Tuesday, July 19, 2016

Ini Dia 7 Mal Ramah Anak di Serpong dan Bintaro

The Breeze BSD
Foto: Google
Nge-mal memang enak. Adem, terang benderang dan menyajikan pemandangan yang asik. Mau makan tinggal masuk restoran, mau belanja, tinggal memilih tenant yang menyebar di seluruh gedung mal.

Tapi melihat mal yang semakin banyak, muncul juga rasa kekhawatiran saya. Bisa bikin anak-anak jadi konsumtif. Anak-anak susah lagi mengenal permainan outdoor, jadi lebih sering ke mal yang bikin dompet kering.

Nah, kebetulan saya suka mengamati beberapa mal yang ada di kawasan Serpong, kawasan yang saya tempati sudah lebih dari 10 tahun. Kalau lagi bete di rumah, saya suka bawa si bontot ke mal yang ramah anak. Ada outdoor playground di beberapa mal ini. Biasanya, saya sudah prepare dengan barang yang dibawa. Baju ganti, tisu basah, tisu kering, handuk kecil, minyak kayu putih, cemilan dan atribut emak-emak lainnya. Yuk, dibaca mal mana saja yang bikin anak bisa berteriak kegirangan sambil berlarian.

1. Summarecon Mal Serpong (SMS)

Fish Pond
Ini mal paling dekat dengan rumah saya, masih satu kawasan, yaitu Gading Serpong. Mal paling lengkap dengan banyak pilihan belanja ini, terdapat kolam ikan koi yang lumayan bikin adem mata.
Fish Pond sederhana dengan ikan-ikan koi ada sayap kiri Summarecon Mall Serpong. Letaknya persis di samping resto Sate Khas Senayan. Terdapat kursi-kursi berbentuk lingkaran yang bisa digunakan untuk duduk. Untuk bisa menikmatinya, tidak harus memesan makanan. Tak sedikit, anak-anak bermain ikan sambil disuapi ibu atau pengasuhnya.


Jika ingin lebih seru, datanglah di sore hari. Biasanya pada jam 5, petugas akan membawa makan ikan yang sudah dikemas kecil-kecil. Kita bisa meminta dan mengajak si kecil untuk memberi makan ikan-ikan koi tersebut. Selain jam 5 sore, jadwal pemberian makan ikan koi ini juga ada pada pukul 11 siang pada weekdays dan pukul 10 pagi, dan juga 3 sore pada weekend.

Playground Pasir
Di bagian sayap kanan SMS ada playground yang berada di luar gedung, dekat parkiran mobil. Letaknya tak jauh dari lobby utama SMS 2.
Playground ini menyediakan dua buah tempat bermain yaitu perosotan serta ayunan dan juga arena bermain pasar pantai. Untuk menjaga agar area playground ini tetap aman untuk anak-anak, lantainya dipasangi karpet khusus sehingga terasa empuk, sehingga jika anak-anak terjatuh tidak begitu berbahaya untuk mereka.
Foto: Edunik
Sedangkan, untuk yang ingin bermain pasir, juga bisa memanfaatkan kolam pasir yang menggunakan pasir pantai. Tapi di musim hujan ini, pasirnya tidak bisa digunakan karena basah.

2. Bintaro Ex Change (BEX)
Di area luar BEX terdapat taman yang cukup luas dimana anak-anak bisa berlari-lari atau bersepeda menghirup udara segar di pagi atau sore hari. Selain itu terdapat fasilitas bioskop outdoor yang terkadang memutarkan film anak-anak.

Foto: Urban mama
Taman terbuka tersebut sangat luas, ada pula kolam ikan koi untuk anak-anak. Jika sore hari banyak pengunjung yang duduk di kursi atau ngerumput sekedar mengobrol.

