Maska Skincare, Produk Kecantikan Lokal yang Mengusung Eco Friendly dengan Harga Terjangkau

maska-skincare-produk-kecantikan-alami

Belakangan, saya mulai memilih produk kecantikan yang ramah lingkungan. Artinya produk yang berasal dari ekstrak bahan-bahan alami dari tumbuhan. Memang belum semuanya, tapi sudah mulai bertahap. Entah kenapa, saya merasa jika memakai bahan alami membuat kulit menjadi lebih segar, dibandingkan jika memakai produk kecantikan berbahan kimia.



Beberapa produk skincare yang saya gunakan dengan bahan dasar alami adalah dari lotion wajah, terbukti wajah saya menjadi lebih cerah serta kulit lebih kenyal (ehm). Lalu body lotion atau body butter. Shampoo, roll on dan beberapa produk kecantikan lainnya.Soal harga memang sedikit lebih mahal dibandingkan produk sejenis dengan menggunakan bahan kimia.

Dimaklumi, harga yang lebih mahal, pastinya disebabkan bahan alami tersebut didapatkan dan diolah tidak semudah bahan kimia. Indonesia adalah 'surga' nya tumbuhan serta esktrak tanaman yang bisa digunakan untuk produk kecantikan.


Nah, saya mulai tertarik ketika mengetahui ada produk kecantikan lokal yang mengusung eco friendly menggunakan bahan alami dan kemasan produk yang bisa ditukar kembali sehingga tidak terbuang percuma menambah tumpukan sampah.

Kepo kan?

Adalah Maska Skincare, produk kecantikan asli Indonesia.  Sekilas melihat kemasan produknya berbeda dengan produk sejenis. Penuh dengan warna 'centil' dan menggunakan konsep instalasi jadi terlihat unik. Dari visual dan desain terlihat lebih fresh dan optimis, karena memang cocok bagi para wanita yang mandiri dan optimis.

Maska Skincare menggunakan ekstrak tanaman yang banyak tumbuh di Indonesia. Di antaranya adalah tanaman Pegagan (Centella asiatica), Sirsak (Annona cherimolia), Kacang-kacangan seperti Kacang Hijau (Vigna radiata), Kacang Kedelai (Glycine max), dan Lentil (Lens culinaris), serta Buah Beet (Beta vulgaris), dan Algae

"Tanaman tersebut kemudian diambil bagian daunnya atau buahnya, selanjutnya diesktrak dan diformulasikan menjadi bahan untuk digunakan sebagai campuran skincare. Setiap tumbuhan memiliki bahan aktif dengan khasiat masing-masing bagi kulit. Yang pasti, kolaborasi dari bahan-bahan alami tersebut sangat efektif sehingga dapat mewujudkan kulit sehat bagi pecinta skincare,” kata Raditya Bayu, CEO Maska Skincare 7 Oktober 2019.

CEO Maska Skincare Raditya Bayu dan Almas Hudiya, Chief Operation Officer (foto: Alia Fathiyah)

Alhamdulillah saya sempat mencoba Maska Tone Up Cream berfungsi sebagai krim pencerah kulit tubuh. Krim ini mengandung ekstrak akar buah Beet (Beet root Extract) yang banyak mengandung Vitamin C. Vitamin C berperan  sebagai antioksidan, menjaga kelembaban kulit, mengurangi pigmentasi dan noda hitam pada kulit. Dalam hitungan detik terlihat kulit saya menjadi cerah.

Lalu saya juga mencoba Maska Aqua Blue Hydrogel Eye Patch adalah masker mata berwarna biru untuk meningkatkan elastisitas kulit sekitar mata, mencerahkan, dan melembabkan. Masker ini mengandung Irish moss, Kolagen, Hyaluronic Acid (HA), Niacinamide (Vitamin B3), dan Allantoin. Dalam kemasan tertulis selain digunakan di bawah mata, bisa dipakai di beberapa bagian wajah seperti dagu, dahi dan pipi. Rasanya seperti memakai masker, wajah menjadi tegang. Setelah itu terasa lembut.

