4 Tips Menjaga Stamina Tubuh di Masa Pandemi

Assalamualaikum, 

Pandemi Covid-19 sudah berlangsung tujuh bulan lebih, dan hingga kini tak ada satupun yang bisa prediksi kapan berakhir. Memasuki era new normal, sudah banyak orang yang beraktifitas ke luar rumah. Pastinya kebanyakan memilih aktivitas outdoor, mengingat pandemi ini masih mengintai. Meski sudah memasuk new normal, tentunya kita tetap harus waspada dan mematuhi perotokol kesehatan terutama 3 M (mencuci tangan, menjaga jarak dan memaka masker). Selain rutin mengkonsumsi vitamin, olahraga juga salah satu cara menjaga agar tubuh sehat dan kuat.

Pasalnya orang yang aktif melakukan latihan fisik, merasa lebih bahagia dalam hidupnya. Mengapa? Karena berolahraga mampu meningkatkan hormon endorfin atau yang dikenal dengan hormon kebahagiaan dan baik untuk otak Anda. Kemudian, olahraga dapat mengurangi hormon kortisol yang memicu stres dan adrenalin dalam tubuh.

Yuk, simak tips menjaga selama pandemi ini. Lakukan hal berikut ini mulai dari sekarang.

 1. Menjaga Kebersihan
 Kebersihan merupakan hal utama yang harus diprioritaskan jika Anda menginginkan tubuh yang sehat. Dimulai dari hal terkecil seperti membuang sampah pada tempatnya, selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, naik kendaraan umum, menggunakan masker saat berpergian, membersihkan benda-benda di sekitar dengan cairan disinfektan, dan masih banyak lagi.

Pastikan Anda membawa starter pack lengkap saat berpergian ke luar rumah seperti hand sanitizer dan masker untuk melindungi diri dari paparan virus berbahaya. Dan sesampai di rumah, langsung masukkan baju bekas pakai ke dalam mesin cuci dan langsung bersihkan tubuh.

 2. Konsumsi Buah dan Sayur
 Hal ini juga tak kalah penting, Anda wajib mengonsumsi buah dan sayur, terutama yang mengandung vitamin C dan antioksidan karena mampu menangkal radikal bebas sehingga daya tahan tubuh Anda tetap terjaga. Jika Anda bosan, Anda bisa mengolahnya menjadi berbagai macam kreasi makanan, seperti pizza sayuran, salad buah, smoothies, muffin wortel, dan lain-lain. Jangan lupa ajak anak-anak Anda untuk latihan menyukai sayur dan buah sejak dini ya.

3. Rutin Berolahraga
Konsumsi makanan dan minuman bergizi saja tidak cukup kalau Anda tidak mengimbanginya dengan olahraga secara teratur. Bagi Anda yang memiliki kesibukan padat, Anda bisa melakukan olahraga ringan di rumah saat libur tiba. Atau jika bosan, lakukan jogging di pagi hari dan tentunya tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku saat berolahraga. Jangan lupa mencuci tangan dan mandi setelah berolahraga agar kebersihan diri juga tetap terjaga. Nah, bagi kamu yang berencana untuk melakukan diet, berikut ini rekomendasi olahraga yang bisa menurunkan berat badan yang layak untuk dicoba.

4. Membawa Bekal Sendiri
Membawa bekal sendiri dari rumah juga disarankan bagi Anda yang memiliki kesibukan di luar rumah. Jangan terlalu sering membeli makan di luar. Bagaimanapun makanan yang dimasak sendiri tentunya lebih higienis, apalagi jika Anda mengolahnya dengan baik. Pastikan sebelum memasak, Anda telah mencuci tangan dan bahan-bahannya menggunakan sabun khusus hingga bersih. Hal ini akan menghindari Anda dari penyakit berbahaya tentunya. Itu dia beberapa cara yang bisa Anda lakukan setelah pandemi covid-19. Meskipun telah berakhir suatu saat nanti, tetap lakukan gaya hidup sehat agar daya tahan tubuh terjaga setiap harinya.

 Semoga bermanfaat.

Alia Fathiyah

25 comments

  1. Kalo saya di point yang banyak makan buah san sayur serta bawa bekal sendiri mbk. Kalo olahraga masih malas saya mbk, susah banget mau mulai olahraga itu. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe olga memang harus ada iman kuat buat mulai, emang susah banget

      Delete
  2. Berolahraga rutin memang kudu dilakoni ya Mba
    Selain sehat, juga ngeluarin hormon endorfin, jadi makin bahagyaaaa dah.

