Saturday, March 18, 2017

(Review) Film The Split, Bakal Ada Sekuelnya Lho


Sejak menonton film The Sixt Sense beberapa tahun lampau, gue udah tertarik dengan sutradaranya, Night Shyamalan. Fim yang dimainkan Bruce Willis itu bikin gue jatuh hati dengan gaya bercerita, tema, plot dan banyak kejutan.

Benang  merah kekuatan bercerita yang khas dari Night Shyamalan juga terlihat di Unbreakable (2000), lagi-lagi dimainkan oleh Bruce Willis serta Samuel L Jackson.

Kini, lewat The Split, Shyamalan yang menyukai kisah thriller menegangkan itu memilih aktor kece James McAvoy. Nggak tahu kenapa, gue suka banget sama cerita yang berbau psikologis orang, karakter orang dan kepribadian orang. Mungkin, karena gue mau jadi psikolog gak kesampean, hehehe (abaikan kalimat terakhir).

The Split bercerita tentang seorang pria yang aneh dan terpinggirkan, Kevin Wendell Crumb (James McAvoy). Dia memiliki 23 kepribadian, dan telah bertahun-tahun dirawat oleh psikiater tua Dr Fletcher (Betty Buckley).

Diantara 23 kepribadian, yang paling kuat dan sering muncul adalah sosok Dennis, seorang pria yang terobsesi dengan kebersihan, wajahnya serius, matanya tajam di balik kacamata. Dennis yang mengatur kepribadian lain masuk ke dalam 'tempat terang' (muncul ke permukaan).

Dennis menculik tiga gadis remaja di halaman parkir mobil, Claire, Marcia dan Casey ((seorang foto model Anya Taylor-Joy) si anak penyendiri. Ketiganya dikurung di ruang bawah tempat penyimpanan.


Ketiga gadis itu baru menyadari kelainan Kevin, ketika suatu malam mereka bertemu Kevin dengan pakaian dan gesture layaknya wanita. Dia mengenalkan diri bernama Patricia. Lalu Kevin juga muncul sebagai Hedwig, seorang bocah berusia 9 tahun yang membocorkan rahasia kalau ketiga gadis itu akan dikorbankan untuk The Beast. The Beast adalah kepribadian Kevin yang ke 24 dan selama ini selalu tersimpan karena memiliki kekuatan dan kejahatan layaknya monster.

Di antara ketiga gadis itu hanya Casey  yang cerdas dengan memanfaatkan Hedwig agar bisa keluar dari tempat itu.

Selama film berjalan, Shyamalan memberikan potongan-potongan adegan yang menggambarkan masa kecil dari Kevin dan Casey sehingga penonton mengerti kenapa Kevin bisa memiliki 23 kepribadian. Kedua orang tuanya memperlakukan Kevin dengan sadis sejak usianya masih 3 tahun. Penonton juga jadi meraba, karakter Casey yang tertutup dan penyendiri disebabkan pelecehan yang dilakukan pamannya saat kecil.

Baca Ini Juga Yuk : Film Kong: Skull Island

Shyamalam mencoba memberikan gambaran anak manusia, bagaimana karakter sehat seorang manusia akan tumbuh tergantung dari masa kecilnya, bagaimana orang tua memperlakukan anak-anaknya, itulah dia akan menjalani kehidupan dewasanya. Menjadi pribadi yang berguna atau justru menakutkan seperti Kevin.

James McAvoy yang total berakting hingga bisa berubah cepat dari karakter satu ke karakter lainnya. Dari sosok Barry, seorang desainer busana yang ceria dan luwes, lalu berubah menjadi Dennis, tiba-tiba harus berprilaku seperti anak-anak yakni Hedwig yang cadel dan menjadi Patricia yang anggun.


McAvoy terkenal lewat film X-Men menjadi profesor X yang bijaksana. Yang bikin gue terganggu adalah pemeran Casey. Itu kenapa juga selama dikurung wajahnya kok tetep cantik full make up? Phuuiilleessss, yang real lah, itukan bukan sinetron yang tidur bibir masih merah merekah dan bulu mata palsu cetar membahana masih nempel.

Yang udah nonton film The Split pasti bertanya-tanya, apakah bakal ada sekuelnya mengingat ending film tersebut menggantung. Gue sendiri sih yakin ada ketika pada akhir film muncul Bruce Willis yang menyenggol soal karakter Mr Glass di film Unbreakble.

Dan ternyata benar ada sekuelnya! Di Twitternya, sutradara asal India itu cuit begini. " I have an 11 page outline for my next film in my bag. I can't tell you what it is, but If you've seen #Split.../'

Yes!! Pasti gue tunggu sekuelnya!!

AAL

6 comments:

  1. Wow 23 kepribadian kyk gmn ya? Dulu pernah nonton film yg sekitar 3 kepribadian aja aku udah bingung nyerna filmnya. Kudu bener2 ditonton tanpa gangguan ini film ya mbak? hehe TFS reviewnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, filmnya keren banget, bikin deg-degan, adrenalin naik terusss hahahha, makasih udah mampir

      Delete
  2. Waah aku jd inget novel based on kisah nyata ttg sybil yg punya 16 kepribadian. Gmn ini yg lbh banyak lg yaaa :D. Penasaran jg sih mba pgn nonton.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalao novel itu aku belum baca tuh, seru keknya ya. Aku memang suka soal cerita yang kepribadian ganda. Kalau dia Indonesia dulu ada yang bikin Sekar Ayu Asmara film Belahan Jiwa yang main Dian Sastro. Keren banget, endingnya mengejutkan. Kok Sekar menghilang yaaa kemanakah?

      Delete
  3. Gara-gara blogwalking ke sini, langsung streaming filmnya 😂 Dan bener ini bagus banget. Bosen ama film horor yang gitu-gitu aja, ini lumayan bikin adrenalin naik turun 😱

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaa kereenn langsung nontonn, baguskan filmnyaaahhh

      Delete