Thursday, March 24, 2016

Akhirnya Baby F Masuk Daycare


Akhirnya, hari yang ditunggu datang juga, Baby Fatih harus masuk daycare. Sudah dua kali dia masuk daycare dan saya baru sempat berbagi di blog ini. Ini pertama kali juga untuk saya bersentuhan dengan daycare, dua anak sebelumnya ada embak yang kerja di rumah.

Waktu hari pertama, perut saya mules sehari sebelumnya, jantung deg-degan, sekaligus memantau bagaimana Fatih kondisinya. Kalau dilihat dia kurang sehat, saya akan batalkan daycare dan kerjaan.
Kebetulan hari itu ada acara blogger, karena saya newbie dunia per-bloging-an, saya mencoba untuk aktif di acara blogger.

Sehari sebelumnya, saya kontak Little March Daycare di perumahan Grand Serpong. Ternyata, penuh. Saya memang minta untuk harian saja, karena tidak setiap hari kerjaan itu datang. Lalu dari sekian daycare yang sudah ditanyai, saya memilih alternatif kedua, Mutiara Ummi di kawasan BSD. Mereka welcome. (Baca juga: Cari Daycare Yuukk)

Jam 11 kuran sedikit saya sudah sampai di daycare. Ada sembilan anak, satu masih bayi 8 bulan, dua seumuran Fatih sekitar 14 bulan, sisanya sudah bisa jalan antara 1,5 tahun-4 tahunan. Daycare ini sebuah rumah besar, jadi tengah ruang besar itu untuk aktifitas anak-anak. Berada di pinggir jalan BSD, dekat halte bus Trans BSD.

Fatih awalnya terlihat senang karena banyak teman-teman dan mainan. Dia mulai senyum, meskipun setelah menyadari menjauh dari saya dia mendekat lagi. Ada empat embak di sana. Saya mencoba memberikan pengarahan untuk menjaganya karena belum bisa berjalan, masih merembet. Takut kalau jatuh kejengkang kena kepala. Duh.

Melihat Fatih asik dengan teman-temannya, saya pamit, sempat mendengar suaranya agak merengek. Kasian, tapi dikuatkan hati ini, akhirnya saya pergi. Selama bekerja, pikiran ke Fatih terus dan jam 15.00 saya mulai perjalanan pulang. Telpon ke daycare bagaimana kondisi Fatih. Ternyata dia nggak mau makan, huhuhuhu. Kepikiran banget. Cuma mau makan pisang, susu juga gak ada, karena masih ASI dan ASI perah juga habis jadi Fatih nggak minum susu (Getok kepala sendiri, emak eror!). Katanya Fatih juga nangis terus, nggak mau main. Tambah kepikiran dong. (Baca juga: Hunting Daycare Bikin Ngenes)

Kepingin cepat rasanya sampai daycare. Kenapa kalau kita buru-buru, bukannya dilancarkan perjalanan tapi malah disulitkan. Ketika di tol pakai nyasar lagi, Oemji!!  Harusnya saya keluar tol arah Serpong dan Bintaro, saya malah lurus ke arah Bandara, Cileduk. Panik, untung ketemu patroli dan bisa diatasi. *tariknafaspanjangalayoga

Sampai di depan daycare lega rasanya, masuk ke dalam melihat Fatih habis mandi lagi dipangku sama salah satu embak sambil makan biskuit. Melihat saya datang, sedetik dia bengong dulu, lalu nangis tereak kejer, wwhhuuaaaaa..

Hadeeuhhh, perasaan kayak dibejek-bejek ninggalin anak bayi di daycare. Maap ya nak. Lalu setelah breastfeeding di dalam kamar, keluar deh suaranya kenceng dan langsung tertawa senang. My baby bontottt..

Ini salah satu kamar di daycare Mutiara Ummi
Lucunya, karena anggota baru, Fatih diplonco hihhhi. Jadi ada anak cewek imut, cantik, putih, tapi ingusan terus usia 1,5 tahun. Waktu datang, saya lihat dia sudah narik rambut anak lain sampai menangis kejer. Nah, waktu Fatih saya jemput pulang, anak ini  menghampiri Fatih. Karena rambut Fatih tipis dan sedikit, dia agak susah menarik rambut Fatih hingga terjengkang kena kepala, duh.
Fatih langsing nangis kenceng, hebohlah itu ruangan. Baru dalam hitungan menit ada lagi anak cewek kecil cewek lain yang akan menghampiri Fatih untuk dijahili. Saya langsung lari menggendong Fatih, haddeeuhh anak cewek sekarang ajaib semua. Mungkin Fatih terlalu ganteng.

