Sunday, January 29, 2017

#EkspresikanDirimu di Blog Bersama #AsusIntel

Saya nge-blog udah lama banget. Sejak zamannya ada Friendster, ketauan banget kan umur saya yang jadul. Setelah Friendster, saya mencoba semua platform blog, mulai dari blogspot, wordpress, sampai kompasiana. Tapi semua itu kebanyakan isi curhatan saya sebagai pengganti diary. Sejak SD saya memang suka banget nulis diary. Berasa punya teman setia gitu.

Tapi sekarang, ngeblog bukan hanya sekedar curhatan. Saya baru menyadari kalau blog itu ternyata banyak memberikan manfaat untuk orang banyak. Apa yang kita tulis di blog, kebanyakan jadi refrensi orang lain jika ingin membeli  sebuah barang, atau si pembaca merasa mempunyai teman karena mengetahui ada orang lain yang mengalami pengalaman yang sama. Sekarang ini blogger sudah dipandang sebagai profesi yang profesional. Lantaran itulah,  saya baru menyadari jika memerlukan notebook yang bisa menemani saya menulis selama berjam-jam. Menggunakan notebook dengan procesor Intel Core i3/Intel Core i5/Intel Core i7 Processor sangat mendukung karena cenderung lebih hemat penggunaan baterai. Selain itu merupakan processor yang sangat cepat, hemat energi, dan cocok dipakai oleh siapapun yang membutuhkan performa notebook  yang tinggi.

Notebook AsusPro B8230 
Notebook ini merupakan pilihan yang pas untuk menemani saya kerja dan beraktifitas. Sejak dua tahun belakangan saya memutuskan untuk menjadi freelancer. Selain kontributor journalist di kantor saya sebelumnya- PT Tempo Inti Media- saya juga nge-blog, kadang menjadi narasumber untuk pelatihan blogger dan kini sedang merintis usaha menjadi Media Officer bersama teman.


Kebayang, aktifitas sebanyak itu tentunya membutuhkan notebook yang support semua kegiatan saya. Baik dalam hal baterai, juga bobot yang ringan saat dibawa untuk meeting atau bekerja di luar rumah. Pas banget untuk pekerja seperti saya yang mobile. Notebook AsusPro B8230 memiliki fitur lengkap, jadi apa yang saya butuhkan semua ada di dalam laptop itu untuk mendukung kinerja saya.

Laptop  ASUS ini  juga memiliki fitur bernama ASUS Business Manager yang memungkinkan pengguna untuk melakukan berbagai macam setting seperti, memperbarui BIOS, melakukan backup dan recovery file, menghidupkan fitur HDD protection dan lainnya.

Pembaca sidik jari


Untuk keamanan, notebook ini memiliki keamanan dengan menggunakan teknologi biometrik sidik jari, fungsinya untuk mengkonfirmasi pengguna akses ke notebook. Untuk loginpun waktu yang digunakan juga singkat, hanya melewati kunci password yang manual.

Pembaca smart card

Ini fitur keamanan lain yang menjamin indentifikasi pengguna yang tepat secara otentik. Selain itu berguna untuk penyimpanan data serta mampu mengolah aplikasi sehingga si pengguna bisa melakukannya untuk login atau transaksi online.

Yang bikin saya happy dan bikin tenang jika menggunakan laptop ASUS ini adalah pemeliharaanya yang mudah. Saya ini terbilang gaptek, jadi hanya menggunakan obeng saja jika ingin mengecek RAM, baterai atau LTE simcard.

Lalu apa konten blog saya?

Saya perhatikan, nyaris semua blogger memiliki konten yang mirip. Kebanyakan yang mereka tulis dari event yang mereka datangi. Saya seperti membuka katalog ketika melakukan BW (blog walking). Sebenarnya sah-sah saja. Cuma saya merasa blogger sudah tidak sesuai dengan 'fitrah'-nya. Memang sudah benar berbagi pengalaman menulis di blog. Tapi tidak melulu pengalaman produk hasil dari event, alangkah enaknya dilihat jika blog digabung dengan pengalaman bercerita yang dia alami. Blog yang tadinya sebuah diary digital menjadi katalog digital.

Agar terlihat berbeda, saya mengisi blog saya dengan berbagi pengalaman saya selama menjadi wartawan.  Tak banyak yang tahu bagaimana kerja wartawan itu yang sebenarnya. Masyarakat hanya menilai, kerja wartawan enak, bertemu orang penting, bertemu presiden, menteri, pengusaha dan artis dengan gampang.

Tapi masyarakat nggak tahu, bagaimana prosesnya seorang wartawan untuk mendapatkan berita dan wawancara narasumber yang ditargetkan. Susah dan kadang bikin putus asa.

Kebetulan, saya ditempatkan di desk entertainment cukup lama. Desk entertainment itu cakupan liputannya beragam, mulai dari sinetron, film, musik, teater, seni, gaya hidup, fashion, kecantikan hingga gosip artis.

