Friday, April 28, 2017

Cara Aman Berkendaraan Bagi Perempuan



Punya kendaraan bagi perempuan itu ternyata nggak semudah dibayangkan. Yang ada di bayangan cuma tinggal nyetir sama isi bensin, selesai. Padahal banyak hal lain yang perlu diperhatikan terutama perawatannya, oli, servis dan lainnya.

Saya itu paling males cuci kendaraan sendiri, baik motor atau mobil. Jadi motor tinggal dibawa aja ke tukang cuci dan bayar Rp 10 ribu. Tapi sepertinya, suami ngajarin saya supaya ngerti seluk beluk soal kendaraan.

Waktu masih aktif pakai motor saya jadi ngerti kalau servis sesuai kilometer harus membawa buku, lalu di cek petugas dan dikasih tau apa saja yang perlu diganti, baik dari oli, cek tekanan angin di ban atau apapun.

Menunggu servis motor barengan dengan bapak-bapak, saya berasa jadi macho sendiri, Lols.

Merawat Kendaraan Semudah Senyum

Belum lama ini saya datang ke Blogger Gathering bertajuk Merawat Kendaraan Semudah Senyum. Masa sih? Jadi merawat motor atau mobil sambil senyum-senyum sendiri? Nggak gitu juga kalleeee.

Taukan, perempuan itu paling males dan buta soal kerjaan otomotif. Coba dikasih suruh ke dapur pasti langsung semangat, lha ini kendaraan? yang harus kotor kena oli dan bisa bikin baju jadi hitem? Gimana mau senyum?

Nah, Portal Otomotif No 1 Mobil123.com di Indonesia menggelar blogger gathering dengan tema "Merawat Kendaraan Semudah Senyum" bersama Pertamina Lubricants.  Berlokasi di The Hook Cafe, Kebayoran Baru Jakarta Selatan, acara tersebut dihadiri beberapa pakar yang mengerti soal kendaraan seperti  Agung Prabowo selaku Technical Specialist Integrated Lubrication Management Academy PT Pertamina Lubricants,  Syafudin selaku Sales Region 3 PT Pertamina Lubricants dan Ipoet Kusumonegoro selaku Lady Biker yang juga anak dari komedian Indro Warkop.

Arya Dwi Paramita selaku Corporate Secretary PT Pertamina Lubricants mengatakan, perawatan motor adalah wajib dan mudah dilakukan bagi setiap pemiliki motor agar bisa selalu digunakan setiap saat.

Dia menjelaskan setidaknya pemilik menyempatkan servis rutin ke bengkel resmi walau sekedar ganti oli mesin, membersihkan motor setiap hari dengan lap chamois jika tidak terlalu kotor, memastikan tekanan angin ban sesuai rekomendasi pabrikan, tidak bawa beban atau penumpang berlebihan, menggunakan bensin berkualitas sesuai anjuran pabrikan, memilih lintasan rata dan tips lainnya.


Perawatan Inti yang perlu diperhatikan:
1. Motor ditentukan seberapa apik pemiliknya memperhatikan penggantian oli mesin. Yang paling utama adalah harus memperhatikan perawatan mesin, karena di dalam mesin motor ada berbagai macam komponen yang bekerja. Karena kondisi mesin sepedamotor bergantung dari pemeliharaan pemiliknya.

2. Perawatan baterai. Setidaknya ini langkah awal yang harus kita lakukan jika kita pecinta motor sejati

3. Sebaiknya penggantian oli dilakukan secara rutin. Pelumas mesin ini perlu diganti jika sudah masanya agar kondisi motor tetap prima. Fungsi utama pelumas adalah melindungi bagian mesin dengan cara mencegah terjadinya gesekan langsung.

4. Selain itu yang tak kalah penting sebelum pengendara mengendarai sepeda motor sebaiknya memeriksa rem, lampu-lampu, aki dan radiator, demi keselamatan si penumpang.

Sedangkan Agung Prabowo memberikan saran dan tips agar membawa kendaraan menjadi aman dan nyaman. Cek semua kelengkapan ini tiap minggunya.

