Saturday, February 20, 2016

Serial Oshin is Back!! #OSHINWWJ

Akhirnya, setelah coba terus menerus tanpa pantang mundur, saya terpilih juga untuk datang ke sebuah acara yang melibatkan Blogger. Selama ini, dari belasan acara yang saya daftar, selalu lewat alias gagal. Sebagai blogger newbie, pingin tahu juga bagaimana cara kerja blogger di lapangan, buka saja menulis yang kemudian diumumkan di blog.


Acaranya menarik, tentang serial Oshin yang dulunya pernah disiarkan TVRI dan menjadi sangat populer di Indonesia pada  1983-1984. Pada tahun yang sama di Jepang, drama tersebut tayang tiap pagi. 


Saya ingat, waktu itu saya masih sangat imut (baca: kecil) ketika Oshin ada di televisi. Karena saat itu, TV hanya ada TVRI, tentunya tayangan Oshin menjadi pilihan yang paling ditunggu. Apalagi ceritanya bagus, menarik dan menguras hati nurani melihat perjuangan anak kecil miskin agar bisa hidup. Banyak yang terharu dengan kisah sedih masa kecil Oshin yang diperankan oleh Ayako Kobayashi. Rating pemirsa tertinggi untuk sebuah episode sebesar 62,9 persen dengan rating pemirsa rata-rata sebesar 52,6 persen.


Pagi pukul 10.00 saya sudah sampai di The Lounge, Plaza Senayan. Ruangan itu sudah ramai, ternyata undangan juga diberikan untuk wartawan. Senang rasanya, bertemu teman-teman lama. 
Kini, serial Oshin itu akan tayang kembali di channel WakaWaku Japan mulai 29 Februari 2016 dengan tampilan baru, menggunakan kualitas prima- high definition. Dengan gambar yang lebih jernih dan cemerlang, penonton bisa menikmati serial itu dengan nyaman.

Lantaran banyaknya permintaan penonton Indovision (tentunya penonton setia WakaWuku Japan), serial tersebut tayang kembali pada pukul 20.00 sebanyak 297 episode. 

Si Oshin kecil, yang dulunya diperankan oleh Ayako Kobayashi masih mengingat proses kreatif ketika serial tersebut dibuat, padahal telah berlalu selama 30 tahun.  Ayako datang ke Indonesia demi menyapa wartawan dan blogger di ruangan itu. Mengenakan baju khas Jepang, Ayako terlihat cantik, juga ramah. "Yang paling berkesan adalah adegan ketika saya berpisah dengan ibu saya. Saya berteriak-teriak memanggil ibu, ibu," kata Ayako menggunakan bahasa Jepang tentang pengalaman berkesan ketika syuting Oshin.


Ayako ternyata juga pernah ke Indonesia 20 tahun lalu. Dia mengaku Jakarta kini telah berbeda dari terakhir dia kunjungi. Saat ini, katanya, Jepang sedang musim salju. Melihat Indonesia yang lembab, dia merasa senang. "Banyak pohon-pohon hijau, menyenangkan sekali. Tapi sekarang Jakarta lebih padat dibandingkan 20 tahun lalu, selain itu motor-motor semakin banyak dan macet," katanya ramah.

#OSHINWWJ

ALIA FATHIYAH



0 komentar:

Post a Comment