PCOS Bisa Hamil secara Alami, Apa yang Harus Dilakukan?

 



Bismillah, 

Sulit hamil setelah menikah tentunya tidak ada dalam bayangan wanita manapun ketika memutuskan berumah tangga. Ternyata,banyak sekali wanita yang kena mental setelah sekian lama tidak hamil.

pertanyaan receh yang sebenarnya terdengar biasa, bagi wanita itu bisa dibilang sebuah pukulan keras. Seperti,

"Kok belum hamil sih?"

" Kok udah lama menikah belum hamil juga, jangan ditunda."

"Jangan-jangan kamu mandul karena belum hamil, kalau dari suami kayaknya nggak mungkin."

"Jangan kecapean kerja, hamil jadi susah."

Nah, selama ini mitos yang berkembang di masyarakat adalah faktor kesuburan hanya masalah perempuan, bukan laki-laki.

"Usia wanita subur itu 20-35 tahun. Di atas usia itu, kesuburan jadi jauh berkurang. Sedangkan laki-laki sampai umur 60 tahun bisa menghamili istrinya, makanya banyak perempuan yang harus dikoreksi. Tapi saya suka kesal juga kalau ada wanita yang datang tanpa suami, karena si suami merasa subur. Padahal sperma nya juga harus diperiksa," kata dr. Malvin Emeraldi, Sp.OG. (K)FER  di Mayapada Hospital.

 Sharing Grace Tahir, Direktur Mayapada Hospital



Sharing Grace Tahir, Direktur Mayapada Hospital


Dalam takshow tersebut, Ibu Grace Tahir bercerita tentang pengalamannya untuk mendapatkan anak kedua. Sudah menjadi hal yang umum adalah saat menikah bisa langsung hamil. Dan Ibu Grace yang menikah di usia 27 tahun langsung hamil anak pertama tak lama setelah pernikahan.

Di dalam keluarganya, tak ada yang kesulitan soal kehamilan bahkan kakak dan keluarganya yang lain kebanyakan memiliki tiga anak. Ibu Grace saat itu yakin sekali tidak akan menemui kesulitan soal kehamilan.

Tapi ketika merencanakan kehamilan anak kedua, dia menemui kesulitan. Telah 2 tahun mencoba secara alami, dia tak kunjung hamil. Itulah pertama kalinya dia mengetahui apa itu PCOS.

 Ibu Grace mulai mencoba diet tanpa karbohidrat dan beratnya susut (saat itu bobot tubuhnya mencapi 87 kilogram). Dia juga melakukan inseminasi dua kali dan semuanya gagal. Kegagalan demi kegagalan, menimbulkan masalah pada mentalnya. Dia mengalami mental health terbilang parah. Demi kesehatan dan anak satu-satunya, akhirnya Ibu Grace menyerah untuk mencoba hamil

Kepasrahannya itu malah memunculkan kabar gembira kalau dia hamil anak kedua. Lalu tak lama kemudian hamil anak ketiga. Tapi kabar itu tak seindah yang didengar. Dokter mendiagnosa jika anak ketiganya akan terkena down syndrom jika dilahirkan. Mental Ibu Grace kembali down dan dia tak mengikuti arahan dokter untuk melakukan terapi yang bisa mengorbankan anaknya yang ada di dalam kandungan. Ketika anak ketiganya lahir, hal pertama yang ditanyakan apakah anakku down syndrome? Alhamdulillah, semuanya happy ending., Ibu Grace kini bahagia dengan ketiga anak perempuannya.

Talkshow PCOS, Masih Mungkinkah untuk Hamil Alami?



Pada akhir pekan kemarin saya menghadiri talkshow mengenai 'PCOS,Masih Mungkinkah untuk Hamil Alami?' di salah satu rumah sakit terbaik di Jakarta, yaitu Mayapada Hospital Jakarta Selatan. Dengan narasumber dr. Malvin Emeraldi, Sp.OG. (K) FER, Grace Tahir, Direktur Mayapada Hospital dan Cherly, Product Manager Ovutest.

