SGM Eksplor Complinutri. Dukung Potensi Prestasi Anak Generasi Maju


SGM Eksplore beberapa waktu lalu menggelar kegiatan Grand Final Festival Sahabat Generasi Maju di Summarecon Mall Bekasi. Salah satu yang saya bikin penasaran ke acara ini adalah karena lokasinya di SMB, iseng aja gitu mau bandingin Summarecon Mal di Bekasi sama Serpong, Lols.

Masuk ke dalam mal, ke arah atrium lewat pintu oval sudah terlihat keseruan acara tersebut. Ternyata, event ini sekaligus bagi SGM Eksplore untuk meluncurkan inovasi lengkap yaitu SGM Eksplor Complinutri.


Banyak permainan untuk anak-anak yang didominasi warna merah itu. Ada beberapa space untuk anak-anak beraktifitas sekaligus mengasah motorik mereka yang disebut kelas. Ada Kelas Percaya Diri, Kelas Tumbuh Tinggi, Kuat dan Mandiri, Kelas Cerdas dan Kreatif, Kelas Supel. 

Kegiatan tersebut juga sebagai bentuk dukungan dan komitmen SGM Ekslpore erhadap anak-anak Indonesia untuk terus tumbuh kembang sekaligus memperingati Hari Anak Nasional 2018 (HAN).

Dalam talkshow yang diisi oleh beberapa narasumber seperti dr. Nurul Ratna Mutu Manikam, M.Gizi,SpGK, seorang Dokter Gizi klinis, Psikolog anak dan keluarga yang selalu tampil cantik Anna Surti Ariani, serta artis Alyssa Soebandono, Ibu dari 2 orang anak yaang bersuamikan Dude Harlino.


Materi Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psi


Mbak Nina-sapaan Anna Surti-menjelaskan bahwa untuk mendorong anak memiliki Potensi Prestasi Anak Generasi Maju, orang tua harus menggali lima aspek ini, agar si anak bisa tumbuh kembang secara optimal.

1. Fisik
2. Kognitif
3. Emosi
4. Bahasa
5. Sosial

Menurut psikolog yang membuka praktek di Klinik Terpadu, Fakultas Psikolog UI di Depok ini bahwa fisik memang menjadi dasar dari seorang anak untuk berkembang maksimal. Bagaimana si anak secara motorik halus dan motorik kasarnya bisa dipergunakan semestinya.

Selain itu, generasi maju bisa dilihat dari kemampuan si anak mampu memecahkan masalah dan memiliki ide. Kalau saya biasanya, merangsang anak untuk menganalisa dengan memberikan pertanyaan. Biasanya, si bontot, Fatih, 3,5  tahun, sebelum menjawab saat diberikan pertanyaan akan terdiam beberapa detik lalu menjawab. Yang pasti, jawabannya akan penuh dengan imajinasi karena memang sesuai usianya.

Si anak juga biasakan membereskan mainannya sendiri, untuk memberikan rasa percaya diri dan menumbuhkan kemandirian. Anak juga harus bersosialisasi agar supel dan bisa masuk ke lingkungan manapun.

Lima aspek ini, kata Mbak Nina harus terus distimulasi untuk mendukung si kecil menjadi generasi maju, tidak secara instan.


Selain itu, Nina juga memberikan beberapa saran jika anak tidak percaya diri dengan lingkungannya. Masung ke lingkungan sosial yang baru, jika si anak ketakutan, kita sebagai orang tua harus menenangkan dulu. Beri dia waktu untuk berbaur.

Sedangkan untuk merangsang anak agar menjadi pribadi yang supel ternyata bermula dari orang tuanya sendiri. Biasakan jika berbicara dengan anak saling bertatapan mata. Jangan sampai orang tua asik main HP sambil menjawab pertanyaan anak.

Saya sering kali kelupaan untuk hal ini, saking seriusnya membalas chat WA, Fatih sampai kesal lalu berusaha mengambil HP di tangan saya sambil ngomong, "Mama jangan main HP!"
Kalau udah gitu HP saya tarok lalu ngobrol dan bermain dengan dia.

Materi dr. Nurul Ratna Mutu Manikam, M.Gizi,SpGK


Sedangkan dr Nurul Ratna mengatakan jika anak jangan sampai kelupaan minum susu serta makanan bergizi yang  mengandung banya gizi.

Asupan gizi bagi pertumbuhan anak itu sangat penting dan harus memperhatikan di beberapa bagiannya.

1. Glukosa : Nasi, kentang
2. Lemak omega 3 dan 6 ( ikan, telur, jenis kacang-kacangan)
3. Probiotik: Makanan untuk imun tubuh yang diambil dari bakteri baik  (sayur-sayuran dan rempah).

"Jangan sampai anak anemia, karena rasio asam dari omega 3 bisa membantu perkembangan sel-sel otak," kata dr Nurul.

Pengalaman Alyssa Soebandono


Alyssa yang memiliki 2 anak lelaki sangat memperhatikan perkembangan serta pertumbuhan anak-anaknya. Ibu dari Rendra (3,5 tahun) dan Mahendra (1 thun itu) mengatakan kalau anak sulungnya sudah bisa diajak komunikasi.

"Rendara kalau diajak ngobrol, diajak ngomong dia sudah mengerti, jadi saya selalu berusaha komunikasi dengan dia," kata wanita yang biasa disapa Icha.


SGM Eksplore juga bekerjasama dengan 100 PAUD diseluruh Indonesia dalam bentuk edukasi nutrisi, dan juga aktifitas Mini Mobi yang akan berkeliling ke 8000 area diseluruh Indonesia, untuk edukasi nutrisi dan menstimulasi anak-anak lewat permainan edukatif.

Semoga Bermanfaat

 Alia Fathiyah

No comments