Friday, October 21, 2016

Ada Apa Aja di Pekan Raya Indonesia 2016


Lantaran dekat dengan rumah, kantor menugaskan saya untuk liputan pembukaan Pekan Raya Indonesia di ICE, BSD. Kalau mau ke sini, patokannya sebelah hotel Santika, ada pintu masuk dengan foyer besar. Yang sudah pernah ke ICE pasti tahu bagaimana kondisinya.

Masuk ke dalam ruangan tempat press conference sudah berjejer kursi yang berhadapan dengan panggung. Panggungnya centil, didominasi warna merah dan pink. Sambil menunggu Kepala Barekraf (Badan Ekonomi Kreatif) Triawan Munaf muncul untuk membuka acara itu, wartawan dan undangan disuguhi penampilan Teddy Aditya dengan suaranya yang kece. Teddy yang katanya berteman dengan Kunto Aji itu cuma nyanyi, di sampingnya ada temennya main gitar akustik. Kebanyakan dia melantunkan lagu-lagu yang kedengaran gue sih semi jazz. Kece.

Teddy Aditya

Tak lama sekitar pukul 15.00 lewat dikit (padahal undangan si jam 14.30 WIB, itumah sangat biasa sebuah acara molor, sudah sebuah keharusan), Triawan Munaf datang dengan ajudannya yang bejibun. Menurut gue, Pak Triawan ini nggak seperti pejabat lainnya. Mungkin karena dasarnya dia seniman musik ya, jadi kayaknya kurang nyaman aja gitu dikasih fasilitas ajudan dan menjadi orang penting paling utama di sebuah acara dan diplototin orang satu ruangan yang sudah menunggunya. Ini menurut pengamatan gue yaaaa. Piss pak.

Di acara ini, Pak Triawan sempat curhat. Dia merasa terbebani dikasih tugas sama presiden untuk membantu mendorong menaikkan perekonomian Indonesia lewat ekonomi kreatif. Pasalnya, pemasukan ekonomi kreatif pada beberapa tahun belakangan menurun. (Coba Pak Triawan ketemu saya, kita miting pak soal ide-ide dengan wartawan entertainment lainnya, pasti event yang kita buat bakal kece banget (Lolssss).

Triawan Munaf mukul bedugdug

Setelah itu Pak Triawan mukul bedug di atas panggung, PRI resmi dibuka. Lalu beliau mengunjungi beberapa stand yang ada. Acara ini diklaim sebagai pesta rakyat terbesar. Gue juga sempet ikutan menengok ke dalam dan melihat beberapa stand yang ada. Nggak jauh berbeda dengan acara-acara serupa yang selama ini digelar.

Selain bakal banyak artis yang manggung, di PRI di sediakan enam panggung untuk band dan artis tampil.
Gue lihat sih acaranya nggak berbeda jauh dengan Pekan Raya Jakarta (PRJ) yang tiap tahun digelar di kemayoran. Perbedaanya, hanya tenant dan keseluruhan acara berlangsung indoor.

gue males nulis atu2, mending dipoto deh. Cuzz dibaca

Sedangkan untuk kuliner disediakan makanan khas Indonesia yang sudah berdiri sejak jaman baheula. Ini intipannya.
Dibaca yakkss kuliner jadoel

Gue sempet nguping obrolan beberapa emak soal Pekan Raya Indonesia.

"Sama aja kayak PRJ Kemayoran, yang ngebedain ini di dalam ruangan. Dan deket dari sini, dibanding kita harus ke PRJ," kata seorang emak yang ternyata tinggal di kawasan Serpong.

Mak satunya lagi malah heboh mau nge-dangdut. "Katanya ada Ayu Ting Ting, itu kapan?"
Pingin rasanya gue nyeplos kasih jawaban, "Hari Minggu!"

Pasti emak ini sering nonton infotainment yang ngebahas isu Ayu Ting Ting selingkuh sama Raffi Ahmad. Jadi penasaran mau lihat penampakkan Ayu Ting Ting. Iya kan, Ayo ngaku mak.

Mak satunya malah nunjuk anaknya yang ABG. "Kalau si kakak maunya selfie di sana." jjjaahhh


Acara ini berlangsung mulai Kamis, 20 Oktober 2016 hingga 6 November 2016. Untuk bisa masuk ke arena PRI, pengunjung bisa membeli tiket seharga Rp 25.000 periode hari Senin-Jumat dan Rp 35.000 untuk Sabtu dan Minggu.

Pembelian tiket bisa dilakukan di Indomaret, Alfamart, dan Kiostix. Sementara untuk jam operasionalnya, Senin-Jumat dibuka pukul 15.00-22.00 WIB, sedangkan khusus hari Sabtu dan Minggu dibuka pukul 10.00-23.00 WIB.

Selain hiburan entertainment, PRI juga ada gerai otomotif, busana, furniture, gadget yang katanya ada harga khusus alias diskon. Kalau ini ada di hall 3.


Untuk hall 9 dijadikan surga untuk anak-anak. (Nah, gue bakal bawa baby F ke sini nih, azzeekk). Di sini ada beragam pameran produk permainan anak, wahana dunia salju, conjuring house, horse riding, gokart, paint ball, feeding pet, istana balon dan masih banyak lagi.

Sedangkan untuk kuliner ada di hall 1 dan 10.

Asik kan? Yukkk ketemu gue di sana yaaaaa


AAL

10 comments:

  1. wah acaranya meriah sekali... kesana ah..


    Regards
    Budy | Travelling Addict
    www.travellingaddict.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo-ayo ke sana, makasih uda mampir, salam kenal

      Delete
  2. wah selalu gak bsia ke sana, sedih sekali

    ReplyDelete
  3. wah seru ya, dekat rumahku pula. thanks infonya ya mba Alia.

    ReplyDelete
  4. Seru ya sayang jauhh

    Btw ikut giveawayku yuk mbak

    ReplyDelete
  5. Sabtu minggu ini padahal ada acara ke bsd, tapi belum sempat mampir ke ICE.

    Semoga minggu depan masih kebagiaan kemeriahan acaranya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih sampai tgl 6 november mas, masih laamaaa hehehe

      Delete