Aktifitas Fisik dengan Orang Tua. Mampu Atasi Kecanduan Gadget pada Anak


nina-nugroho
Rizqi Pirmansyah, Tresnawati, Nina Nugroho

Zaman sekarang siapa yang tidak ketergantungan dengan gadget. Nyaris semua aktifitas kita membutuhkan gadget, mulai dari komunikasi, melihat resep masakan, membayar tagihan, bekerja bahkan sepertinya gadget sangat membantu semua kebutuhan.

Ketergantungan dengan gadget itu juga bisa dilihat dari anak-anak. Yang bahkan lebih pintar dari orang tuanya dalam mengakses gadget.

Gadget itu seperti pisau yang memiliki 2 sisi mata pisau. Menghadirkan dampak positif atau negatif, dan untuk anak tentu tergantung dari orang tuanya. Nah, belum lama ini saya datang ke Sharing Solusi Aktifitas Fisik Atasi Anak Kecanduan Gadget, Rabu di CIAS Innovation Space, Graha Zima di JL TB Simatupang , Pasar Rebo Jakarta Timur.Rabu 26 Februari 2020. Acara yang digagasi oleh Fashion desainer modeste Nina Nugroho ini mengajak Rizqi Pirmansyah, seorang pakar Kids Ability Maximizer untuk menjadi pembicara.

Sebelum sharing dimulai, pemilik nama Nina Septiana selaku Fashion Designer CEO & Founder NINA NUGROHO memberikan sambutannya. Beliau sangat antusias menyelenggarakan acara ini yang ditujukan untuk para pelanggan dan peminat produk fashionnya dengan brand Nina Nugroho. Rencananya Sharing Session ini akan diadakan setiap bulan dengan mengangkat tema yang berbeda-beda. Selama tahun 2020 ini akan ada 11 tema yang diangkat.

Sedangkan, Rizqi Pirmansyah bercerita mengenai pengalamannya sebagai pengajar di Mini Basketball of England yaitu alat dan dan aktivitasnya disesuaikan dengan usia. Berbanding terbalik dengan di Indonesia di mana anak dipaksakan menguasai kegiatan olahraga yang berat karena tuntutan harus menang.

"Di Indonesia memang olahraga masih dipolitisasi," katanya.

Rizqi Pirmansyah

Tujuan dari Sharing Solution ini adalah untuk membantu para orangtua dalam memaksimalkan tumbuh kembang anak melalui aktivitas fisik yang menyenangkan agar kebutuhan fisik dan mentalnya terpenuhi. Orangtua menganggap usaha anaknya tidak maksimal dalam hal belajar, bersosialisasi, dan sebagainya. Menurut Rizqi, jika melakukan aktifitas fisik dengan baik, juga memperngaruhi tingkat kecerdasan si anak.

Bagaimana cara memaksimalkan potensi dan tumbuh kembang anak melalui aktivitas fisik?
Tidak banyak orang tua yang ngeh, kalau benda-benda di sekeliling kita bisa dimanfaatkan untuk menemani melakukan aktifitas fisik dengan anak. Seperti botol minuman yang terisi air bisa dibuat permainan dengan anak sehingga motorik anak bekerja. Misal digelindingkan kedua arah.
Atau plastik kresek yang bisa dibuat permainan sebagai topi atau topeng bahkan permainan menangkap angin. “Asal ada kemauan dari orang tuanya untuk menjauhkan anak dari gadget,” tutur Rizqi.

Rizqi juga menyarankan sebelum melakukan aktifitas fisik dengan anak sebaiknya harus mendesain dulu terkait kebutuhan anak. Misalnya membutuhkan permainan fisik agar anak  bisa fokus, bisa dilakukan dengan permainan bola bowling untuk mencapai target bola di depan agar terjatuh.

“Aktifitas ini harus ada unsur fun, bukan supaya anak menjadi jago. Juga jangan bikin tantangan yang nantinya anak jadi kapok,” kata Rizqi.

