Saturday, August 19, 2017

Morinaga Berperan Mencetak Generasi Platinum Lewat Konferensi Ayah Bunda

Dr dr Ahmad Suryawan bersama Irfan Hakim

Pada akhir pekan lalu, tepatnya Sabtu, 12 Agustus 2017 saya diundang menghadiri sebuah seminar yang terkait tumbuh kembang anak. Untungnya banyak temen blogger enaknya begini, sering memberikan informasi acara yang terkait dengan kehidupan anak. Pada dasarnya saya memang suka dengan acara semacam seminar atau workshop yang berbicara mengenai tumbuh kembang anak. Saya bisa terapkan di rumah dengan si kecil, Fatih (2,5 tahun) atau disebarkan ke teman-teman yang juga punya anak kecil. Apalagi jika materinya bisa ditulis di blog, semakin banyak saja para orang tua yang membaca dan jadi menambah pengetahuan.

Konferensi Ayah Bunda Platinum

Nama acaranya Konferensi Ayah Bunda Platinum dan Morinaga Multiple Intelligence Play Plan. Bertema ‘Siapkan Kecerdasan Multitalenta Si Kecil Sejak Dini’, di Novotel Tangerang (acara serupa sudah pernah digelar di beberapa kota besar di Indonesia). Selain materinya pas, lokasinya di Tangerang yang sangat dekat dengan rumah saya di Gading Serpong.

Yang bikin ngiler mau datang adalah acaranya diselenggarakan oleh Morinaga, whic is anak saya minum susu Chil Kid Platinum Moricare rasa Vanila. Pastinya di acara tersebut ada susu yang dijual harganya lebih murah dari pasaran, Lols (insting emak2). Dan sayapun membeli susu untuk si bontot yang senang sekali apalagi ada hadiah.

Hasil belanjaan di Konferensi Ayah Bunda, Fatih happy banyak hadiah

Sampai di Novotel Tangerang sudah ramai dengan ibu-ibu yang didominasi baju serta kerudung berwarna merah dan keriuhan anak-anak bermain. Juga beberapa orang bapak yang ikutan menjaga anak-anaknya. Jadi, para ibu di dalam mendengarkan seminar, sedangkan pra bapak di luar menjaga anaknya yang bermain di playground.

Ada beberapa booth di area grandballroom Novotel itu. Selain playground, ada booth untuk menstimulasi kecerdasan anak dengan sarana permainan yang mendukung daya kembang otak, ada booth cek alergi yang berfungsi mendeteksi alergi anak sejak dini, ada stand penjualan beberapa produk Morinaga dengan harga miring dengan beragam hadiah yang menggiurkan dan masih banyak lagi.

Iseng bertanya ke seorang bapak yang sedang asik menjaga anaknya bermain. Lantaran acaranya digelar hari Sabtu, tentu kantor libur dan si bapak yang bernama Dodi itu memanfaatkan waktunya untuk menemani istri dan mendapatkan quality time dengan anaknya.

"Mumpung libur dan ada acara ini, saya temanin istri. Saya jadi dapat pengetahuan tentang tumbuh kembang anak saya," katanya.

Bapak lainnya bernama Tanto merasa perawatan tumbuh kembang anak bukan cuma urusan istrinya. "Meski saya kerja, sebagai seorang suami dan ayah, saya merasa ikut berperan untuk melihat perkembangan anak saya," katanya yang domisil di kawasan Tangerang juga. Keren bingit bapak-bapak ini.
Serunya di Konferensi Ayah Bundan Platinum, dan hadiah kece jika beli susu dengan jumlah tertentu

Mencetak Generasi Platinum bersama Morinaga


Seminar ini menghadirkan DR. Dr. Ahmad Suryawan, SpA(K), Ketua Divisi Tumbuh Kembang Anak dan Remaja, Departemen Ilmu Kesehatan Anak, RSUD Dr. Soetomo / FK Unair Surabaya pada sesi pertama dan dilanjutkan oleh Dr. Rose Mini A. Prianto, M.Psi selaku Ketua Program Studi Psikologi Terapan, Fakultas Psikologi Universitas Indonesia dan Direktur ESSA Consulting pada sesi kedua. Acara dipandu oleh presenter terkenal Irfan Hakim yang hangat dan ramah, Irfan rela turun dari panggung untuk mendatangi seorang ibu. Melihat Irfan turun, ibu-ibu langsung mengerubung dan foto-foto.

