Cara Daftar Haji di Kabupaten Tangerang

Throwback umroh 2011...Labaikallahumma labaik... (abaikan wajah saya yang bluwek ya, fokus aja ke atasnya)

Alhamdulillah, setelah sekian lama menunggu dan berharap, akhirnya saya bisa juga daftar haji, meski harus menunggu sampai 20 tahun. Serius? Yes! Saya mendapatkan porsi di tahun 2038, entah sudah umur berapa, hiks. Semoga saya dipanjangkan umur dan bisa pergi haji dalam keadaan sehat walafiat, Amin Yra.

Baca: Belanja Murah di Kuala Lumpur

Sebelum daftar haji ini, saya sudah browsing bagaimana prosedurnya untuk Kabupaten Tangerang. Nyaris, semua yang saya baca tidak memenuhi harapan, karena kurang detil. Lantaran itulah saya memutuskan untuk menulis pengalaman saya ini di blog, semoga bisa membantu dan bermanfaat ya.

Awalnya, saya lebih dulu datang ke bank Syariah. Saya memutuskan memilih Bank  Syariah Mandiri, bukan alasan khusus. Karena posisi Bank Syariah Mandiri lebih dekat dari rumah dibandingkan Bank Syariah lain yang ada di kawasan Gading Serpong.

Saya bertanya-tanya ke bagian costumer service bank, persyaratan apa yang harus saya penuhi. Lalu si embak yang ramah dan sopan itu memberikan saya secarik kertas untuk membawa data lengkap dan foto dengan backgorund putih (sama sih sebenarnya sama foto waktu umroh beberapa tahun lalu).

Jadi saya harus foto dulu dan mencetaknya sebanyak 33 lembar. Foto untuk bank diambil sebanyak 3 buah, sisanya untuk Kemenag. (Tapi pada akhirnya kepake juga sedikit, foto saya sebanyak lebih dari 10 lembar dikembalikan. Entah kenapa).

Cek kapan haji di sini (kok website kemenag pake blogspot si *salfok)

Soal foto, saya sempet bingung nih. Soalnya kakak yang pernah daftar haji duluan mengatakan kalau foto di Kemenag. Dan jumlah segitu katanya kebanyakan. Lalu saya konfirmasi ke mba costumer service bank, katanya ini peraturan baru jadi foto sendiri. Lumayan banyak juga yang harus dipenuhi sebanyak 33 lembar (ukuran 3x4 dan 4x6) untuk bank dan Kemenag. Dan ternyata yang dibutuhkan memang nggak sebanyak itu. Sedangkan soal biaya foto, habislah sekitar Rp 65 ribu. (jangan foto di mal, lebih mahal. Mendingan di cari di ruko-ruko aja).

Persyaratan untuk ke Bank:
1. Buka tabungan haji mabrur dan isi sebesar Rp 25.100.000. (seratus ribu untuk jejaga supaya saldo nggak nol, karena 25 juta akan disetorkan ke Kemenag).
2. FC KTP
3. Foto 3X4 = 5 lembar (background putih dan tampak wajah 80%).