Tips Mudah Merawat Gamis Katun agar Tahan Lama

foto: Google

Hidup di negara tropis, tentunya pingin mengenakan baju berbahan adem dan nyaman dipakai. Apalagi musim panas sudah mulai terasa, yang biasanya 'menemani' bulan Ramadhan yang sebentar lagi datang.
Bagi muslimah, mengenakan baju gamis berbahan adem tentu pilihannya adalah bahan katun. Mudah menyerap keringat dan nyaman di tubuh. Bahan katun memiliki karakteristik yang nyaman, tidak terlalu tebal, dan mudah menyerap keringat. Selain itu, variasi warna dan corak bahan katun kini juga semakin beragam. Sehingga kita leluasa memilih sesuai selera.
Agar gamis katun kesayangan kita tetap tahan lama dan tampak seperti baru, sebaiknya kita mengikuti panduan ini ketika merawatnya:

1. Menjahit Kembali Gamis Katun Kesayangan
Saat kita baru membeli gamis katun baru, sebaiknya kita memperhatikan bagian jahitannya dengan seksama. Alangkah lebih baik jika kita menjahit kembali gamis katun tersebut. Agar bagian jahitannya lebih kuat dan tidak mudah sobek ketika digunakan. Lakukan hal ini pada semua gamis katun kita yang baru sebelum kita mulai menggunakan untuk pertama kalinya.

2. Membersihkan Noda Membandel. 
Noda membandel memang bisa membuat gamis katun jadi kelihatan kusam dan tidak menarik. Oleh sebab itu, kita harus lekas membersihkan noda tersebut agar tidak melekat kuat. Rendamlah gamis katun yang terkena noda dalam larutan deterjen cair selama 30 menit. Setelah 30 menit, kita bisa segera mengucek gamis tersebut hingga nodanya benar-benar hilang. Selanjutnya, kita tinggal melanjutkan proses mencuci gamis seperti biasa.
Untuk noda membandel pada gamis katun putih, kita bisa mengatasinya dengan menggunakan air hangat untuk merendam. Namun hal tersebut tidak dianjurkan bila mencuci gamis katun berwarna gelap. Karena air hangat dapat membuat warna gamis lekas pudar.

3. Sebaiknya Tidak Menggunakan Mesin Cuci
Alangkah lebih baik jika kita tidak mencuci gamis katun dengan mesin cuci. Karena rotasi mesin cuci yang terlalu kencang berisiko merusak serat-serat gamis katun. Jadi, luangkan waktu untuk mencuci gamis dengan tangan. Kuceklah gamis perlahan-lahan supaya serat kainnya tetap kuat meskipun gamis tersebut sudah lama digunakan. Kita juga tidak perlu merendam gamis katun terlalu lama bila tidak ada noda yang menempel pada gamis tersebut.

4. Mengeringkan Gamis Katun dengan Cara yang Benar 
Ketika gamis katun sudah selesai dicuci, kita bisa segera mengeringkannya dengan cara diangin- anginkan di tempat teduh. Jangan meletakkan gamis katun di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Karena paparan sinar matahari berlebihan dapat merusak serat kain katun dan membuat warnanya memudar. Hembusan angin sudah cukup untuk mengeringkan gamis katun.
Sebab bahan katun tidak bertekstur tebal dan mudah kering bila dijemur selama beberapa jam saat cuaca panas.
5.Teknik Menyimpan Gamis Katun
Foto: Google


Alangkah lebih baik bila kita memiliki lemari pakaian yang memadai untuk menggantung gamis katun. Sehingga tekstur gamis katun tidak kusut ketika disimpan dalam waktu lama. Gunakan temperatur sedang ketika menyetrika gamis katun lalu gantung supaya tidak ada bagian yang terlipat. Gamis katun kesayangan pun akan selalu tampak rapi dan siap kita gunakan untuk berbagai kesempatan.
Jika sudah bosan dengan gamis katun yang lama, kita bisa mengakses website MatahariMalluntuk mencari varian gamis katun terbaru. Toko online terpercaya ini memiliki koleksi gamis katun kekinian yang bisa kita pilih sesuai selera. Harganya pun terjangkau dan tak akan membuat kita boros. Yuk belanja online di MatahariMall dan rasakan beragam manfaatnya mulai hari ini!

Semoga Bermanfaat

Alia 

No comments