Untuk saat ini, Maska Skincare menawarkan rangkaian produk perawatan wajah.

maska- skincare- produk - kecantikan
Rangkaian produk Maska Skincare (foto/desain: Alia Fathiyah)

1. Maska  Kiss Me Sheet Mask for Soothing and Hydrate
Maska Kiss Me Sheet Mask adalah masker yang berfungsi untuk melembabkan dan menghidrasi kulit wajah. Maska Kiss  Me mengandung ekstrak daun Pegagan (Centella asiatica). Daun pegagan mengandung triterpenoid saponin,  senyawa aktif yang paling penting dari tanaman pegagan. Unsur utama triterpenoid saponin adalah madekassosida, yang berperan penting karena mampu memperbaiki kerusakan sel dengan merangsang produksi kolagen pada kulit. Jumlah kolagen yang cukup akan membuat kulit wajah kenyal dan kencang.

2. Maska Sunshine Kiss  Sheet Mask for Brightening
Maska Sunshine Kiss Sheet Mask berfungsi untuk mencerahkan kulit wajah. Masker ini mengandung esktrak daun sirsak (Annona cherimolia). Sirsak mengandung vitamin C, B1, dan B2, yang dapat membantu mengencangkan kulit, mencerahkan kulit, serta dapat mengurangi jerawat. Sirsak juga mengandung senyawa polifenol, saponin, dan bioflavonoid yang bersifat antioksidan untuk menangkal radikal bebas penyebab rusaknya sel kulit.

maska-skincare-masker
Rangkaian produk masker wajah (foto: Alia Fathiyah)

3.  Maska Beyouthfull Sheet Mask for Rejuvenating
Maska Beyouthfull Sheet Mask berfungsi untuk meremajakan atau meregenerasi kulit wajah yang telah tua atau rusak. Masker ini mengandung  Snow Algae Extract, merupakan ektrak yang sangat efektif untuk meningkatkan elastisitas kulit, meremajakan, dan meregenerasi sel kulit baru.  Ekstrak ini diambil dari algae laut.

Alga laut mengandung senyawa bioaktif, diantaranya MAA, fenol, fukoidan, fosfolipid, β-Karoten, derivat phlorotannin, fukosantin, DPHC, oxysterol, polisakarida, astaxanthin, dan lutein. Senyawa bioaktif tersebut dapat berfungsi sebagai antioksidan, protektor terhadap radiasi UV (UV filter), sintesis kolagen, regenerasi kulit, pelembab, serta menghambat pembentukan melanin pada kulit. 

Maska juga menggunakan bahan kacang-kacangan (mix beans extract) dalam kandungan produknya seperti kacang hijau, kacang kedelai, dan lentil. Kacang-kacangan tersebut sangat baik bagi kulit karena berfungsi untuk antibakteri, mengatasi iritasi, dan mengurangi minyak berlebih pada kulit.

4. Maska Tone Up Cream
Maska Tone Up Cream berfungsi sebagai krim pencerah kulit tubuh. Krim ini mengandung ekstrak akar buah Beet (Beet root Extract) yang banyak mengandung Vitamin C. Vitamin C berperan  sebagai antioksidan, menjaga kelembaban kulit, mengurangi pigmentasi dan noda hitam pada kulit.

Rangkain produk Maska Skincare (foto: Alia Fathiyah)

5. Maska Hydrogel Eye Patch
Maska Hydrogel Eye Patch adalah masker khusus untuk menutrisi mata agar kulit mata cerah, kenyal, dan menyamarkan garis halus serta keriput pada mata. Masker yang diletakkan di daerah kantong mata hingga sudut mata selama 15-20 menit ini mengandung sejumlah bahan terbaik untuk kulit mata yang tipis dan sensitif, diantaranya Kolagen, Irish Moss, Hyaluronic Acid (HA), Niacinamide (Vitamin B3), dan Allantoin.

