4 Tips Menjaga Stamina Tubuh di Masa Pandemi

Assalamualaikum, 

Pandemi Covid-19 sudah berlangsung tujuh bulan lebih, dan hingga kini tak ada satupun yang bisa prediksi kapan berakhir. Memasuki era new normal, sudah banyak orang yang beraktifitas ke luar rumah. Pastinya kebanyakan memilih aktivitas outdoor, mengingat pandemi ini masih mengintai. Meski sudah memasuk new normal, tentunya kita tetap harus waspada dan mematuhi perotokol kesehatan terutama 3 M (mencuci tangan, menjaga jarak dan memaka masker). Selain rutin mengkonsumsi vitamin, olahraga juga salah satu cara menjaga agar tubuh sehat dan kuat.

Pasalnya orang yang aktif melakukan latihan fisik, merasa lebih bahagia dalam hidupnya. Mengapa? Karena berolahraga mampu meningkatkan hormon endorfin atau yang dikenal dengan hormon kebahagiaan dan baik untuk otak Anda. Kemudian, olahraga dapat mengurangi hormon kortisol yang memicu stres dan adrenalin dalam tubuh.

Yuk, simak tips menjaga selama pandemi ini. Lakukan hal berikut ini mulai dari sekarang.

 1. Menjaga Kebersihan
 Kebersihan merupakan hal utama yang harus diprioritaskan jika Anda menginginkan tubuh yang sehat. Dimulai dari hal terkecil seperti membuang sampah pada tempatnya, selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, naik kendaraan umum, menggunakan masker saat berpergian, membersihkan benda-benda di sekitar dengan cairan disinfektan, dan masih banyak lagi.

Pastikan Anda membawa starter pack lengkap saat berpergian ke luar rumah seperti hand sanitizer dan masker untuk melindungi diri dari paparan virus berbahaya. Dan sesampai di rumah, langsung masukkan baju bekas pakai ke dalam mesin cuci dan langsung bersihkan tubuh.

 2. Konsumsi Buah dan Sayur
 Hal ini juga tak kalah penting, Anda wajib mengonsumsi buah dan sayur, terutama yang mengandung vitamin C dan antioksidan karena mampu menangkal radikal bebas sehingga daya tahan tubuh Anda tetap terjaga. Jika Anda bosan, Anda bisa mengolahnya menjadi berbagai macam kreasi makanan, seperti pizza sayuran, salad buah, smoothies, muffin wortel, dan lain-lain. Jangan lupa ajak anak-anak Anda untuk latihan menyukai sayur dan buah sejak dini ya.

3. Rutin Berolahraga
Konsumsi makanan dan minuman bergizi saja tidak cukup kalau Anda tidak mengimbanginya dengan olahraga secara teratur. Bagi Anda yang memiliki kesibukan padat, Anda bisa melakukan olahraga ringan di rumah saat libur tiba. Atau jika bosan, lakukan jogging di pagi hari dan tentunya tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku saat berolahraga. Jangan lupa mencuci tangan dan mandi setelah berolahraga agar kebersihan diri juga tetap terjaga. Nah, bagi kamu yang berencana untuk melakukan diet, berikut ini rekomendasi olahraga yang bisa menurunkan berat badan yang layak untuk dicoba.

4. Membawa Bekal Sendiri
Membawa bekal sendiri dari rumah juga disarankan bagi Anda yang memiliki kesibukan di luar rumah. Jangan terlalu sering membeli makan di luar. Bagaimanapun makanan yang dimasak sendiri tentunya lebih higienis, apalagi jika Anda mengolahnya dengan baik. Pastikan sebelum memasak, Anda telah mencuci tangan dan bahan-bahannya menggunakan sabun khusus hingga bersih. Hal ini akan menghindari Anda dari penyakit berbahaya tentunya. Itu dia beberapa cara yang bisa Anda lakukan setelah pandemi covid-19. Meskipun telah berakhir suatu saat nanti, tetap lakukan gaya hidup sehat agar daya tahan tubuh terjaga setiap harinya.

 Semoga bermanfaat.

Alia Fathiyah

Alsya Communications

Alsya Communications
Media Consultant untuk press conference, media gathering dan press release. Tim kami terdiri dari para mantan wartawan sehingga memudahkan untuk interaksi dengan media di Indonesia, baik media cetak, media online, atau blogger.