1. Sediakan toolkit
Di motor atau mobil jangan lupa toolkit terus ada, semacam kunci busi, obeng, dll.

2. Cek tekanan angin di ban
Yang jago soal otomotif biasanya pake feeling tuh, tekanan angin udah bagus apa gak. Kalau saya biasanya berasa pas nyetir, berat apa gak kendaraanya ketika dikendarai, sedangkan pada mobil saya bisa ketahuan di setir, berat apa gak ketika setir harus puter balik. Tekanan angin yang kurang bisa mengurangi umur oli dan bahan bakar alias bensin.

3. Cek kondisi jok mobil
Kalau saya memang pemalas, padahal bawa anak kecil yang selalu mengotori jok mobil dengan makanannya atau coklat. Padahal banyak cara bisa dilakukan, pakai vacum cleaner atau dilap dengan air sabun.

4. Body motor/ mobil
Nah ini yang biasanya dilakukan para cewek cuma lap-lap dikira udah paling top merawat mobil (gue banget tuh).

5. Kaca Mobil
Kebersihan kaca mobil juga penting apalagi jika parki di bawah pohon chery kayak saya, besoknya kaca mobil langsung kacau banget. Padahal kalau rajin bisa pakai odol.

6. Cek oli Mesin
Ini paling penting dan fatal kalau lewat.

7. Cek air radiator
Jika tidak berfungsi dengan baik akan mempengaruhi oli yang menjadi bagian penting.

8. Ban serep
Ini penting kalau tiba-tiba di tengah jalan ban kempes dan susah mendapatkan pertolongan.

Sedangkan Ipoet Kusumonegoro mengatakan kalau motor diperlakukan seperti pacar. Ipoet ini penggemar motor gede, mirip bapaknya, pelawak Warkop Indro. Karena sama pacar, Ipoet sudah punya feeling sendiri kalau pacarnya itu lagi 'sakit' perlu perawatan.

“Saya memperlakukan semua motor saya seperti saya memperlakukan pacar saya,” kata cewek sejak usia 11 tahun belajar setir motor itu.

Alia Fathiyah




18 comments:

  1. acara yg bermanfaat, "mengetok kepala" tuk lebih perhatian ngrawat ma kendaraan yg kadang lalai krn sibuk :)

    ReplyDelete
  2. Wahh mbaak saya sering lupa servis motor 😢 padahal gak baik yaa buat stamina motornyaa. . Hmmm makasih sharingnyaa mbaak . .bermanfaat bangeet 😁

    ReplyDelete
  3. Jadi perempuan bukan berarti gak bisa rawat motor dengan maksimal ya Mba hehe

    ReplyDelete
  4. Kalo saya malah kebalik mbak, saya lebih ngurusin mobil drpd suami yang stnk aja bisa lupa bayar. Hahahaa.. Tapi setuju banget perempuan harus care sama kendaraan. Saya pernah 2x ban kempes di jalan, plus 1x nemu bannya rusak. Jd harus either ganti cadangan, atau buru2 cari bengkel ban. Di sini skill dan ketenangan dibutuhkan 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hhahaha inimah mak superrr..waahh jadi aware nih sama ban cadangan, baca komentar ini langsung cek ke mobil wkwkwkw

      Delete
  5. Nuansa Tosca Blognya adem Mba :)
    Tips merawat kendaraan di atas sangat bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. waahh maacih teh ani, baru x ini ada yang komentar soal templet blog, pdhl aku pengen putih semua tapi ora ngartoss caranya wkwkwkw

      Delete
  6. ia nih, aku sering kelupaan ngurusin oli, padahal sangat penting

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kalo aku mau simpel bawa ke bengkel resmi, gak ngerti juga hihihih

      Delete
  7. Olinya penting banget nih buat kendaraan. Jangan sampe lupa yaa, bisa rusak kendaraan lupa ganti oli.

    ReplyDelete
  8. Wah makasih ya mba tipsnya bermanfaat bgtt heheh jd mesti inget2 buat ganti oli

    ReplyDelete
    Replies
    1. haaha iya, oli katanya penting dan ngaruh juga ke bensin, bisa cepet abis

      Delete
  9. pada dasarnya mang wanita ga mau ribet, serahkan ke ahlinya he he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha benerr, aku bawa aja ke bengkel resmilahhh

      Delete