Maska Hydrogel Eyepatch terdiri atas 4 varian, yaitu:

Maska Soothing Ageless Hydrogel Eye Patch
Maska Soothing Ageless Hydrogel Eye Patch berwarna emas ini mengandung emas (gold) untuk mengencangkan dan membuat kulit sekitar mata glowing/bercahaya. Kandungan ekstrak algae nya dapat menyamarkan garis halus pada kulit mata. Sedangkan kandungan HA dan kolagennya menghidrasi dan mengurangi bengkak pada bawah mata.

Maska Hydrogel Eyepatch (foto: Alia Fathiyah)

Maska Aqua Blue Hydrogel Eye Patch
Maska Aqua Blue Hydrogel Eye Patch adalah masker mata berwarna biru untuk meningkatkan elastisitas kulit sekitar mata, mencerahkan, dan melembabkan. Masker ini mengandung Irish moss, Kolagen, Hyaluronic Acid (HA), Niacinamide (Vitamin B3), dan Allantoin.

Maska Nutrient Hydrogel Eye Patch
Maska Nutrient Hydrogel Eye Patch adalah masker mata berwarna pink untuk meningkatkan elastisitas kulit sekitar mata, mencerahkan, melembabkan, dan melembutkan. Masker ini mengandung Irish moss, Kolagen, Hyaluronic Acid (HA), Niacinamide (Vitamin B3), Allantoin, dan Rose Water.

Maska Lightening Hydrogel Eye Patch
Maska Lightening Hydrogel Eye Patch adalah masker mata berwarna coklat untuk meningkatkan elastisitas kulit sekitar mata,  mencerahkan, melembabkan, dan mengurangi lingkaran hitam di bawah mata. Masker ini mengandung  Irish moss, Kolagen, Hyaluronic Acid (HA), Niacinamide (Vitamin B3), Allantoin, dan Pearl Extract.

Maska optimistis dapat bersaing di industri kecantikan dan diterima pasar millenial mulai usia 17-27 tahun dan mature mulai usia 28-35 tahun. Harganya pun terbilang murah, untuk Basic Needs kisaran Rp 10.000- Rp 60.000. Untuk Special Treatmen Rp 30.000- Rp 200.000 dan Luxury Product Rp 250.000- Rp 600.000.

Industri skincare setiap tahunnya selalu meningkat. Bahkan, pada 2019 diprediksi akan tumbuh mencapai 6%. Hal itu ditambah lagi penetrasi produk skincare di Indonesia yang baru mencapai 70%. Angka itu masih jauh dibandingkan dengan industri makan dan minuman (FnB). "Hal itu menandakan sangat menjanjikannya. Bahkan, pasar Indonesia diprediksi akan menjadi top 5 di Asia," kata Raditya.


Semoga Bermanfaat

Alia Fathiyah



3 comments

  1. Harus coba ini. Betul, produk lokal pun tak kalah bagus dengan impor. Lebih baik pakai produk lokal daripada produk buatan luar negeri tapi ilegal atau justru tertipu KW

    ReplyDelete
  2. Sukaa sama produk kecantikan berbahan alami seperti Maska skincare ini. Karena kulit sy sensitif banget. Next harus dicoba. Salam kenal, Mbak :) makasih sharingnya bermanfaat sekali..

    ReplyDelete
  3. Lucu banget ya mba packagingnya.. gemezz. Memang beauty waste ini PR banget. Tapi sekarang sudah mulai banyak yang concern dengan limbah dari produk kecantikan ya..

    ReplyDelete

Alsya Communications

Alsya Communications
Media Consultant untuk press conference, media gathering dan press release. Tim kami terdiri dari para mantan wartawan sehingga memudahkan untuk interaksi dengan media di Indonesia, baik media cetak, media online, atau blogger.