Kegiatan yang merupakan bentuk kepedulian Nina Nugroho pada kebutuhan wanita bekerja ini digelar setiap bulannya, yaitu setiap Rabu pada minggu ketiga selama tahun 2020. Sepanjang tahun akan ada 11 tema yang berbeda, dengan bahasan yang beragam seputar family, wellness, karir, fesyen dan kecantikan. Kegiatan ini diselenggarakan bekerjasama dengan TTG (TEMPA Trainers Guild) untuk menyediakan pembicara berkualitas sesuai bidangnya masing-masing. Dan ini adalah event pertama kali ini membahas tema ‘Aktifitas Fisik Atasi Anak Kecanduan Gadget’ oleh Rizqi Pirmansyah.


Tentang Nina Nugroho


Nina menggeluti dunia fashion sejak tahun 2010 dengan mendesain dan memproduksi sendiri Label Busana Muslimah miliknya bernama Saniyya. Setelah 7 tahun Ia menekuni dunia fashion muslimah serta menerbitkan dua buku di bidang fashion, Nina akhirnya menemukan kekuatan diri dan ciri khasnya sendiri serta bagaimana ia bisa memberikan kontribusi terbaiknya untuk para wanita muslimah khususnya di bidang fashion.

Nina Nugroho

Di awal tahun 2016, Nina meneguhkan komitmennya sebagai desainer busana muslimah dengan meluncurkan label NINA NUGROHO yang diambil dari nama depannya dan nama keluarga. Sejak itu, busana NINA NUGROHO tampil di berbagai panggung Fashion Show, dalam dan luar negeri, serta menarik perhatian yang besar dari kalangan media dan para pengamat dunia fashion.

Semua koleksi desain NINA NUGROHO terinspirasi dari kebutuhan para wanita muslimah aktif, yaitu para wanita profesional dan pengusaha yang ingin tampil berkelas namun tetap simpel, baik dari tampilan maupun cara mengenakan busananya. Nina sangat memahami kebutuhan mereka karena Nina sendiri adalah seorang wanita muslimah aktif. Dia adalah seorang istri, ibu, desainer, pengusaha, juga pembicara publik.

Itulah sebabnya Nina selalu memilih bahan yang sangat nyaman ketika dikenakan namun tetap mengesankan sifat kuat. Wanita musimah aktif harus tampil terlihat kuat, bukan? Iya, dan karena mereka memiliki banyak aktivitas, maka bahannya jelas harus sangat nyaman dikenakan sepanjang hari.
Sementara dari sisi desain, Nina menghindari desain busana kantor yang formal dan konvensional. Nina ingin setiap wanita muslimah aktif tampil menawan tanpa kesan berlebihan. Nina memilih gaya desain modern klasik yang simpel dan elegan sehingga siapapun yang mengenakan busana NINA NUGROHO akan selalu tampil berkelas, dimanapun dan apapun aktivitasnya.

Tunik by Nina Nugroho

Nina juga sangat memperhatikan proses produksi setiap busana rancangannya, mulai dari pembuatan pola, cutting, hingga finishing. Nina ingin memberikan yang terbaik untuk semua wanita muslimah aktif di Indonesia dan dunia, karena Nina sadar betul bahwa bagi seorang wanita muslimah, memilih untuk aktif berkarya merupakan sebuah tantangan besar. Multiple peran yang dia harus mainkan setiap hari menempatkannya pada posisi yang tidak mudah. Mampu untuk berhasil di semua peran itu merupakan kemenangan yang besar.

Tunik by Nina Nugroho

Busana NINA NUGROHO adalah sebuah penghargaan untuk Anda, seorang wanita muslimah aktif yang senantiasa memberikan yang terbaik untuk keluarga, disaat yang sama menghasilkan kontribusi terbaik dalam fahion Indonesia.

ALIA FATHIYAH

No comments

Alsya Communications

Alsya Communications
Media Consultant untuk press conference, media gathering dan press release. Tim kami terdiri dari para mantan wartawan sehingga memudahkan untuk interaksi dengan media di Indonesia, baik media cetak, media online, atau blogger.