Hal yang dilakukan bapak Dodi dan Tanto di atas itu pas sekali dengan materi yang diberikan oleh DR dr Ahmad Suryawan bahwa stimulasi untuk anak itu sudah diberikan sejak berada dalam kandungan. Peran suami sangat penting ketika sang istri sedang hamil. Suami harus memberikan kenyamanan dan ketengan bagi istri yang sedang hamil karena bisa mempengaruhi perkembangan otak janin sejak dalam kandungan.

Selain itu, perkembangan otak anak serta kualitas tumbuh kembang anak akan berakhir ketika usia sudah mencapai 18 tahun. Sebelum usia segitu, itu masa rawan seorang anak dan sebagai orang tua berkewajiban untuk mendampingi.

Perkembangan Otak
Dr dr Suryawan juga menjelaskan stimulasi sangat mempengaruhi dan memperkaya koneksi sel-sel otak anak cerdas.
1. Kegiatan interaktif antara orang tua atau pengasuh dengan anak.
2. Merangsang anak untuk belajar melakukan berbagai kemampuan

Bagaimana stimulasi yang benar itu?
1. Dimulai sejak dini
2. Interaktif (anak dan orang tua)
3. Secara bermain dengan menyenangkan
4. Kejadian sehari-hari dengan alami dan reguler

Bagaimana Pengertian Tumbuh dan Kembang itu?
Disebut tumbuh jika dilihat dari struktur dn ukuran fisik, misal berat badannya, tinggi badan, lingkar kepala dan ukuran spesifik lainnya.
Sedangkan disebut berkembang jika fungsi dan kemampuannya berjalan sesuai umur. Misalnya:
- Penglihatan
- Pendengaran
- Motorik Kasar
- Motorik Halus
- Bicara Bahasa
- Personal Sosial
- Kecerdasan
- Prilaku
- dan perkembangan spesifik lainnya.


Nah ada tips untuk ayah dan bunda dalam membentuk perlindungan anak generasi multitalenta:
1. Pada Masa Kehamilan:
- Jaga kesehatan seoptimal mungkin
- Kontrol kandungan secara teratur
- Hindari stres kronis dan usahakan dalam keadaan tenang, nyaman dan senang
- Kreatif dalam menciptakan aktifitas sesuai kehamilan, misalnya senam hamil
- Pada akhir bulan kehamilan selalu siaga menghadapi proses persalinan

2. Pada Masa Persalinan dan Setelah Bayi Lahir
- Usahakan persalinan  normal kecuali atas indikasi saran dari dokter kandungan yang mengharuskan lahir secara operasi cesar.
- Segera memberi ASI sesaat setelah lahir (IMD/inisiasi menyusui dini)
- Menyusui ASi secara ekslusif dengan cara yang benar selama 6 bulan, setelah itu boleh diberikan MPASI.

3. Pada Masa Bayi dan Anak Usia Dini
- Menghindarkan anak dari stres yang berlebihan
- Responsif terhadap perilaku yang menunjukan keinginan anak.
- Tidak membiasakan unsur paksaan ke anak dalam interaksi sehari hari
- Mengasuh, interaksi, memberi makan ke anak dengan cara yang menyenangkan dan memberi  kesempatan anak untuk eksplorasi.
- Tidak sembarangan dalam pemberian obat terutama antibiotik tanpa anjuran dokter
- Mengamati dan mendokumentasikan perjalanan tumbuh kembang anak secara rutin dan reguler. Memiliki buku catatan khusus tumbuh kembang anak.


Sesi bersama Dr Rose Mini, A,P,, M,Psi.

Psikolog kondang ini menggelar seminar dengan interaktif dan seru sehingga ibu-ibu yang hadir semangat mengikuti seminar dari materi yang dibawakan ibu Rose Mini.

Di sini, psikolog yang biasa disapa Bunda Romi menekankan kepada seluruh orang tua, jangan mendorong dan memaksa anak untuk rangking atau mendapatkan nilai akademis yang tinggi.
Bunda Romi menekankan kekuatan bermain untuk membentuk kecerdasan multitalenta di era milenial.