Nah, karena masyarakat Indonesia memiliki tingkat kepo yang tinggi, jadi saya mempunyai tulisan berseri dengan judul 'Rasanya Jadi Wartawan Gosip'. Isinya tentu nggak melulu soal gosip, tapi lebih kepada berbagi pengalaman, seperti bagaimana kita menentukan berita itu layak atau tidak untuk ditulis. Bagaimana rasanya ketika narasumber jutek. Atau trik apa yang dilakukan agar narasumber buka mulut ketika wartawan bertanya.

Jika saya memposting tulisan tema itu, wuiihhh viewers langsung banyak banget mampir ke blog saya dengan beragam komentar yang lucu. Kebanyakan mereka penasaran inisial yang saya berikan jika saya bercerita tentang seorang artis.

Agar blog saya makin kece secara konten dan tampilan, ini yang saya lakukan:

1. Browsing/wawancara
Menjadi wartawan itu ketika menulis berita kita harus cover both side. Artinya, jika kita menerima sebuah isu tidak bisa hanya dari satu sumber, tapi juga dari sumber lain untuk mendukung tulisan itu. Jika tulisan dari event, saya akan wawancara narasumber terkait. Atau bisa juga dengan browsing, tulisan kita jadi berisi, tidak sekedar hoax.

2. 5W1H
Di dalam sebuah tulisan, sepertinya semua orang tahu apa itu 5W1H (Why, who, what, where, when dan how). Jika sebuah tulisan sudah mencakup semuanya, maka tulisan itu sudah berguna bagi orang yang membaca karena informasi yang didapat terpenuhi.

3. Domain berbayar
Baru hitungan bulan saya menggunakan domain berbayar, nggak heran jika DA (domain authority) dan PA (page authority) saya gak pernah memenuhi syarat jika ada brand yang ingin job review (*nangiskejer). Setelah memakai domain berbayar, pembaca jadi lebih ngeh dan cepat kenal dengan blog saya dibanding jika memakai embel-embel blogspot atau wordpress.

4. Menjawab pertanyaan

Jika saya posting tulisan di blog, dan ada yang berkomentar pasti saya balas. Saya mencoba akrab dengan mereka dan memposisikan diri sebagai mereka. Jadi, jawaban bisa cair dan akrab meski tidak pernah bertemu dengan pengunjung blog saya. Jika saya amati, setiap posting tulisan pengunjung yang mampir ke blog saya nyaris orang yang sama. Meski ada beberapa pengunjung baru dan akhirnya keterusan berkunjung,  Kita harus menghargai mereka dengan cara menjawab komentar pengunjung blog, itu sangat  mempengaruhi rank dan viewers.

5. Judul yang bikin kepo

Mungkin karena saya bekerja di media online (Tempo.co), saya jadi paham bagaimana membuat judul untuk tulisan di internet. Singkat, padat dan mengena juga bikin orang penasaran. Terlebih jika tulisan saya menyangkut publik figure, saya akan taruh nama mereka di judul, seperti Krisdayanti, Aming, Arzeti Bilbina, Reza Artamevia, dan lainnya.

6. Bahasa
Bagi saya, agar orang betah berlama-lama di blog kita itu dari bahasa yang kita tulis. Bahasa nggak baku, bahasanya santai, lugas dan cair. Sejak kecil saya menyukai menulis diary, jadi ketika menulis di blog, saya menganggap sedang curhat ke teman. Jadi bahasa yang saya gunakan seperti bahasa ngobrol dengan teman saja.

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog Asus yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Asus Indonesia.

Alia Fathiyah

41 comments:

  1. Asus flip covernya keren keren. Salam kenal ya mb. Baru pertama kali kesini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haii salam kenal juga, maacih udah mampir yaa, jangan bosannn

      Delete
  2. Waah, keren backgroundnya Alia ini, pastinya dengan mudah mendapat ide untuk postingan di blog, ya? Salut, dan biasanya Wartawan hebat dalam segi bahasa tulis lho. Pengen juga sih ikutan ASUS ini, hehe...tapi mau nulis apa, ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe bunda Yati makasih udah mampir dan komen ya, tema tentang kegiatan sehari-hari ajaa, gudlak bun

      Delete
  3. Iya mbak
    Leptop yang canggih itu memang sangat membantu kinerja kita ya kan apalagi didukung koneksi internet yang cepat. Deadline mepet pun bjsa terkejar.
    Ini Asus memang bagus,adik saya memakai leptop asus untuk pengerjaan desain sebagai mahasswa teknik sipil karena vga nya sudah bagus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa, dibanding laptop lain, Asus memang paling bagus terutama di motherboadnya, makasih udah mampir mbak

      Delete
  4. Mantap banget tipsnya mbak! Saya masih penasaran dengan sisi kehidupannya wartawan, karena pasti diburu deadline, berita, moment dan sebagainya. Penuh tantangan hidupnya, tapi sisi positifnya wartawan itu lebih terlihat elegant, dan smart, maka dari itu aku pengen banget jadi seorang wartawan.
    Semoga menang lomba blognya mbak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin, moga2 doanya diijabah supaya saya bisa punya laptop yang canggih Hehehe sering2 mampir ke blog saya yaa

      Delete
  5. Hi mbak! Salam kenal..eh, aku udah pernah mampir blm yaa...lupa☺
    Sukses lombanya ya mbak..
    Aku juga masih bljr nih..