3. The Breze BSD
The Breeze BSD merupakan tempat yang pas jika sudah jenuh mendatangi mal yang penuh batasan tembok. Karena di sini begitu banyak ruang lapang dan area outdoor yang pasti akan sangat dinikmati anak-anak. Di area Pasar Ragam sering diadakan acara-acara seperti bazaar atau nonton bersama. Sepertinya nonton dengan lokasi outdoor merupakan pilihan yang tepat bagi anak-anak, selain menghirup udara segar, anak-anak juga merasa leluasa, dan tidak perlu takut gelap.
Changcuters in action di The Breeze (SMP Inrab BSD)

Berbeda dari mal kebanyakan, The Breze memang merupakan mal yang berada di outdor dan di beberapa tempat ada playground dan kolam ikan untuk dinikmati anak-anak. Selain itu, banyak pilihan restoran dan kolam besar.



4. Aeon Mal BSD City
Mal ini juga dekat dengan rumah saya. Tinggal lurus dari komplek rumah, sudah terlihat gedungnya yang besar. Mal yang memang bekerjasama dengan Jepang ini memberikan fasilitas menarik untuk bisa dinikmati anak-anak.

Sakura Garden
Taman ini terlihat indah jika dinikmati malam hari. Area yang berdekatan dengan parkir outdoor ini, terdapat lampu-lampu kecil warna-warni dan terlihat seperti bunga sakura di Jepang. Banyak pengunjung menikmatinya sambil berfoto-foto seakan sedang berada di Jepang.


Magic Fountain
Fasilitas bermain air ini sepertinya masih baru. Area yang berada dekat pintu loby utama  bisa memberikan kesenangan pada anak-anak dengan bermain air. Pada jam tertentu, air akan muncul dari bawah lantai dan anak-anak akan berlarian sambil tertawa-tawa.

Jika weekdays, magic fountain setiap satu jam bisa dinikmati, sedangkan weekend, setiap 30 menit.

5. Living world Alam Sutra
Pada sore hari paling sedap menikmati outdoor space dengan adanya roof-top garden di mal Living World, Alam Sutra.  Area outdoor dilengkapi dengan pot-pot bunga, kolam, jalur pejalan kaki, dan juga tempat duduk. Sambil duduk bermain, kita bisa menikmati angin sepoi-sepoi.


6. Summarecon Digital Center (SDC)
Ada area terbuka untuk anak-anak bisa menikmati berbagai macam wahana. Ada ayunan lapangan luas diisi pula denga ayunan, panjat tebing, tempat bermain skate board dan kolam dengan kabut.  Di tempat ini juga ada sawah dan ada tempat yang dinamakan taman Metamorfosis, tempat dimana kita bisa lihat daur hidup kupu-kupu.


Masuknya bayar, Rp 25 ribu dan anak bisa keluar masuk dengan diberi tanda pada tangannya. Menurut saya terbilang murah dengan fasilitas dan wahana yang disediakan. Dibanding dengan playground yang ada di dalam mal dengan membayar Rp 80 ribu-100 ribu dan harus beli kaos kaki pula.

7. Mal Tangcity

Taman Potret
Sebenarnya, lokasi taman potret bukan berada di lokasi mal. Tapi, berdekatan, bahkan di sampingnya. Jadi kalau ke Tangcity mal tinggal jalan sedikit saja. Banyak spot menarik yang bikin anak-anak kegirangan. Taman-taman tersebut teratur dan bersih, ada  ayunan, dan bangunan yang dibentuk seperti jamur dengan warna-warni yang menarik.

Ada pula ikon lain di Taman Potret adalah bangunan menyerupai perahu, tapi sayangnya ada beberapa pengunjung yang tidak disiplin dalam membuang sampah.

Ayo, kapan lagi ke mal sambil tetap bisa menikmati alam yang indah.

Alia Fathiyah

4 comments:

  1. Duuh makin asyik ya tinggal dekat-dekat Tangerang banyak mal-mal keren yang asyik buat hang out bareng keluarga.

    ReplyDelete
  2. Hay mbak Linasasmita, terima kasih komentarnya, ayo sekali-kali ke kawasan serpong heheheh

    ReplyDelete