7 Trik Foto dengan HP, Ada Rahasia Agar Kamera HP Seperti DSLR





7 Trik Foto dengan HP, agar kamera HP seperti DSLR. Masa si? Gak percaya? Baca dulu deh sampai akhir gaes.

Belajar menghasilkan foto yang baik itu penting banget melihat zaman sekarang semua harus serba visual. Menurut saya sekarang ini nyaris semua pekerjaan membutuhkan hasil foto yang baik, mulai dari blogger, influencer, selebritis, selebgram, atau enterpeneur.
Baca:
Cari Info Kuliah di Malaysia, Katanya Lebih Murah? 1 Semester hanya Rp 10 Juta
Cari Homestay di Dieng, Ada Harga Rp 100 Ribu

Foto- foto tersebut kita unggah di media sosial untuk mendapatkan enggament yang bagus. Sedangkan untuk enterprenuer malah bisa mendapatkan banyak kelebihan, bisa memotret produknya sendiri tanpa bantuan fotografer yang pastinya mihhiil.


Untuk saya pribadi sedari kecil memang suka banget motret, tapi entah kenapa selalu merasa hasil fotonya gak bagus. Apalagi jika nggak ada yang komentar kalau foto itu bagus, jadi saya merasa harus terus belajar bagaimana menghasilkan foto yang bagus dan beneran bagus.

Ini Kedai Mie Aku di Ciater, Tangerang Selatan
Nah kebetulan belum lama ini, teman saya Adiat Nurdiyat, seorang fotografer profesional membuka kelas fotografi dengan judul ' Smartphone Photography Class'. Akhir pekan lalu, Adiat membuka kelas di Kedai Mie Ayam miliknya bernama Kedai Mie Aku, di Jl Ciater Raya No. 184, Tangerang Selatan. Posisi ada di sebrang McDonalds.

Saya kenal Adiat ketika sama-sama bekerja di media. Saya sebagai wartawan di media Rakyat Merdeka lalu ke Tempo, sedangkan saat itu Adiat sedang bertugas di Tabloid Nyata. Jadi saya paham kualitasnya dalam memotret objek.

Selain di Tabloid Nyata, Adiat pernah bekerja di Radio Delta FM, d'Maestro Magazine, Warta Kota, Tabloid Koki, Majalah Selera, Jawa Pos Grup dan Zumapress. Nah, sekarang mari saya bagikan ilmu fotografi yang disampaikan oleh Adiat. Saya pernah beberapa kali ikut kelas fotografi, tapi Adiat menjelaskannya dengan detil dan langsung praktek. Dia welcome bangat dengan segala pertanyaan yang diajukan.

foto-pake-hp
Mezeng dulu gaes

Adiat ingin berbagi ilmu bagaimana dengan smartphone saja kita bisa menghasilkan foto yang bagus, nggak kalah dengan fotografer profesional.

Ini 7 Trik foto dengan HP, Agar seperti fotografer profesional



1. Motret Pake Hati
Ini bener banget. Kalau foto asal-asalan, bakal kelihatan banget kalau hasil fotonya gak bagus. Yang penting foto, ada gambar. Jika pakai hati, akan terlihat pesan dari foto tersebut. Dari foto kita bisa mendapatkan informasi apa yang disampaikan, ada nilai beritanya kalau kata teman-teman jurnalis.
Jika motret pake hati, handphone model dan jenis apapun akan menghasilkan foto yang bagus dan berkarakter.

2. Open Camera
Adiat merekomendasi untuk mendonlot aplikasi Open Camera. Menurutnya aplikasi ini mempunyai fitur lengkap seperti kamera profesional. Bahkan fiturnya bisa menyamakan DSLR yang biasa dipakai para fotografer.

"Di Open Camera ada fitur ISO, auto, exposure, dan face untuk foto bagian wajah. Ini fitur yang lengkap seperti DSLR," katanya.

