Monday, June 20, 2016

Rasanya Jadi wartawan Gosip (3), Begini Kalau Artis Bikin Setingan

google
Kayaknya makin seru aja ya soal artis setingan (Baca di sini artis setingan apa gosip). Jadi saya ngebahas ini dulu deh, sebelum berlanjut soal masa-masa dikenal sebagai wartawan porno, Lols (Baca di sini awal mulanya).

Nama lain setingan itu menurut saya adalah gimmick.

Setelah melakukan browsing ada yang menulis gimmick adalah sebuah adegan khusus,unik, dan menarik yang tujuannya buat ngebangun emosi penonton. Buat bikin penasaran penonton dan terus berada di acara tersebut.

Nggak heran suka ada acara musik yang lucu-lucuan jijay bajay hingga penonton ikutan tertawa.
Nggak heran suka ada gosip si ini pacaran sama si anu gegara muncul di acara yang sama, lalu terbentuk cinta lokasi.

Kadang kalau penonton ngeh, gimmick yang dilakukan artis itu ngebodohin. Kayak artis cowok yang jelas-jelas kelihatan cucok melambai, digosipin pacaran dengan artis lain yang cantik, semua orang percaya, kadang saya bingung, ini pada mikir kemana sih nontonnya. Udah terbuai dengan idola mereka jadi percaya saja kalau sedang dibodohi.

Jadi gini, saya ada cerita.

Ada satu artis muda, sebut saja A. Dia itu pernah digosipin pacaran sama salah satu personil boyband. Mereka suka jalan bareng, kalau ditanya apakah pacaran mereka cuma tertawa. Nggak jelas nih, mereka pacaran apa nggak. Ngambang.

Tak lama kemudian, si A ini kedapetan jalan lagi dengan salah satu anggota band yang belum terkenal. Ada infotainment yang meliput mereka sedang jalan berdua di pantai. Ceritanya, mereka ke-gep nggak sengaja sama infotainment hingga mencuat kalau mereka sudah jadian. (Padahal infotainmentnya dipanggil untuk meliput).

Lalu si A ini diundang ke sebuah acara talkshow untuk mengakui apakah benar berpacaran dengan anak band itu. Lalu si stasiun TV dan host nya, telpon ke ibu si A, (acara live jadi penonton menyaksikan soal telpon menelpon itu).

Tak lama terdengar suara seorang wanita yang mengaku ibu si A, lalu terjadilah komunikasi. Si host memberikan beberapa pertanyaan ke ibu A soal pacaran anaknya. Dan si ibunya memberikan A kebebasan untuk memilih pacaran dengan siapapun, karena sudah dewasa.

Saya yang mengenal A dan ibunya, curiga. Karena ibu si A bukan tipe banci kamera, dan dari nada suaranya beda banget sama ibunya. Penasaran saya BBM si A. "Itu bukan mama kan di acara talkshow itu," tanya saya via BBM.

Si A tertawa. "Bukan mbak, hahahahha."

Pantes, dia biasa memanggil mama, tapi di acara TV itu dia memanggil ibu. Beda dong, kalau soal panggilan ke orang tua, kita nggak mungkin jaim, wong sama ibu sendiri, ya nggak.

Lalu saya tanya ke A soal kedekatannya dengan anak band itu. "Itu cuma gimmick mbak, soalnya aku mau luncurin singel." See? Puas?

Terus, suatu waktu A juga pernah tanya ke saya, kita ngobrol aja seperti biasa, saya memberikan konsultasi gratis ke dia bagaimana menghadapi wartawan (hahaha sok expert banget guweeehh).

"Mbak, aku udah lama nggak diliput infotainment dan wartawan nih. Aku mau buat gimmick, mau luncurin singel baru tapi duet dengan penyanyi cowok, siapa ya. Nanti di set aja kalau aku bisa cinlok sama dia," kata A.

Lalu dia bercerita, pernah salah satu politikus menghubungi dia untuk diundang ke sebuah acara politik. Politikus ini minta di set, dia ada hubungan khusus dengan A. Si A menolak mentah-mentah.

"Memang dia mau kasih aku bayaran gede, tapi untuk apa. Nanti dikira gue bispak lagi," katanya.

Saya mengiyakan dan memuji sikap dia menolak politikus itu.

Demi popularitas, uang dan kemewahan, banyak artis yang melakukan setingan. Lebih gilanya lagi, setingan mereka bawa sampai ke pernikahan demi terus diliput media. Popularitas itu sandiwara, yang ada di televisi itu adalah drama, bukan kisah nyata. Jadi masih mau percaya?

Alia Fathiyah


4 comments:

  1. hhheeehhh??? gubraks bingiiitss deeehhh baca iniiiii

    ReplyDelete
  2. Woow syereem. Berasa baca novel aku mbak aal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, aku suka bikin cerpen kadang ceritanya dari kisah artis lhooo, ada di blog satunya tp blom sempet di posting.

      visit ya: www.aliafathiyah.wordpress.com

      Makasih Ifa udah setia mampir hihihihi

      Delete