    ReplyDelete
  3. Tipsnya sangat bermanfaat sekali mba. Menjaga kebersihan, makan buah dan sayur, sama membawa bekal sendiri sudah saya lakukan. Hanya utk point olahraga rutin yg masih bolong2. Niat mau olahraga tiba2 anak minta digendong, minta makan dll ya sudahlah ambyar sudah keinginan olahraga 😆😆

    ReplyDelete
  4. Iya nih aku termasuk orang yang rajin membawa peralatan makan dan minum di tas. Siapin semua biar ga was-was. Kalau jajan ya makan di wadah yang dibawa juga oke kan hehehe. Ga lupa dengan protokol kesehatan 3 M pastinya :D

    ReplyDelete
  5. bawa bekal sendiri ini bener banget mba, makan masakan sendiri insyaaallah terjamin bersih dan nutrisinya. karena kan masak sendiri

    ReplyDelete
  6. Mkasih mbak tips2nya, semuanya alhamdulillah sudah kami terapkan sekeluarga. Tapi akhir2 ini lagi mager banget olahraga krn cuacanya lagi adem trus hoooo

    ReplyDelete
  7. Kangen saya dengan urusan perbekalan. Sejak pandemi berhenti bikin bekal karena anak-anak kan belajar di rumah. Menjaga stamina tubuh saat ini semakin dirasa penting banget

    ReplyDelete
  8. Di masa pandemi ini menjaga stamina tubuh memang perlu diperhatikan ya, supaya bisa terhindar dari segala penyakit.

    ReplyDelete
  9. Setuju sama semunya nih .. terakhir itu, membawa bekal sendiri perlu memang diusahakan ya,

    ReplyDelete
  10. ah benar ini semua tipsnya
    apalagi yg terakhir, perlu tu bawa bekal sendiri

    ReplyDelete
  11. Wah jadi ingat udah dua hari nggak olahraga. Kayaknya harus sempatkan waktu deh biar tetap sehat ya mba

    ReplyDelete
  12. Insya Allah olahraga terus sedikit-sedikit, tapai kalau weekend aku spedaan lumayan jauh juga nih, kalau hari lain di rumah aja olahraganya

    ReplyDelete
  13. Olahraga dan konsumsi makanan bernutrisi memang penting banget ya sekarang. Ku sekarang lebih suka olahraga sepedaan aja. Lumayan ngos-ngosan

    ReplyDelete
  14. dan jangan lupa untuk bahagiaa... seringkali kita terbawa stress dan jadi tidak menjaga kesehatan ya

    ReplyDelete
  15. Selama pandemi keluarga anak-anak saya jadi rutin konsumsi buah dan sayur. Jenisnya pun makin beragam karena mereka terus kami edukasi tentang pentingnya asupan vitamin dan mineral dalam buah. Di satu sisi, pandemi ini memang mengajarkan banyak hal positif. Tapi kalau begini terus sedih juga ya, Mbak. Semoga dengan segala ikhtiar ini kita mampu menjalani hari-hari yang pastinya berbeda dari tahun sebelum-sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untungnya buah2an jg terjangkau ya, yg murce2 aja kyk pisang, pepaya, jeruk, belakangan mangga dah enaaak :D

      Delete
  16. Dari sebelum pandemi juga melakukan 1,2, dan 4, no 2 ini yang masih agak susah. Tapi skrng emang berasa aku endutan nih haha jd kudu rajin olehraganya yoooss mangaaatt :D

    ReplyDelete
  17. Setuju banget engan tips-tipsnya. Aku nih, awal pandemi abai banget dengan olahraga. Eh tahunya badan cepet gak fit. Alhamdulillah deh, setelah rajin olahraga, sekarang badan seger. Tidur jadi nyenyak.

    ReplyDelete
  18. Empat tips yang disebutkan di atas itu sederhana banget yaa mbak. Tapi sayangnya banyak dari kita yang sering lalai mengerjakannya :( Baru teringat, pas imun ngedrop :( Jadi yuk pada semangat semua menjaga stamina tubuh~

    ReplyDelete
  19. Aku paling seneng makan buah sama sayur.
    Tapi sayang, kalau gak pas belinya...suka nunggu dulu. Hiiks~
    Dan yang pasti istirahat yang cukup ya..

    ReplyDelete
  20. Tipsnya mantul...bener banget nih bbrp poin yang disebutkan...Semangat menjaga kesehatan..minimal lingkungan keluarga ya..

    ReplyDelete
  21. Buah dan sayur nih harus banget demi menjaga kesehatan. Ayo jauh-jauh ya dari makanan instan dan yang terlalu tinggi kalorinya untuk menstabilkan metabolisme dalam tubuh.

    ReplyDelete
  22. Saya yang jujur jarang melakukan itu yang rutin olah raga. Entah, kok mager banget rasanya. Padahal senam sendiri di rumah juga bisa ya...

    ReplyDelete
  23. Aku mau menambahkan mba, kalaupun tidak membawa bekal sendiri ada baiknya selalu membawa perangkat makan sendiri kemana pun kita pergi.

    ReplyDelete

Alsya Communications

Alsya Communications
Media Consultant untuk press conference, media gathering dan press release. Tim kami terdiri dari para mantan wartawan sehingga memudahkan untuk interaksi dengan media di Indonesia, baik media cetak, media online, atau blogger.