    ReplyDelete
  6. wah. kok pada nulis tentang asus ya. aku ketinggalan banyak berita dan sponsor nih. ahhaa.
    btw salam kenal. jadi pengen beli laptop baru nih.

    jangan lupa main blogku y

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hhaha ayooo ikutan lombanya, terakhir masih bisa besok kokk, aku kunjung balik yaaa

      Delete
    2. Coba deh, aku juga tadinya gak pede ikut lomba, eh menang di usia cantik sama Loreal, jadi ketagihan. Blognya kece mbak

      Delete
  7. Blog sy masih gado gado banget kontennya...mau sih fokus ke satu aja .Tp ya udahlah..rawat yg ini aja dulu...yg penting udah bisa menghasilkan rupiah hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaa kereeenn, udah dapet duitt..Fokusin aja kontennya, aku jugga gado2 euyy

      Delete
  8. Bicara wartawan temen LPM kampus dulu banyak yang jadi wartawan mbak..sukses lombanya ya

    ReplyDelete
  9. Waaa fitur pembaca smart card nya itu canggih banget ya �� *makin mupeng*

    ReplyDelete
  10. spesifikasinya memukau sekali. dilengkapi dengan berbagai teknologi terbaik

    ReplyDelete
  11. Saya juga pakai ASUS dengan prosesor generasi ke 6, mengetik, membuat infografis, mengedit video, buka tutup aplikasi, browsing dan lain sebagainya menjadi lebih mulus, keren banget dah pokonya notebook ASUS. Btw kunjungan baliknya ya, terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kereennn skill nya banyak banget mass, makasih udah mampir, aku kunjung balik yaa

      Delete
  12. Tips2 nya bagus banget mba Alia. Dari dulu aq pengen punya notebook biar ngeblog nya makin rajin tapi belum kesampaian hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe maacih Stef, ayo ikutan lomba spy dapet notebook, hihihi

      Delete
  13. Hallo...hallo...salam kenal. Wah...saya lom bisa bikin judul yg keren. Judul artikel saya biasa2 aja. Sukses yaa lombanya. Mampir yaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. heeii..heiii, judul sebenarnya bisa langsung muncul setelah kita baca semua tulisannya, tiba2..ooo judul ini keren..gitu, maacihh, aku bw ya

      Delete
  14. Halo salam kenal mba Alia.

    Saya juga sedang mengikuti lomba Blog Asus ini. Dan ini pertama kalinya bagi saya mengikuti Blog competition.

    Membuka wawasan baru, karena saya berkesempatan melihat banyak Blogger membahas hal yang sama dengan sudut pandang yang berbeda.

    Jadi banyak tempat belajar baru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haii salam kenal juga mas, iya benar, tiap blogger pasti punya pengalaman berbeda, jadi meski tema sama tapi tulisan berbeda, makasih udh mampir

      Delete
  15. wah, tahu banget kalau kerja wartawan itu berat. karena kakakku dan suaminya dulu juga wartawan.
    terimakasih sudah berbagi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, pasti paham nih kalau di keluarganya ada yang wartawan, dunia tanpa koma hehehe

      Delete
  16. asek... asek
    mampir ke blognya mbak membuat ane tercerahkan. Ane akan berusaha menjadi blogger yang berjalan pada 'fitrah'-nya mbak. mulai saat ini akan coba untuk perbanyak konten yang menarik dari pengalaman Ane.
    Semoga.. Laptop kece ASUSPRO juga bisa terwujud. amin amin amin.
    Salam HOki ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aminn, hahahaha maakasih mas, salam HOKI juga

      Delete
  17. Nambah ilmu banget mba, ASUSPRO memang kece...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ASUS kece dari lahir...Hahaha makasih ya

      Delete
  18. Salam kenal Mbak...baru pertama kali mampir kesini sudah disuguhi tulisan yang informatif tentang wartawan....keren Mbak....dan salah satu pendukung tulisan adalah notebook...ASUSPRO emang kece ya Mbak...performanya lengkap...gutlak ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ASUS kece dan keren banget, mupeng nih menang lomba nya hihii makasih udah mampir sering2 ya

      Delete
  19. Asus emang keren ya Mba? produk-produknya sesuai kebutuhan kita

    ReplyDelete
  20. Notebook ini luar biasa ya, speknya oke :D

    ReplyDelete
  21. Ngeblog dari jaman friendster? wuihhh keren! Saya belum berminat ngeblog waktu di fs dulu, lebih fokus ngecek fitur "who's viewed me". Eaaaa~

    ReplyDelete