Saturday, June 10, 2017

Rasanya Jadi Wartawan Gosip (12), Julia Perez is a Wonderful Person


Dunia hiburan sedang berduka dengan meninggalnya Julia Perez. Meski tanda-tanda kepergian itu sudah terlihat sejak empat bulan dirawat di RSCM, tapi sepertinya para sahabat dan fans, nggak rela ketika akhirnya Jupe harus pergi dan pulang ke hadapanNYA.

Selama empat bulan dirawat, masih banyak harapan untuk kesembuhan Jupe. Kondisi Jupe memang sangat berlawanan ketika sebelum sakit. Senyumnya sudah tidak seceria dulu, wajahnya semakin tirus, tubuhnya tidak se-seksi sebelumnya, tapi tawa dan senyumnya itu seperti memberikan harapan kalau Jupe bisa sembuh.

Gue hanya ingin berbagi cerita, bagaimana Jupe memperlakukan wartawan itu. Dia sebagai seorang narasumber terbilang menyenangkan, nggak rese, nggak ribet dan selalu mau diwawancara ketika bertemu. Meski nggak kenal atau baru bertemu, Jupe pasti akan ramah menyapa wartawan. Dia sadar, tanpa wartawan dia nggak akan terkenal seperti sekarang. 

Jupe itu orang yang baik, untuk ukuran artis dia itu baik banget menurut gue. Nah, karena baiknya itu, Allah sayang sama Jupe dengan menghapus dosa-dosanya lewat penyakit. Gue pernah mendengar ustad ngomong, ketika seorang anak manusia itu sakit, Allah sedang menghapus dosa-dosanya. Insya Allah Jupe khusnul khotimah, amin.


Jupe ini artis serba bisa dan supel banget.

Gue takjub ketika siang menjelang sore ini buka Instagram, seluruh timeline itu isinya foto Jupe. Nyaris semua artis Indonesia memposting foto Jupe dan mengucapkan doa serta kalimat berduka untuk kepergiannya.

Gue sendiri melihanya terharu dan salut, juga sedih tentunya. Itu pertanda di masa hidupnya, dia orang yang baik, dan banyak yang mencintainya.

Jupe itu berhasil masuk ke kalangan artis manapun. Dari artis kelas A (ukurannya yang sosialita ngejob jadi artis) sampai kelas C (yang maksa banget mau disebut artis), semua mengucapkan belasungkawa.

Sudah rahasia umum, kalau dunia artis itu punya blok-blok, atau gank atau kelompok tertentu. Nah, Jupe masuk ke semua blok dan gank itu. Dia berhasil masuk ke kalangan sineas film, bahkan aktingnya di film Gending Sriwijaya dipuji lantaran Jupe berhasil membawa pulang piala Festival Film Bandung. Film ini juga diputar di pembukaan Indonesian Movie Week di Kroasia pekan lalu, kabarnya akting Jupe mendapatkan pujian. Selain itu, Jupe juga berhasil menjadi sutradara film bareng Ria Irawa dan Aming juga Afgan. (entah kenapa filmnya nggak muncul di bioskop, apa udah pernah dan guenya yang kudet?)

Jupe berhasil masuk ke ranah musisi, bukan cuma pedangdut, tapi musisi pop, rock, jazz, semua ditaklukan Jupe.

Jupe juga masuk ke ranah fashion, coba hitung, udah berapa kali dia lenggak lenggok di runway? Buanyak.

Semua mengenal Jupe dengan sangat baik, dia juga berhasil menjadi MC, penyanyi, bintang film, komedian, foto model.

Lalu, sejak kapan gue mengenal Jupe?

Jupe mah gak kenal gue, saiah mah sapah atuh dikenal sama artis sekaliber Jupe. Yang ada gue yang kenal Jupe (yaiyalaahhh).

Gue bertemu Jupe di awal-awal karirnya, karena gue wartawan jadul dan makin ke sini lebih sering di dalam, jarang liputan ke lapangan (cuma bagian tukang ngedit berita dan uplot ke online) jadi pertemuan gue sama Jupe udah lama banget.

Sedikit sih pertemuan dengan dia, nggak banyak. Dulu waktu dia baru jadi artis, masih bawa suaminya yang cute, Demian Perez. Kalau nggak salah liputan waria yang bakal bikin kayak putri Indonesia. Jupe support dengan hadir bersama suami bulenya itu.

Terus ketemu Jupe lagi, di rumah Inul Daratista, kalau nggak salah Inul rayain ulang tahun anaknya, Jupe muncul sama Gaston Castano. Terus ketemu di acara ANTV sama Gaston lagi, terus ketemu di ultah ANTV, dia pake baju semi penganten yang pendek dan seksi lengkap dengan wig pendek, terus ketemu di syuting film dia sama Dewi Perssik, terus ketemu lagi dia jumpa pers soal kasus sama Depe, terus...kayaknya segitu doang.

Selebihnya, gue wawancara dia by phone.

Nah, ini yang gue suka dari Jupe. Meski sudah terkenal dan punya manajer, Jupe nggak pernah menolak wawancara wartawan by phone. Dia selalu kasih nomor HP pribadinya, direct, nggak harus lewat manajer-manajeran kayak artis kondang lainnya. Dan dia selalu luangin waktunya untuk menjawab pertanyaan apapun, nggak pake jeda.

Biasanyakan artis kalau wawancara by phone, terus ketemu pertanyaan yang sensi, modusnya dia sok sibuk tuh, suruh telpon lagi beberapa menit, pas ditelpon ternyata itu telpon nggak diangkat, atau mati atau dicuekin. But, not for Jupe!!

