Transaksi dengan QR Code, Belanja Untung untuk Para Ibu Indonesia


Bertransaksi-dengan-QR-Code-Menguntungkan-Para-Ibu-Indonesia
Foto: Ist



Pada suatu pagi saya ke pasar modern (pasmod) di kawasan BSD City, Tangerang. Ini salah satu pasar modern yang baru dibangun, tidak begitu ramai jika dibangdingkan dengan pasmod satunya. Di bagian sayur-sayuran, banyak banget ibu-ibu yang berbelanja tapi kedua tangannya sibuk sekali. Tangan kiri memegang tas belanjaan, sedangkan tangan kanan sibuk dengan handphone.



Mereka asik memilih sayur, sambil mengobrol dengan penjual, tapi handphone tak pernah lepas. Awalnya saya heran, kok ini pasar beda banget sama pasar satunya. Kenapa mereka berbelanja dengan handphone? Setelah saya perhatikan lebih seksama, saya baru ngeh, ternyata mereka menggunakan pembayaran dengan transaksi QR Code. Apalagi ada tawaran cashback hingga 30 persen.

Setelah memilih sayur mereka melakukan pembayaran dengan melakukan scan dari handphone ke barcode yang ada di depan toko. So simple. Gak perlu keluarin kartu, menunggu digesek lalu menunggu struk pembayaran keluar. Kalau mau dihitung waktu ketika membayar dengan scan barcode dan gesek ATM, tentu perbandingan waktunya lumayan jauh.

Zaman sekarang banyak orang yang ingin serba cepat, praktis dan simple. Nggak pake lama. Nah transaksi QR Code ini sebagai jawaban buat para ibu-ibu yang banyak 'kerjaan' mulai dari tukang ojek, tukang masak, tukang beberes rumah dan kerjaan lainnya, waktu itu sangat penting. Pagi ke pasar setelah antar anak sekolah, lalu masak, cuci piring, cuci baju, beberes rumah dan siang jemput anak pulang sekolah. Tentu waktu 24 jam sehari gak cukup, waktu terasa cepat berlalu sedangkan banyak  'urusan' yang harus dilakukan.

Lalu, apa si QR Code itu?

belanja-murah-dengan-qr code
Foto: Ist
Yaitu sistem pembayaran digital yang menggunakan sebuah barcode atau QR (Quick Response) Code yang akan discan setiap akan melakukan transaksi pembayaran. Biasanya sistem QR payment membutuhkan koneksi internet setiap akan melakukan transaksi pembayaran ketika Qr-code yang tertera pada smartphone akan di scan.

Untuk gampangnya, bisa dilihat ketika kita belanja di supermaket. Ketika di kasir dan akan membayar, si kasir akan memindai kode yang tertera di sepotong kertas yang menempel di produk, terlihat ada barcode. Lalu akan muncul nama dan harga produk.

Mudah bukan?

Bukan hanya para ibu yang ingin serba cepat, anak milenial pun memiliki kebutuhan yang sama. Anak-anak muda sekarang yang memiliki mobilitas dan sosialisasi yang tinggi tentu nggak pingin ribet. Bertransaksi memakai QR Code tentunya menjadi pilihan mereka.

Saya pribadi sebagai salah satu pengguna QR Code. Saya biasanya memakai Gopay dan Ovo, alasannya tentu banyak cashback. Hari gini, siapa yang nggak mau diskon atau cashback. Apalagi para ibu, seorang manajer keuangan di rumah. Bagaimana caranya supaya pengeluaran tidak melewati anggaran yang ditetapkan oleh suami selama satu bulan.

Keinginan para ibu untuk belanja untung, ternyata fitur QR Code ini memang dikembangkan untuk mempermudah bukan menjadi lebih boros. Saya biasanya memanfaatkan aplikasi ini lewat keuntungan promo yang ditawarkan oleh Bank.

Buat para ibu yang masih bingung bagaimana cara bertransi dengan QR Code, ini coba saya kasih petunjuknya ya. Semoga bisa dipahami.

1. Download aplikasi mobile banking atau e-wallet
2.  Buka aplikasi yang terinstall di smartphone tersebut
3.  Pilih menu yang pembayaran dengan QR
4.  Lanjutkan dengan memindai (scan) QR Code yang tertera.
5.  Berikutnya akan ada konfirmasi bahwa transaksi pembayaran selesai

Gampang kan.

So, sekarang kalau pergi nggak usah galau lagi kalau dompet, kartu debet, kartu kredit ketinggalan di rumah. Yang penting ada handphone dalam genggaman, apapun bisa dibayar dengan QR Code. Dan yang pasti memperkecil kejahatan cyber.

#feskabi2019
#gairahkanekonomi
#pakaiQRstandar
#majukanekonomiyuk

Semoga Bermanfaat


Alia Fathiyah

No comments