Thursday, April 28, 2016

Untuk Blogger, Tip Kece Menghasilkan Foto yang Indah #blogger


Memposting sebuah artikel lengkap dengan foto ke blog seperti sebuah kewajiban. Tak heran, jika seorang blogger menenteng kamera atau handphone lengkap dengan aplikasi foto yang canggih di dalam gadgetnya.

Bagi fotografer amatir, terutama blogger, bisa menghasilkan foto yang indah jika kita mengerti angle yang tepat. Apa saja yang perlu diperhatikan? Ada tip dari Diana Rikasari, seorang fashion blogger yang selalu berhasil mendapatkan ribuan love dari unggahan foto di akun instagram-nya membocorkan beberapa triknya, jika kita memotret kopi. Tapi tips ini bisa dipraktekkan dengan subjek yang lain.

Foto Tampak Samping 
"Foto dari samping fungsingya untuk memperlihatkan bagian dalam," kata dia, Selasa, 26 April 2016. Ia menjelaskan teknik seperti ini pas untuk memperlihatkan layer-layer yang dimiliki segelas cappuccino, misalnya. "Jadi layer-layer-nya bisa kelihatan."

Hand's in Frame (Personal) 
Ia mencontohkan sebuah foto kopi yang tampak dari atas. "Bisa masukkan elemen yang lebih personal misalnya jurnal, pulpen, hp, majalah, atau laptop. Dan, jangan lupa tunjukkan tangan dalam frame," katanya. Foto ini menunjukkan sisi kepribadian seseorang.

Menurut pengarang buku Go Out There and Explore ini, teknik ini sangat disukai. Ia juga menyarankan agar menanbahkan hashtag #handsinframe pada jenis foto ini.

Selain memberikan kesan personal, teknik hand's in frame juga dapat memberikan kesan kekompakan atau kebersamaan. Ia memberi contoh sebuah foto beberapa tangan sedang memegang cangkir kopi. Angel foto tersebut diambil dari atas.

Kesan artistik
Seorang fotografer amatir juga bisa menciptakan foto yang tetlihat artistik. "Misalnya, foto kopi dengan angle dari atas lalu taburkan bubuk kopi atau gula disekilingnya," kata dia.

Beri sentuhan fesyen
"Aku suka kalau menampilkan sebuah foto, misalnya secangkir kopi, dan menambahkan detail barang fashion," katanya. Sejumlah aksesori seperto kaca mata, dompet, tas bisa ikut ditampilkan dalam foto.

Beri sentuhan warna
Terkadang memotret secangkir kopi bisa tampak membosankan karena warnanya yang monoton yakni hitam atau coklat. "Kalau kopi doanh kan hitam atau coklat, jadi bisa tambah warna di sebelahnya misalnya tambahkan aksen buah-buahan supaya seger," tutup dia.


1 comment: