Sunday, December 3, 2017

Muvon APP, Aplikasi Halal Lifestyle Pertama untuk Umat Muslim


Kita sebagai orang muslim tentu merasa nyaman dan aman ketika berada di lokasi, restoran, serta lingkungan yang halal. Iya dong, apalagi zaman sekarang sepertinya sudah mulai rancu, mana yang halal dan mana yang haram. Padahal sebagai orang muslim, kita memiliki beberapa aturan yang tentunya demi kebaikan umat untuk mengikuti Al -Quran dan Hadist Rasulullah.

Nah, saya merasa senang sekali ketika akhirnya umat muslim di Indonesia memiliki sebuah aplikasi halal. Adalah TVMU (TV Muhammadiyah) yang meluncurkan aplikasi Muvon (Muhammadiyah Vision), sebuah aplikasi mobile berbasis teknologi over the top yang dikembangkan atas kerjasama antara TV Muhammadiyah dengan Digital Media Corp dan Digital Creative Asia.


Project Direktor MUVON, Khaerullah mengaku tujuan penting dari Muvon adalah ingin meningkatkan taraf hidup umat dengan landasan ekonom syariah. "Ada media alternatif pilihan umat Islam di digitalisasi dengan gaya hidup halal. Memberikan manfaat dan menebar kebaikan untuk seluruh umat dengan dimotori oleh keluarga besar Muhammadiyah,” katanya di Gedung Muhammadiyah, Menteng, Kamis 30 November 2017. Peluncuran Muvon sekaligus untuk merayakan hari jadi TVMU yang ke 4 pada 18 November lalu.

Pak Khaerullah mengutip hadist Rasulullah, "Jadilah pembuka dalam kebaikan." Muvon yang artikan  oleh kids jaman now sebagai kata move on, bagi Pak Khaerullah diartikan sebagai Muhammadiyah bangkit. Muvon Sebagai pembuka kebaikan yang akan didengarkan dan dilihat oleh mata dunia dalam kebangkitan umat Islam.

Diharapkan ada 3 hal yang didapatkan dari MuVon, yaitu terjadinya ekosistem gaya hidup halal, terjadinya peningkatan pembelian umat dalam hal ekonomi syariah, serta memberdayakan kemampuan umat Islam secara berjamaah, di bidang digitalisasi, informasi, dan media.

Menariknya, Muvon memberikan beberapa menu penting yang biasa kita temukan di aplikasi serupa, meski tentu ada perbedaanya. Dengan mengusung tema #HalalLifestyle, Muvon memberikan beberapa layanan yang bermantaat bagi para penggunanya, dengan variasi menu aplikasi yang bermantaat bagi umat muslim seperti pencarian masjid, sekolah muslim, rumah sakit muslim, dan panti asuhan  di fitur Search Engine.

Project Director Muvon, Pak Kaherullah
Buat saya pribadi ini penting banget ketika butuh sekolah muslim untuk anak, semua informasi yang dibutuhkan ada di Muvon. Atau ketika berada di jalan dan harus sholat, tinggal buka aplikasi Muvon kita bisa tahu mesjid terdekat di posisi kita saat itu.

Cuma itu aja?

Tenang genks, banyak lagi menu lainnya yang tak kalah penting. Yaitu PasarMU, yaitu layanan jual beli muslim. Jadi pedagang muslim bisa berdagang secara gratis tanpa bayar sesenpun. Pembeli tanpa perlu khawatir soal halal atau tidaknta jika melakukan transaksi di situ.

Menu lainnya yang menjadi kebutuhan sehari-hari adalah kemudahan membayar tagihan listrik, air, pulsa dan lainnya.

Lalu ada menu JobMU. Yakni bagi fresh graduate atau muslim yang butuh pekerjaan bisa mencari informasi di fitur tersebut, tentunya pekerjaan yang halal.

Dirut TVMU: Gatot Triyanto

Selain itu, ada juga menu BillMu, KoperasiMu, CJMu, LazisMu, serta KeluargaMu. Saat ini, Muvon sudah tersedia di android playstore dalam bentuk beta (uji coba) dan akan bisa dinikmati pengguna pada akhir Februari 2018.

Direktur TVMU, Gatot Triyanto.
Bapak Gatot Triyanto memberikan sedikit penjelasan mengenai Muvon ynag menjadi bagian TVMU yang berbasis teknologi OTT. Salah satu menu CJMU (Citizen Journalist) merupakan satu fitur yang bisa dikirim netizen dari peristiwa yang terjadi. Gatot mengatakan ada imbalas pantas jika ada netizen yang mengirim videonya.

Ketua PP Muhammadiyah, Bpk Dadang Akhmad

"Biasanya jika orang memiliki insting jurnalis tidak akan memikirkan imbalan karena niat mereka ingin berbagi informasi kepada khalayak banyak," katanya.

Ketua PP Muhammadiyah, Dadang Akhmad
Pada acara itu juga ada penjelasan dari Bapak Dadang Akhmad, Ketua PP MUhammadiyah. Pak Dadang mengaku senang ketika mengetahui ada nya aplikasi halal bagi umat muslim. Dia berharap aplikasi tersebut bisa menjangkau umat muslim lebih luas.

Foto: Ono Sembunglano

Pertanyaan Saya.

Dari semua fitur yang ada di Muvon saya tertarik dengan fitur film. Pak Khaerullah mengatakan nantinya akan ada platform entertainment, terutama film dari seluruh dunia, seperti amazon, netflik. Bahkan para anggota Muvon nantinya bisa menikmati film terbaru.

Pertanyaan saya adalah, film-film bule itukan bisa dibilang jauh dari halal. Tau dong, bagaimana film dari negri Barat memberikan gambaran atau contoh buruk untuk umat muslim. Pertama dalam hal aurat, perzinahan dan kekerasan secara verbal, serta masih banyak lagi.

Bagaimana cara Muvon sebagai aplikasi halal untuk tidak menyiarkan film seperti itu?

Pak Khaerulah menjawab, jika di Muvon tersedia SDM (sumber daya manusia) yang tugasnya mensortir semua film yang tidak layak ditonton di Muvon. Jadi jangan khawatir dengan 'virus' yang menyebar dari film-film bule.

So, Muvon benar-benar aplikasi halal untuk umat muslim. Jadi nggak usah takut lagi mendapatkan informasi hoax, para haters atau pembenci yang bisa merusak atau pemecah umat muslim. Karena  Muvon mempunyai beberapa kode etik yang harus dipatuhi bersama, agar tidak dimanfaatkan sebagai alat pemecah bangsa nantinya.

Alia Fathiyah

2 comments:

  1. wah asyik ya, bisa aman dalam segala hal

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, gak khawatir lagi dan bertanya-tanya, halal gak ya, semoga konsisten

      Delete