Memiliki anak-anak yang cerdas dan sehat merupakan impian bagi setiap orang tua tetapi kebanyakan dari mereka masih berpatokan pada kemampuan akademik dalam mengukur kecerdasan seorang anak.

Padahal banyak penelitian dan riset yang dilakukan untuk mengetahui dan menunjukan bahwa  kecerdasan  anak tidak hanya tergantung pada nilai tinggi akademiknya saja tetapi ada faktor-faktor lain yang juga mempengaruhi kecerdasan anak pada usia dini.

Dr Howard Gardner mengatakan bahwa kecerdasan seseorang itu terdiri dari berbagai bentuk yang meliputi:

 1.Kecerdasan dalam musik adalah kemampuan mengekspresikan diri melalui musik,  kemampuan untuk dapat memahami, mengekspresikan diri dengan alunan musik atau irama.
2.Kecerdasan kinestetik adalah kemampuan menggunakan kecekatan tubuh dalam melakukan gerakan dan kelenturan tubuhnya.
3.Kecerdasan logika matematika  adalah suatu kemampuan untuk mengetahui dan mengenal kondisi atau suatu situasi dengan menggunakan penalaran logika, kemampuan analisa.
4.Kecerdasan Visual-spasial adalah kecerdasan gambar dan ruang, memiliki  kemampuan untuk melakukan atau dapat membayangkan sesuatu dengan imajinasi.
5.Kecerdasan linguistik adalah kemampuan untuk dapat juga anak mengekspresikan dirinya dalam menggunakan bahasa dan lewat membaca, menulis dan berkomunikasi dengan lingkungan disekitarnya.
6.Kecerdasan Interpersonal adalah suatu kemampuan untuk dapat bekerjasama dengan orang   lain secara efektif, dapat berempati dapat memahami perilaku orang lain yang ada disekitarnya.
7.Kecerdasan intrapersonal adalah suatu kemampuan untuk dapat juga dalam menganalisa diri sendiri dan dapat pula menggunakan perasaannya untuk bisa membuat perencanaan dan tujuannya agar bisa tercapai.
8.Kecerdasan natural adalah suatu kemampuan untuk dapat memahami  alam sekitar dan dapat melihat berbagai macam perbedaan dan persamaan yang ada di alam ini secara keseluruhannya.
9.Kecerdasan moral adalah kemampuan untuk memahami suatu tuntutan yang ada dan terjadi dilingkungan serta dapat mengetahui mana yang   baik dan mana yang buruk, misal Empati,  hati   nurani, kontrol    diri,  menghargai, kebaikan, tenggang rasa dan keadilan.

Jadi bunda, kecerdasan seorang anak itu nggak melulu dilihat dari nilai akademisnya ya.

Untuk info lengkapnya ayah bunda bisa mendapatkan informasinya di sini:

Website: www.morinagaplatinum.com,
 Facebook: Morinaga Platinum,
Twitter: @MorinagaID,

11 comments:

  1. Terima kasih atas ulasannya yang lengkap ya, Mbak. Dengan informasi ini saya bisa memberitahu adik-adik saya yang memiliki balita atau yang sedang hamil agar mempersiapkan anak-anak mereka menjadi generasi multitalenta.

    ReplyDelete
  2. Aq juga suka mengikuti acara2 seminar bertema anak. Biar ilmunya nambah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener, kita harus jadi ibu yang smart ya hehehe

      Delete
  3. waaah, susu Morinaga memang enak, aku suja icip semua susu yang dikonsumsi anakku

    ReplyDelete
  4. Nggak sabar nungguin yang di Surabaya :D

    ReplyDelete
  5. Seneng bgd terdampar disini, jd dpet pengtahuan lagi nih, makaish udah berbagi ya mbk, dan salut jg bwt morinaga yg rajiiinnn bgd bikin acaea kece seperti ini, :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya morinaga udah bikin event ini dibeberapa kota, dan terus akan berlanjut mom

      Delete
  6. Wah dapat banyak ilmu tentang parenting dan gizi yaa di acara ini mba..

    ReplyDelete