Aswata Luncurkan Layanan Digital Chat, Bernama Vania


Makin gampang saja kita sekarang berasuransi. Hanya menggunakan hape, semua kerjaan dan kebutuhan bisa diselesaikan tanpa harus keluar rumah.

Berturut-turut perusahaan asuransi mengeluarkan pelayanan barunya yang terkait dengan dunia digital. Yup! Teknologi digital yang semakin meluas tentunya juga berimbas kepada pelayanan asuransi yang ingin memudahkan nasabahnya dalam bertransaksi.

Berbeda dengan perusahaan asuransi layanan digital lainnya yang lebih menggunakan aplikasi di play store atau Google Play, PT Asuransi Wahana Tata atau yang lebih dikenal Aswata malah menggunakan Vania. PT Asuransi Wahana Tata meluncurkan Vania, Jumat 8 Desember 2017 di kantor Aswata, Rasuna Said Kuningan Jakarta.


Wait, saya jelaskan dulu apa itu Aswata.


PT ASURANSI WAHANA TATA atau kini dikenal dengan Aswata adalah perusahaan asuransi umum yang telah hadir melayani nasabah sejak 1964. Kini, Aswata adalah salah satu perusahaan asuransi umum terbesar di Indonesia dengan kekuatan permodalan yang solid didukung oleh dedikasi dari hampir 1.200 karyawan di lebih dari 70 kantor yang tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia.

Lalu siapa Vania? Kenalan yuk sama si gadis cantik ini

Vania adalah  Virtual Assitant yang  merupakan chat based Artificial Intelligence guna membantu nasabah maupun calon nasabah dalam berinteraksi dan menjawab pertanyaan hingga penutupan polis asuransi umum.


Vania hadir dalam sosok gadis cantik yang lincah dan cerdas dengan mata menawan, Vania akan menjawab semua pertanyaan melalui chat selama 24 jam. Selain cepat dalam merespon, Vania akan menyediakan bantuan untuk Emergency Roadside Assistance (ERA), pertanyaan seputar polis dan claim, informasi seputar produk dan jaringan kantor Aswata, bahkan informasi terkini mengenai info lalu lintas hingga piawai meramalkan arti nama.



Vania bisa disapa lewat LINE (memakai @) dan sebentar lagi juga bisa interaksi chat lewat WhatsApp (WA).

Direktur Utama Aswata Christian W. Wanandi mengatakan, kehadiran firtur ini bertujuan untuk menjawab kebutuhan market yang semakin modern di mana kecepatan menjawab dan ketepatan serta update data dapat dilakukan secara online.

Jadi jangan ragu untuk kontak si cantik Vania, dalam hitungan detik Vania akan menjawab semua pertanyaan nasabah.


Layanan Baru Aswata


Demi memberikan pelayanan yang terbaik, Aswata meluncurkanERA (Emergency Road Assistant) atau nama gampangnya derek. Menariknya, layanan ini bukan cuma ditujukan untuk para nasahabah Aswata saja. Tapi untuk umum bisa digunakan, tapi tentunya ada biaya. Sedangkan jika nasabah Aswata,  layanan derek diberikan gratis.

You know what, layanan ini memberikan kenyamanan saya, dan langsung saya add Vania dalam kontak pertemanan di LINE. Saya biasa pergi dengan anak, nggak kebayang jika di tengah jalan ban mobil kempes, atau bensin habis dan membutuhkan mobil derek. Pasti panik.

Jika paniknya sudah maksimal, tenang saja Vania akan mengerti kebutuhan kita. Ataupun, jika ingin langsung interaksi, bisa telpon customer care Aswata di 1500 298.

Nah ini ada tutorial untuk menghubungi Vania jika kita membuthkan mobil derek. Buka Line @Aswata, kita tambahkan sebagai teman.

1. Pilih menu 'Produk Asuransi'
2. Pilih Menu ERA/Derek
3. Tekan tombol Minat
4. Anda akan dikonfirmasi untuk mempersiapkan data seperti nomor polis kendaraan, nomor handphone, lokasi penjemputan bantuan, dll lalu tekan tombol lanjut
5. Anda akan ditanya tipe kendaraan, misal motor atau mobil
6. Jika Anda tekan mobil akan ditanya seberapa parah kerusakan mobil
7. Jika hanya masalah ringan seperti habis bensin, ban kempes atau baterai aki abis, tekan tombol kecl
8. Lalu isi data : Nama lengkap, no HP dan tak lama akan dikirim SMS kode untuk melanjutkan proses pendaftaran polis.


9. Permintaan derek telah dikirim ke pihak derek rekanan Aswata dan selanjutnya pihak derek akan menghubungi.

Vania Bagikan Polis Gratis

Ada lagi nih, untuk liburan akhir tahun di bulan Desember ini, Vania akan membagikan polis asuransi Kecelakaan Diri/Personal Accident  bagi masyarakat Indonesia secara gratis, untuk Jaminan Meninggal Dunia Akibat Kecelakaan atau Cacat Tetap Akibat Kecelakaan.

 Syaratnya gampil , cukup dengan berteman dengan Vania di Line: @aswata, Facebook Messenger: Asuransi Wahana Tata, dan Telegram: @aswata_bot, pada bagian produk PA gunakan kode voucher HOLIDAYAMAN.

Lalu nanti Vania akan meminta data diri nasabah dan untuk klaim bisa dicover sampai 7 Januari 2018. Tenang, setelah selesai, kita gak dipaksa untuk jadi nasabah asuransi Aswata.

Alia Fathiyah

6 comments

  1. Dulu dengar kata asuransi aja rasanya kok ribet ya. Sekarang di era digital industri asuransi mulai berinovasi juga ya mbak untuk kemudahan generasi penyuka digital. Salut dengan inovasi nya Aswata dengan diluncurkannya Vania.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mbak, dulu ikut asuransi banyak amat persyaratannya, hehehe

      Delete
  2. Sekarang asuransi keren gak kolot lagi :D
    Vania salah satu terobosan dan penyegaran dunia asuransi di Indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepakat teh, lewat chat jadi merasa lebih dekat ya

      Delete
  3. Keren lah sekarang ada gadis cantik di hape ya. Baru tau asuransi Aswata ini.

    ReplyDelete

Alsya Communications

Alsya Communications
Media Consultant untuk press conference, media gathering dan press release. Tim kami terdiri dari para mantan wartawan sehingga memudahkan untuk interaksi dengan media di Indonesia, baik media cetak, media online, atau blogger.