Open Camera, kata Adiat bisa digunakan untuk jurnalis atau blogger yang sedang meliput agar hasil foto maksimal. Bahkan untuk enterpreneur bisa menghasilkan hasil foto produk yang baik, jika mengerti fitur yang tersedia

3. Kenali cahaya
Photo itu cahaya sedangkan grophos adalah gambar atau lukisan. Jadi photography artinya melukis dengan cahaya. Jika ingin menggunakan cahaya alami, yaitu matahari kenali dulu jam yang pas untuk memotret. Cahaya yang masuk ke dalam kaca jendela di pagi hari adalah cahaya yang terbilang sempurna untuk memotret produk. Sedangkan sore harinya itu yang paling baik di pukul 15.00

Baca:
Transaksi dengan QR Code, Belanja untung untuk Para Ibu Indonesia
Dian Sastro dan SGE Live Donasi Tanda Mata Karya Anak Autisme untuk Sekolah Drisana
Kenali cahaya sebelum motret
Ada juga cahaya buatan, tentunya memakai bantuan lampu. Kita bisa gunakan lampu belajar. Jika menggunakan cahaya buatan, Adiat menyarankan agar seluruh ruangan gelap jadi hanya fokus cahaya di objek saja.

4. Fitur Panorama
Semua hanpdhone pasti ada fitur panorama di bagian kamera. Tak banyak yang ngeh kalau panorama bisa menghasilkan foto yang terlihat luas meski di ruangan yang sempit. Atau ketika sedang traveling ke pegunungan, foto bisa menghasilkan gambar yang luas dan bisa dapat semua objek.

Bagaimana caranya? Gampil gaes.

Posisi kamera di posisi potret bukan landscape. Lalu tekan tombol untuk memotret dan kamera berjalan ke arah yang diinginkan. Akan terlihat hasil gambar yang kece bingit. Bahkan jika ingin lebih banyak eksplore di fitur ini, kita bisa menjadikan satu orang terlihat menjadi tiga atau empat. Dan itu bagus banget untuk kebutuhan content di Instagram, Lols.

5. Komposisi
Nah komposisi ini yang menentukan foto terlihat bagus dan menarik. Untuk jam terbang tinggi, sekali jepret asal-asalan  pasti hasilnya bakal keceh. Lah, kalau kita yang orang awam bagaimana? Nggak mungkin juga harus menghitung dulu agar komposisinya pas.

Komposisi
Tenang gaes, jangan panik dulu.

Menurut Adiat ada 12 komposisi yang digunakan untuk motret. Tapi yang mudahnya kita memakai komposisi Rule of Thirds, atau 3x3. Ini garis kotak-kotak yang ada di kamera. Kalau bingung, sudah tersedia di Open Camera

6. Angle Kamera
Ada banyak macam angle kamera. Tapi yang umum ini ada 5 angle, yaitu:
- Bird Eye
- High Angel , ini posisi dari atas dan yang paling aman
- Eye level (straight angel)
- Low Angel, Posisi di tengah
Ini beberapa angle foto
- Frog Eye, ini pengambilan dari bawah sehingga orang akan terlihat tinggi

7. Editing
Adiat menyarankan untuk editing menggunakan aplikasi Snapseed. Aplikasi ini banyak fitur yang semuanya bisa memberikan hasil foto yang maksimal. Tapi dari sekian banyak fitur yang tersedia Adiat menyarankan  yang paling dasar selain Tune Images, fitur lainnya yang bisa digunakan adalah Curve, Healing, Details, Perspectives dan Text.

Langsung praktek 
Soo... udah paham kann, cuzz kuy praktek!

Semoga Bermanfaat

AAL

7 comments

  1. Wow, kece banget acara ini. Senang dengan acara seperti ini soalnya bisa langsung latihan praktek motret. Jadi, gak sekadar teori aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kalau kita bertanya langsung dijawab dengan praktek

      Delete
  2. wadaw hp saya dipakai foto cakep diluar saat panas-panas nya saja uda bangga betul loh hehe

    ReplyDelete
  3. wah open camera bisa dipakai buat bikin foto tambah keren yaa. kemarin saya baru donlot buat merekam video soalnya. hehe

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete