Thursday, November 30, 2017

Cara Gampang Kerja di Korea, Baca Buku K-Job EPS Topik Dulu


Siapa sih yang nggak mau ke Korea Selatan? Pasti kalau ditanya semua bakal tunjuk tangan, termasuk saya. Apaagi saya punya pengalaman nggak enak, pernah mau ikut trip ke Korea sama temen yang punya tour and travel. Udah bayar DP (uang muka), ngayal dong bakal ketemu 'temen-temen' Kpop, eh nggak taunya temen saya kabur bawa uang DP. Rasanya sakiitttt di sini (hehhe curcol sedikit).

Pupuslah mimpi bisa jelong-jelong (baca: jalan-jalan) ke Korea, negara penghasil drama baper terbesar dan negara yang menjadi salah satu tujuan utama orang Indonesia yang berharap bisa ketemu aktor pujannya.

Orang Indonesia ke Korea bukan cuma jalan-jalan lho, banyak juga yang bekerja di sana dan rata-rata berhasil. Nggak pernahkan kita mendengar TKI ada masalah di Korea? Yang ada malah sukses. Lalu kenapa orang Indonesia tertarik kerja di Korea?

Pasti gajinya yang gede serta segala fasilitas yang diberikan oleh perusahaannya.

"Gaji dasar TKI di Korsel sebesar 1,35 juta won atau kisaran Rp14 juta. Disediakan tempat tinggal plus makan dua kali. Selain itu, terdapat asuransi yang sangat memadai. Jika mereka rajin lembur, apalagi di hari libur, maka gaji yang diterima bisa Rp25 juta—Rp30 juta per bulan. 
Dalam sebuah survei yang dilakukan KBRI pertengahan tahun lalu, rata-rata TKI di Korsel atau sekitar 58 persen berpotensi menabung kisaran Rp15 juta. Sehingga, di atas kertas saya bisa bilang bahwa jika mereka bekerja di sana seperti dalam kontrak, umumnya 4 tahun 10 bulan, uang yang dikantongi setidaknya Rp870 juta.
Hal yang paling disukai pemilik perusahaan di Korea dengan pekerja Indonesia adalah karena mereka rajin bekerja (71 persen). Sayangnya, 59 persen menyatakan TKI kita masih lemah dalam hal bahasa Korea dan itu dikonfirmasi oleh para TKI." (Tempo.co)

Nah, pasti kendala bahasakan. Korea menggunakan tulisan HanGeul, perlu waktu khusus untuk mempelajarinya.

Tapi tenang, jangan galau. Ada solusinya.


Untuk bisa kerja di Korea, kita harus lulur tes EPS Topik. Nah buku ini memberikan jalan dengan berbagai soal serta pertanyaan yang nyaris mirip dengan EPS Topik aslinya.

Ada baiknya untuk mengintip buku yang ditulis Profesor Jeoung-Sun Bae, PhD Pedagogogigs (Profesor Lucy Bae). Buku ini membantu dan memudahkan orang Indonesia untuk kerja di Korea, karena harus melewati tes EPS TOPIK atau Test Employment Permit System Test Of Proficiency Korea,  atau buku untuk belajar lancar bahasa korea.

 Nah buku keluaran Hanijemi, perusahaan edukasi Literasi asal Korea Selatan yang bekerja sama dengan KLC, perusahaan Konsultan Training asal Indonesia ini merasa optimis bisa sangat membantu bagi pekerja Indonesia lolos tes.

"Dengan EPS Topik, kesempatan untuk mendapatkan pekerjan atau beasiswa di Korea terbuka lebarbuku ini dapat membantu masyarakat Indonesia untuk lulus tes EPS Topik," kata Profesor Lucy Bae.


Kehadiran Hanijemi di Indonesia juga didukung oleh KOTRA (Korea Treade Insvestment Promotion Agency) dalam kegiatan promosi produk-produk Korea. "Buku ini sebuah awal untuk merasakan Korea Selatan, Melalui buku ini dapat belajar bahasa dan budaya Korea Selatan," kata Mr Lee Changhyun dari Kotra.

K-JOB EPS Topik Book


Buku K-JOB EPS Topik ini ada dua macam. Terlihat ada yang berwarna hijau dan biru. Buku pertama yakni hijau berisi 30 chapters yng difokuskan pada vocabulary,  practice,  listening dan reading.  Jadi di buku pertama ini lebih ditekankan kepada voabulary.

Profesor Lucy Bae mengaku melakukan analisa selama 1 tahun untuk membuat buku ini. Hasil analisanya adalah, buku yang dibuatnya ini merupakan kunci untuk lulus tes. Profesor Lucy Bae mempersiapkan vocabulary dengan semudah mungkin agar dapat dipelajari dan diingat oleh pembaca.

Sedangkan Buku Biru, EPS TOPIK 2 lebih fokus pembahasannya kepada Grammar, practise,  listening, dan reading.  Fokusnya kepada grammar yang berbentuk tipe-tipe pertanyaan. Misalnya jika ingin membeli sebuah barang, harus bisa mengekspresikan dengan sikon barang yang dibeli tentunya dengan bahasa Korea.

Harga bukunya kisaran Rp 100-150 ribu dan bisa didapat di toko buku seperti Gramedia, Gunung Agung, Periplus, dan toko buku online.

See, gampangkan asal ada kemauan dan kerja keras pasti bisa kerja ke Korsel. Gudlak Genks!

Refrensi:

https://bisnis.tempo.co/read/878681/segini-gaji-tki-di-korea-selatan

Alia Fathiyah





3 comments:

  1. Wah buat yg memimpikan ke korea, buku ini bakalan jadi pedoman yang sangat membantu yah ^_^

    ReplyDelete
  2. bangeettt, kerjapun gajinya guedeee

    ReplyDelete
  3. Jadi penasaran sama bukunya mbak, dulu pernah diajari dikit-dikit teman yang kerja di Korsel :)

    ReplyDelete