Perlukah Saraf Kejepit di Operasi? RS Premier Bintaro Ada Penjelasannya

 


Assalamualaikum, Perlukah Saraf Kejepit di Operasi? RS Premier Bintaro Ada Penjelasannya- aliaef.com

Belum lama ini saya mengikuti Hospital Tour yang diadakan oleh RS Premier Bintaro bersama blogger dan vlogger. Sebelumnya saya sudah beberapa kali ke sana, untuk menengok teman yang dirawat dan kebetulan nggak jauh dari rumah saya  di Gading Serpong. Kesan pertama adalah rumah sakitnya keren, berbeda dengan rumah sakit lain. Konsepnya open space, jadi terlihat luas drngan banyak sinar matahari masuk dari kaca di atap.



Ketika pertama masuk lobi sudah disambut oleh Robot Darby yang berbentuk kepala rusa. Darby ini adalah maskot dari RSP Bintaro, yang sangat membantu memberikan informasi yang kita butuhkan. 


Lalu di sebelah kanan sudah ada Starbuck, terkesan lentur dan luwes, bukan kesan pertama menyeramkan yang selama ini diidentikkan dengan rumah sakit. Di lobi ketilka masuk agak ke dalam juga ada kantin dan beberapa resto.



Bersama 49 blogger lainya, kami dibagi beberapa kelompok yang terdiri dari 10 orang. Kebetulan saya mendapatkan kelompok 5 dan mendapatkan area lantai 2 untuk hospital tour.

Hospital Tour RSP Bintaro 

Ketika lift dibuka di lantai 2 kami disajikan pemandangan roof garden. Roof Garden ini khusus untuk pasien rawat inap yang ingin merasakan area outdoor sambil menikmati udara segar. Biasanya ini untuk pasien yang sedang berjemur di pagi hari dan menikmati sunset di sore hari.

Terlihat ada spot kursi batu berbentu bulat untuk duduk yang di tengahnya ada tanaman. Di pinggir nya dibatasi oleh pager dan tanaman. Bersih dan luas, ditemani dengan pemandangan vibes positif dari atas ketinggian.



Di Lantai 2 juga ada Tuli Clinics yang melayani Ortopedi Anak, Ortopedi Tulang Belakang, Rehabilitasi Medik,Gangguan Tidur dan Terapi Bicara.

Setelah itu kita diarahkan ke lorong yang di sisinya ada ruangan untuk operasi, ruang steril peralatan operasi dan lainnya. Lalu tak jauh, berada di pojok ada ruang Stroke Center yang ternyata baru dibuka awal tahun 2022. Meskipun tergolong baru tapi sudah banyak sekali pasien yang datang lantaran terintegrasi dengan UGD dan ICU. Bagian Stroke Center ini mengejar 4,5 jam golden periode dalam menangani stroke sehingga kerjasama dengan UGD serta ICU sangat diperlukan. Di sini memberikan penanganan secara keseluruhan untuk pasien stroke mulai dari pengobatan hingga pemulihan dan pencegahannya.



Menurut salah satu petugasnya, jika gejala mulut mencong, cadel, trombolitik memiliki kans besar untuk pulih. Pasien termuda yang pernah ada adalah di usia 35 tahun dan yang tertua 50 tahun. Biasanya yang memiliki penyakiut hipertensi dan kencing manis.



Dari Stroke Center kita berpindah ke lobi letaknya di samping Starbuck. Namanya Skin & Laser Clinic. Nah tempat ini pas banget untuk para perempuan karena memberikan terapi untuk mengecangkan tubuh wanita dari ujung ke ujung. Ini berdiri sejak 5 Agustus 2021 dan banyak pasien yang memilih untuk rejuvenation yang berguna mengencangkan kulit wajah hanya Rp 2,5 juta. Ini terbilang murah karena mendapatkan hasil yang memukau. Banyak pula terapi yang disediakan, ssttt ada juga mengecangkan Miss V, bestie. Di sini juga bisa menghilangkan tato, menghilangkan bekas jerawat, mengurangi kerutan dan perawatan kecantikan lainnya.









Health Talk bersama dr Ajiantoro Sp.OT

Setelah Tour Hospital selesai kita diarahkan ke lantai 5 di sana terdapat ruang Krakatau untuk mengikuti talkshow dengan tema Penanganan Terkini Saraf Kejepit. Dokter Spesialis Ortopedi dan Traumatologi dari RSP Bintaro yaitu dr Ajiantoro Sp.OT menjelaskan soal saraf kejepit yang kini makin banyak dialami oleh masyarakat.  

Selama ini banyak ketakutan pasien jika harus melakukan operasi karena kabarnya bisa menjadi lumpuh. dr Ajiantoro menjelaskan soal masalah tersebut. Menurutnya kini sudah ada penanganan modern dengan menggunakan alat yang canggih dengan risiko minimal.



Saraf terjepit, atau juga disebut radikulopati, terjadi ketika jaringan di sekitar saraf, seperti tulang, otot, tendon, dan tulang rawan, memberikan terlalu banyak tekanan pada suatu area saraf. Tekanan tidak wajar ini akan mengganggu fungsi normal saraf dan akan terasa nyeri.

Yang biasanya dialami dan bermasalah terkait saraf kejepit adalah masalah low back pain. Penyebab saraf kejepit adalah: 

- Otot

- Ligamen

- Sendi Facet

-Tulang

- Bantalan

- Saraf terjepit nyeri neurogenik



dr Ajiantoro juga memberikan tips contoh posisi duduk yang benar jika sedang menyetir mobil, duduk bekerja di depan lapto mengingat blogger memang pekerjaanya menulis dan disarankan untuk tidak meletakkan dompet di kantung belakang celana.



Tanpa Operasi

Menurut dr Ajiantoro pasien yang mengalami saraf kejepit dan emoh operasi bisa dilakukan langkah yang konservatif, apa saja si:

-. Diet dan berat badan ideal

- Perbaiki pola hidupdan aktivitas harian

- Istirahat/bed rest saat nyeri timbul

- Menghindari gerakan-gerakan pencetus nyeri

- Rehabilitasi medik yang juga dibagi menjadi:

 - Modalitas nyeri (TENS, US, Radiotherapy)

 -Latihan fisik dan penguatan otot (olahraga)

- Alat bantudan korset



Sedangkan pasien yang ingin operasi dengan minimal risiko bisa dilakukan dengan cara:

Interventional Pain Management:

- Injeksi/blok saraf tulang belakang

- Radiofrequency Ablation (RFA Spine)

-Percutaneous Laser Disc Decompression (PLDD)

Jika akan melakukan operasi RSP Bintaro memiliki fasilitas penunjang seperti

- C-arm

- Alat Endoscopy

- Kamar Operasi Non Infeksi

- Instrumen dan Implantyang lengkap

- Sterilisasi yang Terjaga

- Tim dokter dan perawat yang profesional

- Kesiapan kamar operasi 24 jam



Kesimpulan dari hasil talkshow ini adalah:

- Low Back Pain-saraf kejepit adalah keluhan yang sering sekali ditemui dalam bidang orthopedi (80 % populasi)

- Saraf kejepit dengan tanda bahaya haruslah dipahami sehingga tidak membahayakan pasien

- Penegakkan diagnosis dan tatalaksana dengan pemeriksaan serta fasilitas lengkap menjadi keutamaan dalam terapi pasien.

Semoga Bermanfaat

Alia F


No comments