Hal pertama yang jadi pertanyaan tentunya apa itu PCOS?

PCOS adalah singkatan dari Sindrom polikistik ovarium atau polycystic ovarian syndrome (PCOS), merupakan gangguan hormon yang terjadi pada wanita di usia subur. Tanda awal wanita yang mengalami sindrom ini adalah gangguan siklus menstruasi dan memiliki kadar hormon androgen yang berlebihan. Penyebab PCOS bisa melibatkan perpaduan faktor genetik dan lingkungan. Gejalanya berupa menstruasi yang tidak teratur, pertumbuhan rambut berlebih, jerawat, dan obesitas.




Dr Malvin mengatakan gejala klinisnya adalah:
- Amenorrhea/Oligomenorhea ( menstruasi yang tidak teratur)
- Gambaran ovarium polikistik
- Hiperandrogenisme klinik/laboratorium

Seseorang didiagnosis PCOS jika terdapat dua atau 3 gejala klinis di atas, dan itu yang menjadi penyebab susah hamil untuk seorang perempuan.

Hal paling mudah dilihat adalah menstruasi yang tidak teratur, kelebihan berat  badan, wajah yang berjerawat juga tumbuhnya bulu di sekitar kaki, kumis (di atas bibir), di sekitar rahang dan belakang leher. Ini menandakan si perempuan

memiliki hormon laki-laki lebih banyak dibandingkan perempuan pada umumnya. Tapi umumnya pengidap PCOS sebanyak 94 persen memiliki gangguan menstruasi.

Aktivitas fisik secara teratur sangat penting bagi orang (PCOS). Olahraga yang konsisten membantu mengelola berat badan, meningkatkan suasana hati, membantu kesuburan, dan masih banyak manfaat lainnya.

dr. Malvin Emeraldi, Sp.OG. (K)FER  


Pasien PCOS, kata dr Malvin, biasanya rentan terkena diabetes. Untuk mengetahui lebih dalam lagi perlunya dilakukan tes darah, untuk memeriksa kadar hormon androgen, tes toleransi terhadap gula darah, dan kadar kolestrol yang sering kali meningkat pada PCOS. Secara umum dihubungkan dengan resistensi insulin. USG panggul, untuk memeriksa ketebalan lapisan rahim pasien dengan bantuan gelombang suara.

Dr Malvin mengaku lebih mudah menangani PCOS untuk bisa hamil secara alami dibandingkan dengan orang yang memilih inseminasi. Asalkan PCOS melakukan terapi yang diberikan dokter dengan konsisten, teratur dan disiplin, dr Malvin yakin perempuan PCOS bisa hamil dengan mudah. “Apalagi jika rentang usianya 20-36 tahun. Ibaratnya itu ‘makanan empuk’ untuk dokter membantu perempuan yang PCOS bisa hamil alami,”tutur dr Malvin.

Semoga Bermanfaat


Alia Fathiyah 

30 comments

  1. Saudara ipar aku juga pcos, Alhamdulillah bisa hamil alami. Bener sih, harus konsultasi ke dokter ya supaya bisa cepat melakukan tindakan yang terbaik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah harus ikutin kata dokter supaya berhasil hamil alami

      Delete
  2. Jadi dulu aku tuh program hamil jadi sekalian juga dokternya cek kesuburan dan hormonal aku. Alhamdulillah semua dalam keadaan aman dan sehat. PCOS ini terjadi di temanku, dia akhirnya berobat ke LN wakt itu.

