Festival Ibu dan Buah Hati ala SelebMom



Pernikahan dini dan kekerasan terhadap anak, kedua isu itu menjadi agenda utama bagi Komunitas Cerita Ibu Cerdas (CIC) yang bekerja sama dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) untuk menggelar  Festival Ibu dan Buah Hati 2018 di Intermark BSD City, Tangerang Selatan, 5-6 Mei 2018.



Acara tersebut dibuka oleh Wakil Walikota Tangerang Selatan, Bapak Benyamin Davnie, Deputi Bidang Tumbuh Kembang Anak dari KPPPA, Ibu Leny Nurhayanti Rosalin dan Ketua CIC Fairus Faisal.

“Saya melihat ketertarikan masyarakat terhadap isu ibu dan anak yang tinggi, bersama rekan-rekan di Komunitas CIC kemudian mengajukan hal ini ke beberapa instansi pemerintah, yakni Pemerintah Kota Tangerang Selatan, dan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak yang memberikan dukungan terutama mengangkat isu untuk memberikan hak untuk anak, terutama stop kekerasan terhadap anak,” kata Ketua CIC Fairus Faisal atau akrab dipanggil Iloet.

Sementara, Deputi Menteri Bidang Tumbuh Kembang Anak KPPPA, Lenny N. Rosalin mengatakan, saat ini upaya pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak untuk mewujudkan Indonesia Layak Anak 2030 sedang dilakukan. Tingginya angka kekerasan terhadap anak termasuk didalamnya pelecehan seksual di Indonesia menjadi perhatian pemerintah dan banyak pihak.

Terpilihnya Tangerang Selatan untuk penyelenggaraan acara ini lantaran TangSel merupakan kota dengan pertumbuhan ekonomi yang pesat, memiliki program-program untuk anak dan juga kesetaraan gender pada wanita, terutama kaum ibu. Selain itu, banyaknya artis anggota KCIC yang juga berdomisili di Tangerang Selatan seperti Bintaro, BSD, Ciputat, dan Pamulang.

Wakil Walikota Tangerang Selatan Benyamin Davnie mengatakan, acara seperti ini menjadi bagian dari Kota berkembang Tangerang Selatan. “Kami pun akan merencanakan acara seperti ini akan menjadi agenda tahunan kami di Tangerang Selatan. Dengan acara seperti ini, kami berharap warga Tangerang Selatan semakin paham tentang isu-isu yang tepat guna bagi Ibu, anak, dan anggota keluarga."

Banyak Artis

Mungkin karena acara tersebut diselenggarakan oleh komunitas yang mayoritasnya artis, saya melihat acara berjalan dengan santai, ikrib dan menyenangkan karena para artis saling melempar joke di depan pengunjung.

Saya yang hadir pada pembukaanya, Sabtu 5 Mei 2018, melihat beberapa artis yang hadir seperti Deswita Maharani, Intan RJ, Fairus Faisal, Tya Ariesta. Dan hari kedua juga lebih banyak artis yang hadir seperti Anggie Virgin, Revalina S Temat, Jennifer Arnelita dan lainnya.

Pada pembukaanya, Deswita Maharani yang menjadi MC dengan gayanya yang khas, acara tersebut terlihat cair. Deswita mampu memberikan kesegaran ketika Pak Benyamin dan Ibu Lenny memberikan kata pengantar di atas panggung.

Pada acara kedua, yakni talkshow bersama RS Premier Bintaro bertajuk Healthy Shoulder for Active Moms oleh Dr Jefri Sukmawan Sp.OT, dibawakan oleh Intan RJ, mantan artis cilik yang kini tentunya telah menjadi seorang ibu.

Intan RJ juga mampu mengulik lewat pertanyaan yang diajukan ke dr Jefri sehingga banyak pengunjung mendapatkan informasi yang penting. Dalam talkshow ini, pengunjung yang mayoritas ibu-ibu, antusias bertanya soal sakit pada bahu yang banyak diderita para ibu. Sudah bukan rahasia lagi, seorang ibu adalah multitasking, ibu mampu mengerjakan pekerjaan sekaligus. Misal masak atau mencuci piring sambil menggendong anak, mengangkat cucian berat atau bahkan meraih atau menaruh barang yang letaknya lebih tinggi dari tubuhnya. Semua pekerjaan itu tentu membutuhkan bahu yang kuat agar pekerjaan semua beres.


"Kalau cedera, merasa bahu sakit, lebih baik istirahatkan dulu. Ketika bahu sakit atau cedera, jangan biasakan pergi ke tukang urut, ibarat api dilempar bensin.  Lebih baik, kompres dengan air dingin," kata dr Jefri.

Dokter Jefri juga menyarankan jika menggendong anak lebih baik jangan hanya di satu sisi saja. Tapi bergantian dengan sisi yang lain, sehingga fungsi kedua bahu berjalan normal. Talkshow tersebut ditutup dengan tanya jawab dan pemberian dorprize voucher berobat ke RS Premier Bintaro senilai jutaan rupiah.

Demo By PhillipsSelesai Ishoma, Philips memberikan demo untuk produk terbarunya yakni Baby Hair Clipper HC 1055.


Kini, anak gak perlu lagi ke salon di mal sambil naik mobil-mobilan dan nonton kartun kesayangan. Salon anak di mal harganya juga gak murahkan. Daripada tiap dua bulan ke salon dan keluar duit sampai ratusan ribu rupiah, lebih baik beli saja Baby Hair Clipper.

Tanpa perlu kursus rambut dulu, kita bisa juga kok memotong rambut anak dengan hasil yang kece. Harganya diskon waktu acara itu Rp 300 ribu sekian, sedangkan harga asli Rp 600 ribuan.

Apa kelebihannya:
1. Ketika alat cukur meluncur di kepala, tentunya aman, sentuhan lebih lembut.
2. Sistem pemotongan yang aman
4. Panjang sisirnya multiple (1-12mm)
6. Alat pemotongnya tahan air. Anda dapat membersihkan pemotong rambut dengan aman dan mudah dalam air setelah digunakan.
7. Sistem pemotongan yang dirancang khusus untuk penggunaan yang aman dan profesional dengan pemotong keramik yang lebih pendek dan ujung bulat dapat dengan mudah menangkap dan memotong rambut lembut anak-anak tanpa mencabut bulu atau menggaruk kulit.
8. Pisau yang ramping agar mudah memotong kepala kecil anak-anak Anda. Baling-baling kecil untuk memudahkan memotong kepala kecil anak-anak Anda, yang dirancang untuk menjangkau area rumit di sekitar telinga dengan mudah.
9. Alat cukur keluarga yang dilengkapi dengan mata pisau yang tajam serta teknologi canggih yang memberikan keamanan dan kenyamanan kepada Anda dan keluarga ketika bercukur tanpa menyebabkan iritasi.
10. Dilengkapi dengan sisir cukur berbentuk bulat dengan gerigi pendek yang berguna untuk mencukur rambut si kecil. Sisir khusus ini memberikan kenyamanan dan kemudahan bercukur pada anak dengan permukaanya yang halus dan lembut.

11. Produk ini memiliki pisau berbahan stainless steel berkualitas yang membuatnya selalu tajam untuk jangka waktu yang lama. Untuk perawatannya, cukup lepaskan pisau cukurnya lalu bersihkan dengan air bersih

12. Produk ini dilengkapi dengan teknologi Dual Cut yang mampu mengombinasikan 2 elemen ketajaman dengan gesekan yang minim. Dengan produk ini, Andapun dapat bercukur 2x lebih cepat dibandingkan dengan alat pencukur biasa.

Happy Diapers
Ketika berjalan keliling lokasi acara, saya tertarik dengan stand diapers. Berbeda dengan diapers yang selama ini saya lihat, diapers ini memiliki motif yang lucu-lucu. Happy Diapers produksi lokal dengan bahan yang diambil dari luar. Memiliki 20 desain menarik dan lucu, ada gambar dinosaurus, buah semangka, binatang dengan warna-warna menarik.


Dalam satu kemasan harga Rp 89 ribu tentunya dengan jumlah yang berbeda, tergantung dari ukuran. Menurut Dilla, banyak ibu-ibu yang membeli Happy Diapers tapi hanya untuk dipajang di kamar tanpa dipakai ke anaknya. "Habis motifnya lucu, sayang untuk dipakai," kata Dilla bagian marketing di Happy Diapers. Untuk produk lengkapnya bisa dilihat di Instagram.

Dalam festival tersebut juga ada lomba mewarnai, hiburan bagi pengunjung serta sosialisasi Kartu Identitas Anak (KIA). Terlihat banyak stand produk bayi dan anak juga ragam tlkshow yang inofmatif.

Semoga Bermanfaat

ALIA F

2 comments

  1. waahhh acaranya sangat bagus kak. banyak edukasinya tentang balita

    ReplyDelete