Monday, March 28, 2016

(Review) Film Batman V Superman, Asal Mula Justice League Ada di Sini


Banyak yang menanti bagaimana film Batman v Superman hasilnya, terlebih sudah ada yang spoiler kalau kedua jagoan sejagat itu menjadi musuh bukan kawan. Tak sedikit yang penasaran, bagaimana dua superhero dari negri yang berbeda harus bertemu dalam satu dunia. Sama halnya dengan saya, sangat kepo.
Batman yang berasal dari kota Gotham yang seringnya terlihat suram dan gelap juga cenderung kuno, bertemu dengan Superman dari kota Metropolis. 
Film dibuka dengan masa lalu Bruce Wayne (Ben Affleck), ketika kedua orang tuanya ditembak perampok di jalan sehabis menonton bioskop. Asal mula Bruce menjadi Batman pasti semua penggemarnya mengetahui, bagaimana dia terperosok ke dalam lubang yang semuanya berisi kelelawar.
Oke, sekarang balik ke kehidupan Superman. Metropolis hancur, banyak manusia yang tak bersalah mati, gedung-gedung hancur, terlihat Superman sibuk melawan musuh sehingga tidak memperhatikan bagaimana hancurnya Metropolis. Semua itu disaksikan sendiri oleh Bruce yang merasa Superman harus disalahkan karena merupakan ancaman bagi keselamatan manusia. 
Sejak itu, Batman seperti ambisius untuk menumpas Superman. Segala cara dilakukan meski ditentang asisten setianya, Alfred (di sini digambarkan lebih muda dan ganteng). 
Di belahan dunia lain, Lois Lane (Amy Adams) mewawancarai seorang teroris di Afrika. Tapi wawancara tersebut berubah menjadi bencana, nyaris mati, seperti mudah diduga, Superman muncul menyelematkan kekasihnya.
Nah, sekarang siapakah sosok yang mampu menjadi penjahat dari dua super hero itu? Tentu yang mudah ditunjuk  adalah Lex Luthor. Penjahat abadinya Superman. Diperankan dengan sangat baik oleh Jesse Eisenberg (The Social Network, Now You See Me, Zombiland, American Ultra). Lex Luthor yang memiliki otak licik berhasil mendekati pesawat dari planet Superman dan meneliti mayat dari planet itu.
Di sela-sela segala konflik itu, sang sutradara Zack Snyder menyelipkan si cantik Wonder Women (Gal Gadot) yang lebih banyak menatap penuh arti ke Bruce Wayne lalu berjalan dengan tubuhnya yang menjulang seperti pragawati. 
Sudah dibayangkan, film yang berdurasi lebih dari 2 jam ini akan menyajikan satu persatu karakter penting dalam film tersebut. Snyder mencoba menceritakan comot mencomot sehingga terlihat menumpuk dan membosankan, pada awalnya. Itulah, jika film dua superhero besar disatukan, semakin banyak karakter, semakin banyak konflik yang justru membingungkan. 
Tapi wajar, jika film Batman V Superman ini merupakan titik awal untuk film Justice League yang akan ditayangkan tahun depan. Beberapa superhero itu yang akan muncul di Justice League itu terlihat ketika Wonder Women membuka file yang dikirim Batman yang dicuri dari Lex Luthor, (disitu ada Aqua Man, The Flash dan Cyborg).
Untuk saya pribadi yang agak menganggu adalah wajah si Henry Cavill. Kenapa wajah seganteng itu sepanjang film diisi dengan kerutan di dahi? Tanpa senyum, tanpa tawa, tak jauh berbeda dengan wajah Ben Affleck (menurut saya ini salah casting Ben Affleck dipilih menjadi Bruce Wayne (bukan Batman, karena terbantukan ditutup dengan topeng heheh). Ben Affleck lebih baik berada di belakang layar saja menjadi sutradara dan penulis naskah, hingga membawanya sebagai pemenang Oscar.
Mari kita bandingkan dengan beberapa film superhero milik Marvel. Meski banyak action, tapi mampu menjadi sebuah tontonan segar yang diselipkan kelucuan. Sedangkan Snyder lebih banyak menceritakan superhero yang serius. Harusnya dia bisa menyelipkan kelucuan ketika Batman, Superman dan Wonder Women bersama-sama menumpas monster ciptaan Lex Luther.
"Kau kenal dia?" kata Superman kepada Batman tentang Wonder Women.
"Aku pikir itu temanmu (dari planetmu),"kata Batman. 
Sudah begitu saja. Lalu mereka sama-sama menghantam si monster. 
Sedangkan si seksi Gal Gadot, hanya mengernyit ketika bertarung dengan monster lalu, menghunuskan pedang dan perisai, selebihnya tak banyak dilakukannya. Pertempuran tiga superhero itu merupakan klimaks yang ditunggu penonton, bagaimana superhero mereka bersatu melawan musuh. 
Well, semua tontonan itu, pure hanya untuk sekedar hiburan. Sangat dimaklumi jika banyak orang yang membandingkannya dengan Marvel yang sebentar lagi akan mengeluarkan film Captain America, Civil War.
ALIA 

0 komentar:

Post a Comment