Bingung Ban Mobil Kempes tanpa Kena Paku? Ini Cari Penyebabnya

 


Bingung Ban Mobil Kempes tanpa Kena Paku? Ini Cari Penyebabnya- aliaef.com

Mengalami ban kempes di jalan memang kadang bikin deg-degan. Saya pernah mengalami beberapa kali tapi untungnya nggak parah.  Ketika mau pergi karena terburu-buru saya nggak mengecek mobil langsung aja melaju menuju tempat tujuan.

Di jalan berasa kok berat meski injek gas udah terlalu dalam.  Melaju di jalanan jadi nggak enak. Untung tujuan gak terlalu jauh dan saya langsung mengecek ban mobil. Benar saja, ban belakang dua-duanya terlihat kempes. 


Lalu saya mencari pom bensin untuk isi nitrogen yang ternyata ada di angka 21 yang seharusnya normal di angka 36. Buat saya urusan ban ini penting banget nggak bisa disepelekan.

Banyak faktor yang menyebabkan ban mobil kempes tanpa kita tahu penyebabnya padahal baru saja mengisi angin atau nitrogen. Nah ini mungkin beberapa penyebab ban kempes.

Penyebab Ban Mudah Kempes dan Cara Mengatasinya 


1. Suhu Dingin karena Terlalu Lama Diparkir 

Apakah Anda jarang menggunakan mobil? Apalagi di masa pandemi pekerjaan pun bisa dilakukan dari rumah. Mobil yang terlalu lama diparkir di dalam garasi akan mengalami suhu dingin. Suhu tersebut akan mempengaruhi kondisi ban mobil dimana tekanannya menurun. 

Suhu yang terlalu dingin akan membuat karet ban mengeras dan membentuk ruang kosong di antara ban dan juga pelek. Udara yang dapat keluar dengan sendirinya melalui ruang tersebut yang mengakibatkan ban menjadi kempes. 

Solusi supaya tidak terbentuk celah dan angin keluar, sesekali panaskan mobil sambil dikendarai. Anda bisa mengemudi sekitar 15 menit setiap dua atau tiga kali seminggu. 

2. Pentil Ban Mobil yang Kendor atau Rusak

Faktor lain yang juga pengaruhnya cukup besar adalah pentil ban yang menjadi lubang tempat keluar masuknya angin. Jika pentil mengalami kerusakan seperti kendor maka angin ban akan keluar melalui lubang tersebut. 

Pentil rusak bisa disebabkan karena pemasangan yang kurang rapat sehingga daya kekuatannya menahan udara lebih rendah. Kerusakan juga bisa disebabkan oleh karat. Cara mengatasinya adalah dengan mengganti dengan pentil ban yang baru. 

3. Kerusakan pada Pelek Mobil 

Ban mobil juga sering kempes karena pelek yang rusak seperti penyok atau perubahan bentuk yang tak kasat mata. Pelek yang rusak juga bisa menjadi penyebab utama mengapa udara dalam ban cepat keluar. 

Jika Anda mengisinya dengan angin tentu saja udara akan tetap segera kempes melewati bagian pelek yang penyok. Ketika kerusakan pelek adalah penyebabnya, Anda bisa menggantinya terlebih dahulu dengan ban serep. 

4. Menggunakan Ban dengan Kualitas Buruk

Penyebab lainnya adalah kualitas ban yang digunakan sangat buruk. Anda mungkin ingin membeli ban dengan harga murah, tapi kualitasnya tentu saja tidak terjamin. Ban mobil lebih cepat gundul, jika terlalu tipis ban akan mudah mengalami bocor halus. 

Kebocoran halus akan membuat ban terus menerus kempes walaupun Anda mengisinya dengan angin. Untuk mencegah masalah ini akan lebih baik untuk membeli ban dengan ukuran standar. 


Pastikan Anda menggunakan ban mobil yang standar sesuai dengan saran produsen mobil. Dengan begitu ban mobil akan lebih tahan lama sehingga tidak perlu mengeluarkan uang lebih banyak untuk perawatan mobil. 



5. Terlalu Banyak Debu dan Pasir Menempel

Kebocoran halus pada ban mobil juga terjadi karena Anda jarang membersihkan ban mobil. Sering melewati area berlumpur membuat pasir dan debu sering menempel pada bagian kembangan ban. 


Butiran pasir juga akan menjadi kerak pada bagian ban dan velg sehingga menciptakan celah yang membuat udara dapat keluar. Dengan begitu ban akan lebih cepat kempes. Cara mengatasinya tentu saja dengan rutin mencuci mobil. 


Jika Anda sudah memiliki waktu untuk mengecek kondisi ban, atau jika sedang bepergian ke Jawa Tengah dann membutuhkan bengkel mobil dipercaya, langsung saja datang ke  Suzuki Solo Indonesia Utama. Anda juga bisa membuat jadwal servis terlebih dahulu di website suzukisurakarta.co.id.  
Memeriksakan kendaraan mobil Anda langsung ke bengkel resmi akan memberikan keamanan karena ditangani dengan teknisi profesional.

Semoga Bermanfaat

Alia Fathiyah

No comments

Alsya Communications

Alsya Communications
Media Consultant untuk press conference, media gathering dan press release. Tim kami terdiri dari para mantan wartawan sehingga memudahkan untuk interaksi dengan media di Indonesia, baik media cetak, media online, atau blogger.