Masuk daycare hari kedua, saya masih deg-degan. Pengalaman pertama dia susah makan, jadi saya bawa makanan sendiri dari rumah. Mungkin, dia nggak kenal rasa  makanannya, jadi pagi saya buat makanan untuk Fatih. Malam sebelumnya, sudah pompa ASI walaupun dapat sedikit, dan saya bawa pisang serta roti isi keju. Ini jaga-jaga supaya perutnya terisi jika nggak mau makan.

Hari itu anak-anak yang dititipkan ada 10 anak juga. Lucunya di daycare ini, satu anak nangis, jadi menular nyaris semua nangis kecuali yang lebih besar. Sebelum meninggalkan Fatih, saya coba mengalihkan perhatian dia dengan bermain. Saya melihat dua anak cewek yang pernah menjahili Fatih terlihat lebih jinak. Aman nih, Fatih nggak bakal ditarik lagi rambutnya.

Baru juga saya berdiri, dia sudah kejer nangis nggak mau ditinggal. Sempat maju mundur cantik, jadi pergi apa batal nih. Tapi embak sana bilang nggak apa-apa, lalu mencotohkan satu anak selama sebulan ketika masuk daycare menangis terus. Dengan Bismillah saya pergi kerja.

Selama mengikuti acara nggak tenang. Acaranya molor lagi, rencana habis lunch lalu masuk sesi kedua akan pulang. Lebih nggak tenang lagi ketika ditelpon ke daycare, itu telpon nggak diangkat, bikin parno dong. (gue emang emak2 parnoan bin rempoonggg).

Akhirnya jam 14.00 memutuskan meninggalkan acara. Lokasi yang terletak di Sarinah Tharim, sedangkan saya harus ke tol BSD, melewati Sudirmah kebayang itu jalanan macetnya seiring pembuatan MRT. Jakarta ini benar-benar menyesakkan dan bikin puyeng (*kalau nggak penting lebih enak di Serpong deh).

Alhamdulillah, pukul 16.00 sampai juga di daycare. Pertama melihat saya dia langsung teriak antusias, "mama!" Duh, lega yaaa kalau anak ada di depan mata dan dalam keadaan baik. Karena banyak mainan, Fatih malah nggak mau pulang. Dia asik mencoba semua mainan, padahal anak lain sudah pada nangis karena menanti mama nya tak kunjung menjemput.

*CatatanEmakRempong

6 comments:

  1. hallo bunda.. apakah masih menitipkan anak di mutiara ummi?
    bagus ga ya bund

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah hampir 1 tahun nggak bun, ada bibi di rumah. Terakhir pemiliknya meninggal jadi diganti anak-anaknya, selama ini sih standarlah

      Delete
  2. Saya yang paling lama menitipkan anak anak saya di daycare mutiara ummi...anak ke-1 saya titipkan mulai usia 2thn s/d 4 tahun, anak ke-2 saya titipkan mulai usia 4 bulan s/d usia 3.5 tahun, anak ke-3 saya titipkan mulai usia 4 bulan s/d usia setahun...

    saya sampai kenal seluruh keluarga pemilik daycare mutiara ummi saking lamanya...hehehe rencananya daycare mutiara ummi akan merubah konsepnya menjadi childcare dengan metode yang jauh lebih menyenangkan dan pasti lebih banyak keunggulannya dari yang sekarang...

    Nanti akan dikabari updatenya...salam kenal ya bunda...saya bundanya aaliah, bebeb dan brave :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal bunda, sekarang masih daycare di sana? Dulu saya bayar perdatag 85 ribu, nggak tahu kalau sekarang. Nanti tolong update ya bun soal metode barunya, makasih, oiya sama mamanya uton, rafa, fatih

      Delete
  3. Salam kenal mom.. apakah ada nomor kontak mutiara ummi? Trmksh

    ReplyDelete
  4. KADO Daycare
    -wholehearted service-
    free registration fee
    free membership fee
    we take care children above 2yo
    buka mulai jam 07.00-18.00
    160 jam: 2jt (expired 1 bulan)
    senin-jumat (hari kerja)
    tgl merah libur
    tanpa makan
    tanpa snack

    fasilitas:
    kamar tidur ac
    mandi 1x

    Hubungi:
    Aneke
    whatsapp: 08123515117

    Lokasi:
    Perum ILLAGO Gading Serpong
    Cluster: Menaggio Village
    Jl. Menaggio Timur 10/10

    ReplyDelete