.

Dari luar sudah terlihat ruko dengan tulisan berwarna biru The Smile. Membuka pintu langsung disambut dengan ruang yang sejuk, secara saat ini udara sedang panaskan. Kayaknya adem banget, ruangannya rapi, bersih dan wangi. Saya langsung disambut oleh staff yang berada di front office dengan ramah.




Lalu saya diberikan kertas untuk mengisi data diri dan keluhan serta masalah apa yang ada di gigi. Tentu saya memilih scaling dong, niatnya emang scaling geys.

The Smile Dental BSD City

Setelah itu staffnya meminta saya mengganti sepatu dengan sendal yang telah disediakan. Dan mereka juga meminta saya untuk memakai APD, penutup kepala dan saat akan dieksekusi saya memakai kaca mata. Kaca mata ini perlu ketika gigi dibersihkan air yang ada di dalam mulut tidak terkena wajah dann mata. Saya ditangani oleh drg Cymilia yang ramah dan komunikatif.

Pake APD dulu sebelum eksekusi

Menunggunya nggak lama, kalau lama pun, misal ada pasien yang belum selesai nggak masalah karena tempatnya enak, sofanya empuk ada cermin besar pula kita bisa ngaca atau pepotoan. Tapi memang nggak bakal mundur si waktu dari yang dijanjikan karena sebelumnya kita udah booking dulu.

Lalu saya berbaring di ruang periksa kemudian  dokter mulai mengecek gigi saya. "So far semuanya bagus, hanya ini udah lama ya," kata drg Cymilia menunjuk gigi pinggir saya sudah sudah hilang. Heheheh semakin berumur itu gigi tiba-tiba kenapa bisa coplok sendiri, Lol.

Drg Cymilia dengan Suster

Lalu tak lama dokter mulai mengerjakan untuk membersihkan gigi saya dengan alat scaler. Ketika diminta kumur-kumur air nya terihat warna biru, saya menghirup bau nya sepertinya itu obat kumur betadine. Jadi mulut beneran harus dibuat steril dulu ya. Dan saya perhatikan 3 kali mengganti obat kumur yang terakhir berwarna agak kuning dan seperti pasta gigi ketika tercium.

Saya mah manut aja apa yang dokter minta. Rasanya dibikin nyaman sendiri dan Alhamdulillah nggak ada terasa ngilu. Selain menggunakan alat scaler dokter juga menggunakan kuas yang diusapkan ke gigi menggunakan pasta gigi. Jadi gigi beneran dibuat bersih dan wangi.

Sesekali di tengah-tengah pembersihan karang gigi, dokter juga menyodorkan cermin agar pasien bisa melihat kondisi giginya. Dan saya puas ketika melihat gigi saya beneran sudah bersih tak ada lagi plak dan karang gigi yang menempel. Berasa jadi makin pede saat tersenyum dan tertawa. 

Mulailah dilakukan scaling


Setelah 20 menit, drg Cymala pun mengatakan kalau proses scaling telah selesai. Lega sekali. 

Kata dokter:

- Scaling itu biasanya dilakukan selama 15-1 jam tergantung dari banyaknya karang gigi.

- Idealnya membersihkan karang gigi itu tiap 6 bulan

-  Menyikat gigi cukup sehari 2 x saja dan kumur-kumur 2 hari satu kali

Harga Scaling di The Smile Dental BSD ini kiasaran Rp400 ribu hingga Rp800 ribu. 

Review Pengalaman Scaling di The Smile Dental BSD City:

Rekomended scaling di Dental Smile BSD City

Puas dengan hasilnya.


 Jika mau saya bandingkan dengan scaling di tempat lain yang pernah saya lakukan, di The Smile Dental ini dokter melakukannya dengan detil. Ini yang saya suka banget. Namanya makanan, dan dikunyah di gigi tentu ada bagian yang luput saat mengosok gigi. Selain itu dokter mengutamakan di luar gigi lebih bersih banget, jadi saay tersenyum dan tertawa gigi terlihat terawat.

Selain detil, dokter juga memberikan hak pasien untuk mengecek lewat cermin. Jadi saat scaling, saya mengecek gigi saya mana yang perlu effort mana yang belum dan mana yang sudah bersih. Dan yang paling penting, dokternya komunikatif dan ramah. Saya bertanya apapun dokternya akan menjawab dengan detil. 


Alhamdulillah gigi jadi lebih sehat dan bersih. So..6 bulan lagi harus scaling yaaa. Harus dirawat sebelum gigi jadi lebih parah dan pengobatannya lebih mahal juga lebih sakit.

Semoga Bermanfaat

Alia F




30 comments

  1. Khas banget ya mbk obat yang berhubungan dengan gigi itu baunya kayak Betadine hehe.. Tempatnya bagus banget, nunggu pasien lama pun tetap ok karena tempatnya nyaman

    ReplyDelete
  2. Thanks for sharing mba Alia. Anakku umur 9 th, cowok, dan uda ngejar2 aku buat ke dokter gigi. Pengen scalling katanya wkwkwk. Gara2 dia kdg lihat video YT ttg scalling, dan menurut dia satisfying.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahah seru banget anak 9 tahun udh aware sama kesehatan gigi

      Delete
  3. Nah, iya aku jadi ingat jadwal perawatan gigi anak nih, hehehe. sudah saatnya ke dokter gigi pas baca tulisan Mba nih. Emang seperti kta Mba nya bahwa kita harus disiplin dan rutin perawatan gigi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anak pasti seneng ke dental kayak gini karena nyaman. Gak bikin anak takut

      Delete
  4. Tempatnya cakep dan bersih ini ya mbak, jadi kalau perawatan pun lebih nyaman karena juga tempatnya bersih. Jadi ingat harus melakukan perawatan gigi juga, scalling nih penting banget.

    ReplyDelete
  5. Penting banget lho rutin scaling itu, mana banyak yang menyepelekan juga kan ya. Minimal 6 bulan sekali yaa makk. Harga scaling di The Smile Dental BSD ini mayan terjangkau kok. Apalagi dokternya komunikatif dan ramah, kita jadi ngga segan buat konsul seputar permasalahan gigi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang paling asik itu ketemu klinik dengan dokter yg welcome, harga ramah kantong dan tempat yg nyaman

      Delete
  6. Baru lihat kliniknya udah auto happy dan pasti ga akan merasa sakit saat tindakan berlaku ya mbak. Bersih, instgramable dan kekinian. Belum lagi perawat dan dokter yang ramah pasti akan menjadi point plus sendiri. Terlebih sebelum tindakan diberikan APD pasien begini yang belum pernah aku lihat di klinik-klinik yang lain lho. Termasuk klinik tempat aku scalling juga, keren sih Smile Orthodontic ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, points yg di atas dapet banget ya sama dental smile ini

      Delete
  7. Aku belum ke dokgi lagi nih mba, iyaya pandemik sempat bikin off ke dokgi. Aku jg bolak balik ke dokgi untuk anak2 aja. Dan untuk diri sendiri malah enggak heheu. Auto bersih dan senyum lebar deh habis scalling. . Scalling di the Smile

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama. Habis pandemi ini baru ke dua kali aku ke dental klinik

      Delete
  8. Aku belum pernah scalling ternyata penting ya untuk membersihkan karang gigi dan plak, mau coba ajak anak-anakku ah scalling... nyaman banget kliniknya ya mba, prosesnya juga teliti banget jadi hasil lebih bersih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Scaling pentin Mak. Dan kita berasa jadi lebih pede karena mulut jadi bersih

      Delete
  9. Baca artikel ini jadi inget suamiku nyuruh scalling juga. Enak ya kalo dokternya ramah dan komunikatif. Plus hasil scallingnya juga memuaskan. Ternyata gak lama ya scalling itu. Tergantung karang giginya yak.

    ReplyDelete
  10. Huah, aku termasuk orang yang masih belum rutin scalling gigi nih mbak. Enak banget kayanya ya scalling di sini, tempatnya terlihat nyaman dan dokternya pun detil saat membersihkan gigi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda banget sama klinik dental yg pernah aku coba sebelum ini

      Delete
  11. Habis scalling nggak cuma nafas terasa segar, tapi mulut rasanya "enteng" ya mbak. karena kotoran yang lama nempel, yang nggak bisa bersih dengan sikat gigi saja, bisa bersih paripurna

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah bener mulut jadi lebih enteng Krn udh bersih

      Delete
  12. Klinik gigi the smile ini nyaman banget ya, Mbak. Kalau udah scalling gigi, terasa banget gigi bersih, senyum makin pede, dan nafas lebih segar.

    ReplyDelete
  13. Biasanya abis scalling tuh side effectnya suka berasa kek bersiih banget dan jadi sensi kalo makan terlalu panas atau dingin. Terlalu manis juga kerasaa ngiiing~
    Tapi kudu banget scalling supaya gigi sehat, berkilau dan bersih. Senyum indah berseri dan gak bau mulut.

    ReplyDelete
  14. Saya terakhir scaling itu sudah beberapa tahun lalu, sudah lama sekali. padahal gigiku sekrang suka bermalasah. Ngilu lah, sakitlah dsb. Harusnya makin rajin bersihkan keramng gigi kan yah biar gigi sehat dan bersih.

    ReplyDelete
  15. Dokter gigi sekarang banyak....buat konsultasi cek ricek 6 bulan sekali boleh gaaa

    ReplyDelete
  16. Kebayang habis scalling auto sumtingah dan pingin senyum terus ya mbk. Selain makin bikin nyaman juga bikin makin PD ya

    ReplyDelete
  17. Reminder nih karena saya memang jadwalnya harus scaling
    Namun perlu kesehatan fisik supaya tidak oleng saat scaling
    Pernah sekali tidak fit eh habis scaling langsung setengah lemas

    ReplyDelete
  18. Wah, jadi inget, mau scaling tertunda muluuu huhu. Senangnya kalau kliniknya senyaman Smile Orthodontic ini, fasilitas lengkap, dokternya pun ramah dan detil.

    ReplyDelete
  19. Kalau habis scalling gigi rasanya linu sedikit tapi gak lama sih ya. Cuma yang paling terasa itu menurutku gigi jadi enteng, seperti terbebas dari noda menahun, hehe. Senyum pun jadi makin lebar dan percaya diri.

    ReplyDelete