    ReplyDelete
  3. Wah, aku baru tau tentang PCOS ini loh Mba Al, makasih banget infonya. Btw aku kangen banget sama Mba Al, udah lama kita gak ketemuan yaak, kapan atuh bisa ketemu again

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya tet kapan yaaa setelah pandemi ini semoga bisa barengan pas event. Sehat2 ya tet

      Delete
  4. Ternyata meski terdiagnosa PCOS masih bisa hamil alami dengan usaha yang bisa dilakukan dibantu ditangani di Mayapada Hospital ini. Semoga ini menjadi kabar baik bagi pejuang garis dua

    ReplyDelete
  5. Adik iparku penderita PCOS mbak, jadi ada treatmnet gitu dari dokternya. Kadang nggak haid, kadang haid dalam rentang waktu lama, 2 bulan lebih gitu

    ReplyDelete
  6. Semangat untuk bisa hamil dengan terapi yang dibimbing oleh dokter ahli, sehingga meski diagnosis PCOS, tapi tetap bisa hamil alami.

    ReplyDelete
  7. Oh begitu ternyata PCOS ya,baru tau. Wah,bermanfaat banget ini buat ibu-ibu yang ada kendala kehamilan. Thank you for sharing mbaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama. Aku juga baru tau PCOS pas ikut talkshow ini

      Delete
  8. Nah iya aku setuju sama dr. Malvin kan yang mau bikin anak suami dan istri, bukan istri aja, jd kalau mau cek kesuburan mestinya dua2nya ya.
    PCOS msh ada harapan utk hamil asal.percaya dan ikhtiar ya mbak. Temenku jg ada yg divonis PCOS tp dgn terapi bisa jg punya anakeh malah mbrujul 3 anaknya berturut2 hehee.

    ReplyDelete
  9. Dengan perawatan yang tepat, wanita dengan PCOS bisa hamil. Terlebih di era teknologi reproduksi sekarang bisa dgn inseminasi intrauterin atau bayi tabung

    ReplyDelete
  10. Wah, baru tahu apa itu PCOS. Ternyata gangguan hormon yang dapat mengganggu proses kehamilan ya..Jadi nambah pengetahuan nih. Thank for sharing mba..

    ReplyDelete
  11. Aku baru tahu Sindrom polikistik ovarium atau polycystic ovarian syndrome (PCOS) ini. Di zaman sekarang, kehamilan bisa diusahakan yaa. Perlu diingat memang kalau periksa ya suami dan istri. Jangan sok nyalahin salah satu aja

    ReplyDelete
  12. Nah sepupuku juga dulu terapi supaya bisa hamil alami, soalnya sama penderita PCOS juga. Sekarang anaknya udah mau 2 tahunan

    ReplyDelete
  13. awalnya aku ngga paham apa itu PCOS mba.. but thanks to you, kita jadi aware dengan PCOS dan bagaimana mengatasinya jika ingin hamil alami ya

    ReplyDelete
  14. Sedih banget kalo susah hamil dan yang paling sering dibully itu pihak perempuan. Termasuk PCOS ini pun penderitanya perempuan. Alhamdulillah kalo ada solusinya bisa hamil.

    ReplyDelete
  15. kalau sekarang dengan kecanggihan teknologi insyaAllah berbagai permasalahan yang bisa menghambat kehamilan bisa diatasi ya, mbak. alhamdulillah Allah memberi kita otak untuk bisa mengatasi masalah ini

    ReplyDelete
  16. Pernah dengar kalau perempuan dengan PCOS itu bakal sulit hamil. Tapi ternyata dengan terapi yang rutin bisa hamil secara alami juga ya mbak

    ReplyDelete
  17. Aku setuju mba, karena pengalaman temanku yang PCOS juga dia bisa hamil dan sekarang anaknya sudah 2.

    ReplyDelete
  18. mengusahakan kehamilan yang sehat itu memang butuh ilmu ya mak. Bagus nih mengedukasi juga untuk pasangan baru

    ReplyDelete
  19. Kebtulan sepupu aku ada yg pcos dan smpe skrang belum punya anak....baca artikelnya jadi lega karena alhamdulilah ternyata PCOS masih ada ksempatan untuk memiliki anak dengan perawatan dan terapi dari dokter ..aku bakal kasi tahu nih berita membahagiakannya

    ReplyDelete