Grab Health-Good Doctor, Layanan Kesehatan Online Gratis yang Bisa Dipercaya


grabhealth-powered-good doctor
GrabHealth melayani selama 24 jam dan 7 hari dalam seminggu
Assalamualaikum gaess,

Mencari info kesehatan kini semakin gampang. Tinggal buka HP, lalu searching keyword yang kita cari langsung kebuka informasi yang dibutuhkan. Wait, tapi tunggu dulu. Kita harus hati-hati mencari informasi yang dibutuhkan, ujug-ujug malah nantinya kita dapat info yang hoax atau tidak benar.



Saya salah satunya yang bisa dibilang selalu mencari info kesehatan di internet. Apalagi jika sulit sekali menghubungi dokter yang dituju. Bisa jadi dokternya sedang sibuk banyak pasien atau hal lain. Saya biasanya mencari info rujukannya dari website yang bisa dipertanggung jawabkan. Tentunya website tersebut memberikan narasumber dari dokter beneran, bukan dokter kaleng-kalengan.

Nah, saya makin bahagia sekali ketika mengetahui aplikasi Grab memberikan fitur baru yakni Health atau Kesehatan.  Fitur  GrabHealth powered by Good Doctor diluncurkan pekan lalu di Museum Kebangkitan Nasional. Peluncuran fitur kesehatan ini makin terasa ketika diadakan di ruang Stovia. Taukan Stovia, yaitu Fakultas kedokteran pribum pertama yang dimiliki Indonesia pada masa penjajahan Belanda, ketika Indonesia akan merdeka. Tentu terasa sekali jika dokter yang terlibat di Grabhealth ini akan mengabdikan dirinya pada kesehatan masyarakat.

Grab sudah menjangkau 220 kota di Indonesia, yang tentunya bisa dinikmati fitur ksehatan ini bagi masyarakat pedalaman yang kemungkinan sulit untuk mendatangi dokter. Visi Grabhealth yakni bisa memberikan satu dokter untuk satu keluarga.

Acara tersebut dihadiri oleh Ridzki Kramadibrata, President of Grab Indonesia,  I Nyoman Adhiarna, Plt. Direktur Ekonomi Digital Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika, Kementerian Informasi dan Komunikasi,  Dr. dr. Agus Hadian Rahim, Sp.OT(K), M.Epid, MH.Kes., Sekretaris Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan,  dr. Daeng M. Faqih, S.H, M.H, Ketua Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia dan  dr. Adhiatma Gunawan, Head of Medical Management Good Doctor Technology Indonesia.

grabhealth-good doctor
Ridzki Kramadibrata, President of Grab Indonesia,  I Nyoman Adhiarna, Plt. Direktur Ekonomi Digital Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika, Kementerian Informasi dan Komunikasi,  Dr. dr. Agus Hadian Rahim, Sp.OT(K), M.Epid, MH.Kes., Sekretaris Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan,,  dr. Daeng M. Faqih, S.H, M.H, Ketua Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia,  dr. Adhiatma Gunawan, Head of Medical Management Good Doctor Technology Indonesia,

Head of Medical Management Good Doctor, dr Adyatma Gunawan mengatakan misi ke depannya adalah satu keluarga memiliki satu dokter. “Mimpi kami akses kesehatan setiap masyarakat di Indonesia. Kami bekerja sama dengan Grab, platform online to offline (O2O) terkemuka di Asia Tenggara yang akan memungkinkan kami dalam menyediakan akses ke dokter dan spesialis bagi seluruh keluarga di Indonesia,” katanya di Musem Kebangkitan Nasional, Selasa 10 Desember 2019.

Alasan masih memakai aplikasi Grab, kata Adyatma lantaran ingin memudahkan user dalam menggunakan layanan tersebut. “Kita 24 jam ada di dalam Grab, ini memudahkan user. Dibanding harus unduh aplikasi terpisah. Kita menjaga kualitas, kita nurut sama regulasi pemerintah,” katanya lagi.

Nah ini salah satu alasan dari aplikasi ini kita nggak perlu lagi untuk donlot aplikasi baru, selain menuhin layar HP juga bisa menghabiskan kuota data. Dalam aplikasi Grab, tentu kita yang gunakan sehari-hari dengan berbagai kebutuhan sudah tersedia.

Setidaknya ada empat layanan yang bisa diakses menggunakan GrabHealth antara lain konsultasi atau tanya jawab dokter, beli obat dan produk kesehatan, buat janji medis dan baca tips kesehatan. “Layanan konten (berupa tips) dikurasi dokter, berdasarkan jurnal ilmiah,” masih kata Pak Adyatma yang menegaskan jika dokter yang digandeng adalah dokter yang memiliki izin praktek.

Sementara itu, Presiden Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata menjelaskan kenapa fitur ini diluncurkan. Menurutnya, Grab mempunyai visi Grab For Good, yaitu teknologi yang diluncurkan untuk hal baik bagi masyarakat.



“Hari ini kita buktikan, Grab meluncurkan sesuatu yang membawa kebaikan,” ujarnya.
Dia menuturkan, fitur ini merupakan teknologi yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia. Banyaknya pengguna Grab yang saat ini terdapat di 220 kota, diharapkan bisa memberikan dampak secara langsung. “Ini komitmen, meluncurkan layanan e-healthcare,. Kami percaya bahwa setiap orang berhak memiliki akses ke layanan kesehatan yang berkualitas dan terjangkau,” tegasnya.

Para dokter umum dan dokter spesialis yang terlibat di GrabHealth tentunya sudah melewati beberapa tahapan, terutama memiliki izin praktek serta memang seorang dokter yang bisa dipercaya tiap diagnosanya. Tolok ukurnya adalah mempunyai Surat Tanda Registrasi (STR) dalam arti kompetensinya sudah diakui oleh negara, dan punya Surat Izin Praktek (SIP) di tempat prakteknya. Karena platform ini bukan tempat praktek. Jadi sebaiknya yang bergabung di platofrm ini adalah dokter-dokter yang berbasis tempat praktek. Dia sudah punya STR dan sudah punya SIP.

grabhealth-good doctor
Fitur Health di Aplikasi Grab


Semua layanan yang ada di Grab Health adalah gratis mulai dari konsultasi hingga janji temu. GrabHealth bekerjasama dengan ratusan dokter serta 300 mitra apotik, dan jumlah ini dipastikan akan bertambah. Semuanya gratis, sudah sesuai dengan perintah dari Kementerian Kesehatan. Layanan ini selalu siap membantu selama 24 jam dan 7 hari dalam seminggu.

Semoga Bermanfaat

Alia Fathiyah

No comments

Alsya Communications

Alsya Communications
Media Consultant untuk press conference, media gathering dan press release. Tim kami terdiri dari para mantan wartawan sehingga memudahkan untuk interaksi dengan media di Indonesia, baik media cetak, media online, atau blogger.