Wednesday, August 31, 2016

Reza Artamevia, Gayanya di "Pertama" Karir


Saya nggak kaget ketika mendengar kalau hasil tes urine Reza Artamevia positif narkoba. Yang saya sayangkan, kenapa dia ikutan ditangkap di Lombok bersama Aa Gatot Brajamusti.

Kenapa???

Memang sih, beberapa tahun belakangan (udah lama banget sejak dia cerai dengan alm Ajie Massaid), Reza selalu diberitakan menjadi salah satu pengikut Aa Gatot yang dibilang adalah guru spiritualnya.

Di manapun ada Reza, pasti ada Aa Gatot, begitu juga sebaliknya.

Isu miring soal Reza kena narkoba karena dekat dengan Aa Gatot sudah lama terdengar, ditunjang dengan bentuk tubuh Reza yang semakin kurus dan wajahnya sangat tirus. Belum lagi ada media yang pernah menulis kalau keluarga Reza pernah memaksa penyanyi itu keluar dari rumah Aa Gatot karena masalah narkoba itu. Tapi, isu itu tidak direspon oleh media lain jadi tidak booming, entah kenapa.

Saya pribadi suka banget sama suaranya Reza, lagu-lagunya yang di album "Pertama" dan lagu lainnya itu nggak bikin bosen dan liriknya ringan. Suara Reza yang serak itu dulu sempat dijadikan lelucon. Misalnya, ada seorang teman yang tiba-tiba suaranya serak karena flu, lalu dia nyahut "Abis konser sama Reza." Atau "Suara lo seksi serak kayak Reza." Dulu nge-hits tuh.

Reza yang pernah menjadi penyanyi latar band Dewa 19 itu, semakin dikenal sejak meluncurkan album pertama. Album selanjutnya yang diisi lagu-lagu barunya ternyata juga banyak disukai. Penampilan Reza yang cenderung tomboy tapi seksi itu ditunjang dengan suaranya yang serak unik banyaklah yang suka sama Reza.


Media dan infotainment selalu mewawancarai penyanyi asal Bandung itu, wajahnya sering muncul di TV. Video klip lagu Pertama, di mana Reza selalu nempel di tembok sambil menggoyangkan tubuhnya dengan nuansa hitam putih. Itu juga jadi pembicaraan.

Saya bertemu dia di studio RCTI, saat itu dia siap-siap akan tampil menyanyikan lagunya itu. Mengenakan dress panjang setali, rambut ikalnya tergerai, Reza ramah. Ketika saya memintanya foto dia seperti mengerti langsung nempel di tembok, Lolsss... (kalau ubek-ubek lemari mungkin fotonya masih ada).

"Kayak gini ya," kata dia sambil membelakangi, hanya pundak dan wajahnya menoleh sambil tersenyum.

Suaranya memang serak ketika bicara, nggak jauh berbeda ketika sedang bernyanyi. Tapi tipikalnya yang terbuka, Reza jadi nara sumber yang menyenangkan untuk diwawancara. Saya ingat, waktu itu Reza masuk ke dalam jajaran artis terseksi. Kulitnya yang putih mulus, juga wajahnya yang cantik, Reza saat itu paling dicari oleh wartawan hiburan.

Saking nge-hitsnya gaya nempel di tembok, kalau bertemu almarhum pelawak Taufik Savalas, dia selalu mengikuti gaya Reza. Nggak mungkin nggak ada yang tertawa melihat gaya pelawak yang baik hati itu. Alm Taufik Savalas memang jagonya mengikuti jogetnya artis, goyang ngebor Inul Daratista juga sukses diikuti.

Tak lama pada 1999 Reza menikah dengan aktor Ajie Massaid yang saat itu menjadi salah satu aktor ganteng, keren dan nge-gemesin. Sepertinya melihat pasangan Reza dan  Ajie, cocok banget, serasi banget.

Setelah mereka menikah dan memiliki anak, saya kembali bertemu Reza. Kalau nggak salah di peluncuran album terbarunya. Reza datang mengenakan dress ketat selutut, rambutnya digerai dan mengenakan kaca mata hitam. Wartawan langsung mengerubunginya, dia menerima wartawan dengan ramah. Di belakangnya tak lama Ajie ikutan datang dan suster yang menggendong anak pertamanya itu, Zahwa yang masih bayi.


Reza menceritakan proses kreatif lagunya itu. Coba deh tengok video klip lagu-lagu Reza yang lama, dia  seksi, wajahnya segar dan saat itu saya sudah yakin dia bakal calon diva. Tapi sayang, sejak cerai dari Ajie, hidupnya banyak drama.

Reza mulai jarang terdengar, penampilannya sudah berubah dan sudah jarang yang meminta dia untuk tampil di TV. Padahal dia sangat layak jadi diva pop di Indonesia, disejajarkan dengan Krisdayanti, Titi DJ, Ruth Sahanaya. Tapi memang, karir cemerlang itu harus ditunjang dengan gaya hidup dan attitude yang baik.

Teh Reza semoga masalahnya cepat selesai, ubah gaya hidup dan kejar karirnya yang tertinggal. Kursi Diva masih ada yang kosong untuk penyanyi satu ini.

AAL

19 comments:

  1. ngeliat dia kuruss banget..sempat kepikiran di pake narkoba sih....

    padahal gatot brajamusti itu dulu guru spritual ya.... elma theana dulu kesana juga..

    la...keterusan ngegosip *mak2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha ngegosip utk emak2 kek nya wajib yaaa

      Delete
  2. Hiiks. Slh satu favorite sy jg. Semoga teh reza cpt bebenah & kembali jd diva yaa. Btw, Tulisan yg super bagus bgt. Sukaaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Ferna, jangan bosen berkunjung ke blog aku yaaaa

      Delete
  3. Saya juga salah satu penggemarnya Reza. Dulu.....

    ReplyDelete
  4. Penyanyi faveku lagunya satu yg tak bisa lepas itu lagu kebangsaanku secara suaraku mirip2 Reza...hehehe...bener dia seharusnya diva...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masa ssihhhh wah kerenn donggg ada suara mirip reza

      Delete
  5. sangat disayangkan ya, suaranya bagaus, kalau saja dia agk make mungkin masih bisa disejajarkan dengan diva2 lainnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benner, pas deket sama aa gatot karirnya kayak mandek ya

      Delete
  6. Smoga Reza kembali ke jalan yang benar, dan mengejar ketinggalan karirnya. Kasihan anak-anaknya

    ReplyDelete
  7. Semoga Reza cepat bangkit dari keterpurukannya.

    Biar gmana pun Reza tetap manusia biasa ngga luput dari dosa dan cobaan juga kan ya.

    ReplyDelete
  8. Kasihan banget menghancurkan karier nya sendiri, padahal unik dan berkarakter

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener, makasih sudah berkunjung mas cumi lebay, salam kenal yaaaa

      Delete
  9. Semua lagunya saya hampir hafal dan suka banget, semoga bisa lebih berisi lagi badannya biar keliatan seger,

    ReplyDelete
  10. ah iyaa.. Almarhumah Alda pun begitu yaa.. kalau dia lurus aja, pasti sukses tuh..

    ReplyDelete
  11. teh reza slh satu penyanyi favoritku nih mba.
    sk deh baca blognya mba alia, ngalir n informatif bgt tulisannya :)

    ReplyDelete