Dia itu narsum yang adorable banget untuk wartawan. Serius!

Meski misalnya ditelpon nggak diangkat, terus gue sms mau wawancara, dia bales tuh suruh telpon beberapa menit lagi, dan beneran diangkat. Bahkan, wawancara lewat SMS pun dilayanin sama dia. Haregene mana mau artis yang wawancara lewat SMS, selain capek sama jempol, juga ngabisin pulsa.

Jadi, kalau gue kebingungan berita, gue tinggal telpon Jupe dan bertanya isu apapun hingga gue dapet beberapa angle berita. Kecekan?

Oiya, gue pernah waktu itu butuh artis. Jadi selain wartawan kan gue punya side job kontak artis untuk dikasih job (tsahhh, sok lu! Woy, wartawan kalau nggak ada side job, hidup memble bos!), Lolss.

Gue waktu itu punya klien yang mau menggelar jumpa pers sedikit soal politik, biar acara agak luwes, mau didatengin artis di acara itu. Pikiran gue langsung ke Jupe, karena diakan pinter, selalu punya jawaban apapun even politik. Jupe selalu punya jawaban, meski pertanyaanya sensi atau berat.

Gue sms doi, gini:

Gue: Pe, mau ngundang nih acara jumpe pers, ada infotainment segala (infotainment itu bisa dibilang sebagai pemanis ke artis supaya mau dateng, siapa si yang nggak mau nongol di tipi).

Jupe: Acara apaan.

Gue: *&^%#%# (jelasin ke Jupe panjang kali lebar soal acaranya), fee lo berapa Pe.

Jupe: (gak pake basa-basi) 25 juta

Gue: What?? Lo cuma ngomong nggak ampe setengah jam Pe, mehong banget

Jupe: Emang segitu, gue sekarang di manajemen ini, jadi standar segitu (Jupe waktu itu manajemennya di seorang musisi kece badaylah, tapi cuma sebentar di sana).

Gue: &*^%#$^^ (merayu-rayu supaya turun harganya)

Jupe: Sori, nggak bisa.

Ternyata, Jupe profesional dan manut sama manajemen meski udah gue paranin infotainment. Lolss..

Begitulah Jupe, to the point, apa adanya, nggak jaim, artis humble dan baik hati.

Pasti ini yang terbaik, dia nggak merasakan sakit lagi (gue pernah baca, saking sakitnya, Jupe dikasih morphin supaya nggak merasakannya, kebayangkan kesiksanya dia), nggak suntik-suntik lagi, Insya Allah khusnul Khotimat. Selamat Jalan Jupe, RIP Yulia Rahmawati. Al Fatihah.

AAL

25 comments:

  1. Banyak sekali komen positif tentang almarhumah. Semoga khusnul khatimah. Aamiin

    Sekaligus sebagai pengingat bagi kita juga ya, Mbak. Bahwa sejatinya kita hanya menunggu giliran kematian. Semoga bisa memberikan kesan positif & banyak manfaat bagi orang lain sebagai amal jariyah kelak. Aamiin

    ReplyDelete
  2. Dia juga smart,,bisa beberapa bahasa asing,,,semoga khusnul khotimah dan mungkin ini yang terbaik biar dia tidak merasakan sakit lagi.

    ReplyDelete
  3. Nggak nyangka banget jika Jupe sudah meninggal, Semoga amal ibadahnya diterima ya

    ReplyDelete
  4. Sediih banget tau jupe meninggal. Pdhl sbnrnya aku ga fans kr dia. Hanya mendengar kalo jupe baik, smart juga, lucu, dan blak-blak an. Tipe orang yg aku suka.. Dan sepertinya juga setia kan. Jrg bgt, malah kayaknya ga prnh dgr berita jupe selingkuh, ato pacaran ama yg lain selain si gaston itu. :(

    ReplyDelete
  5. Beberapa hari sebelum meninggalnya aku kepoin ignya siapa tau ada apdetan. Lha kok akhirnya beritanya pergi :(

    ReplyDelete
  6. Aku bukan fans tp ikut sedih ketika dia sakit. Semoga sakitnya kemarin bisa mencuci semua dosanya. Aamiin.

    Aku setuju kalau dia itu smart.

    ReplyDelete
  7. Ah, pantes aja sering liat Jupe di infotainment, ternyata dia ramah dan bisa banget dimintain sudut pandang ya. Selama ini stigma orang selalu Jupe ini cari sensasi (padahal ga paham juga mananya), padahal melihat banyak sahabat yang datang di pemakamannya udah jadi bukti interaksi dia ke orang-orang sekitarnya baik. Aku juga taunya dia smart dan sangat setia kawan :)

    ReplyDelete
  8. Semoga sakitnya kemarin menghapuskan segala dosa-dosanya ya mbak, sedih waktu denger Jupe sakit.

    ReplyDelete
  9. Aku sih suka baca kisahnya, apapun peristiwanya dia emang slalu jawab pertanyaan wartawan ya mba. Eh segitunya aku ngikutin berita jupe.

    Btw, insya Allah husnul khotimah, udh diangkat semua sakitnya. Al Fatehah utk Julia.

    ReplyDelete
  10. Dari awal kurang suka sama Jupe karena image lagu2 nya dia, tapi 3 thn belakangan ini aku jadi suka dan ngefans sama Jupe. Semoga yang terbaik buatnya, God bless.

    ReplyDelete
  11. Al Fatihah buat Jupe, senang juga mbak banyak yang merasakan kebaikannya TFS

    ReplyDelete
  12. Selalu suka sama post "seleb" nya mbak Alia dan udah sering mampir juga cuma jarang komen wkwkwkwkwk.

    ReplyDelete