Saturday, September 19, 2015

Tips Memilih Jajanan di Sekolah untuk Anak



 Jajanan anak sekolah sekarang ini makin memprihatinkan. Hasil survey dan penelitian menemukan, bahwa nyaris semua jajanan sekolah tidak memenuhi kualitas, baik dalam hal gizi dan kebersihan.Tapi, kadang anak sering ingin meniru temannya untuk jajan di sekolah.

Ini beberapa tips yang harus diketahui oleh orang tua untuk mengajarkan anak-anaknya jika ingin jajan di sekolah:

1.  Hindari jajanan yang dijual di tempat terbuka serta tanpa penutup atau tidak dilindungi oleh kemasan makanan tersebut.

2.  Mengajarkan anak-anak untuk bisa memilih tempat jualan makanan di tempat yang bersih, serta juga terhindar dari matahari, debu, hujan, dan asap kendaraan bermotor secara langsung.

3. Mengajarkan anak untuk tidak terbiasa membeli makanan atau jajanan yang dibungkus dengan kertas bekas ataupun koran bekas.

4. Hati-hati dengan jenis makanan yang murah yang biasanya mengandung bahan pangan yang sintesis berlebihan atau bahkan bahan pangan yang berbahaya. Cermati pula bila bahan makanan tersebut memiliki warna yang cerah dan mencolok karena besar kemungkinan mengandung pewarna non makanan.

5. Orangtua harus mengedukasi anak agar selalu memilih jajanan yang aman, salah satunya adalah dengan membawakan bekal yang dipilih dan disiapkan sendiri oleh orang tua.

6. Orang tua juga dapat menunjukkan kepada anak dimana tempat yang higienis dan sehat untuk membeli makanan, misalnya di kantin sekolah yang memenuhi syarat kebersihan.

7. Ajari anak untuk memilih jajanan yang bersih, tidak dihinggapi lalat, yang penjualnya menjaga kebersihan diri dan kemasan makanannya aman. Kalau perlu, sesekali datang ke lingkungan sekolah dan amati jajanan mana saja yang aman bagi anak Anda.

8. Jajanan harus memenuhi syarat keseimbangan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk dapat beraktifitas. Jajanan harus mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral yang porsinya berimbang. Makanan bergizi seimbang sangat penting untuk pertumbuhan yang optimal pada anak-anak dan sebagai dasar fondasi hidup sehat untuk masa yang akan datang.

9. Nasihati anak-anak agar tidak hanya memilih satu jenis jajanan saja. Tidak ada satu makanan yang sempurna yang mampu memenuhi seluruh kebutuhan gizi seseorang. Oleh karena itu, makan harus bervariasi agar kebutuhan akan setiap gizi terpenuhi.

Berbagai Sumber

0 komentar:

Post a Comment